12 Manfaat kacang mete untuk kesehatan dan ibu hamil

image by pixabay.com

Kacang mete adalah kacang yang berbentuk ginjal, dikenal juga sebagai pil vitamin alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung tinggi nutrisi penting. Kacang mete sering digunakan di beberapa masakan di India seperti aneka sajian makanan penutup untuk menambah rasa dan nutrisi. Kacang mete padat akan sarat dengan energi, protein, antioksidan, vitamin dan mineral dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk membangun tubuh. Berikut informasi mengenai manfaat kacang mete untuk keehatan anda:

1. Pencegahan Kanker

Kacang mete mengandung zat yang disebut proanthocyanidin (flavonol) yang memiliki kemampuan melawan sel tumor dengan menghalangi pertumbuhan dan pemgembangannya. Proanthocyanidins adalah senyawa yang memiliki kandungan tembaga tinggi yang membantu dalam memerangi sel kanker sekaligus menghambat perkembangan beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, dan kanker usus besar.
Kandungan Antioksidan seperti selenium dan vitamin E dalam kacang mete yang juga bermanfaat menurunkan risiko penyakit kanker dengan cara membatasi oksidasi radikal bebas di tubuh Anda sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan magnesium dalam kacang mete berguna membantu menjaga tekanan darah pada tingkat normal. Kontrol tekanan darah akan membantu mencegah penyakit jantung. Kacang mete juga memiliki kandungan kalium yang juga bermanfaat untuk  mengendalikan tekanan darah tinggi.

Selain mengandung kalium yang berguna mengurangi tekanan darah tinggi, kacang mete juga mengandung asam oleat dan asam palmitoleic yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik untuk mendukung kesehatan jantung.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kacang mete memiliki banyak kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium yang diperlukan untuk pertumbuhan serta perkembangan tulang terutama pada anak-anak. Secara umum, kadar magnesium yang cukup di dalam tubuh dapat meningkatkan proses penyerapan kalsium oleh tulang. Kombinasi antara kalsium, protein dan magnesium dalam kacang mete sangat berguna membantu membuat struktur tulang lebih kuat.

4. Meningkatkan sistem saraf

Kandungan magnesium dalam kacang mete berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan saraf. Selain itu magnesium akan tersimpan di permukaan tulang Anda dan menghambat kalsium untuk memasuki sel saraf, sehingga akan meningkatkan relaksasi saraf, pembuluh darah, dan otot. Tingkat magnesium yang tidak mencukupi atau rendah di tubuh Anda akan memungkinkan kalsium masuk ke pembuluh darah yang akan berakibat mereka berkontraksi sehingga menyebabkan migrain, sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

5. Membantu mengendalikan berat badan

Kacang mete dikemas dengan protein yang tinggi dan lemak baik yang membantu mengendalikan berat badan. Karena kandungan nutrisinya yang padat, saat mengkonsumsi kacang mete akan membuat anda kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam kacang mete juga berguna mengendalikan berat badan pada tingkat ideal.

6. Menjaga kesehatan gigi

Kacang mete juga berguna untuk mencegah gigi berlubang karena mengandung tinggi magnesium di dalamnya. Magnesium dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi jika dikonsumsi secara teratur. Jadi di samping menyikat gigi dengan teratur mengkonsumsi kacang mete bisa membuat gigi anda menjadi lebih kuat.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kacang mete bagi kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Kacang mete mengandung berbagai zat penting seperti zea-xanthin yang mudah diserap oleh mata anda (retinal macula lutea)  bersamaan dengan perlindungan terhadap Sinar UV, sehingga mengkonsumsi kacang mete secara rutin bisa mencegah degenerasi makula terkait usia, dan mungkin juga berkontribusi besar dalam mencegah penyakit katarak.

8. Mencegah penyakit diabetes

Mengkonsumsi kacang mete secara teratur dapat mencegah penyakit diabetes Karena ekstrak biji kacang mete dapat mencegah penyerapan glukosa dalam tubuh. Kacang mete juga memiliki lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi kadar  trigliserida bagi penderita diabetes sehingga melindungi dari komplikasi lebih lanjut.

9. Baik untuk ibu hamil

Ada banyak manfaat yang ditawarkan kacang mete pada ibu hamil, salah satu diantaranya adalah memberikan nutrisi pada janin yang dikandung. Selain itu, kacang mete juga berguna meremajakan kulit yang pada gilirannya akan menghambat terjadinya stretch mark pada masa kehamilan. Kacang mete juga memiliki lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi resiko penyakit hipertensi, dimana pada masa kehamilan seorang wanita akan lebih berbahaya jika mengalami hipertensi. Tidak berhenti sampai disitu, karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi di dalam kacang mete, akan mencegah ibu hamil mengalami anemia pada masa kehamilan. Seorang wanita membutuhkan lebih banyak asupan zat besi dari makanan pada saat hamil dibandingkan saat kondisi tidak hamil.

10. Meningkatkan kecerdasan otak

Kandungan tembaga dalam kacang mete berperan penting dalam meningkatkan fungsi organ dalam tubuh yang berguna memproduksi hormon, aktivasi enzim, serta pemeliharaan fungsi otak. Hal ini juga dapat meningkatkan kekuatan otak dan sistem kekebalan tubuh untuk menghambat infeksi dan meningkatkan suplai darah ke otak. Selain itu kacang mete juga dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga meningkatkan daya ingat.

11. Membuat rambut lebih sehat berkilau

Kandungan tembaga dalam jambu mete bukan hanya baik untuk kesehatan otak tetapi juga rambut Anda. Tembaga merupakan mineral penting yang membantu menjaga kecerahan dan warna hitam alami pada rambut. Secara umum kandungan tembaga yang ditemukan dalam kacang mete berfungsi sebagai komponen penting untuk banyak Enzim. Tirosinase adalah salah satu enzim yang mengandung alat bantu tembaga dalam mengubah tirosin menjadi melanin (suatu pigmen yang memberi warna pada rambut dan kulit anda).

12. Meningkatkan kesehatan kulit anda

Manfaat kacang mete yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Kacang mete memiliki kandungan Niasin yang telah ditemukan dapat menghambat penyakit kulit yang disebut dermatitis atau pellagra. Sedangkan kandungan tembaga yang terdapat dalam kacang mete mampu mempertahankan peremajaan kulit, menjaganya tetap sehat dan bercahaya, dengan cara melawan radikal bebas sekaligus menghilangkan pigmen yang tidak diinginkan

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat kacang mete untuk kesehatan dan ibu hamil. Semoga dapat memberikan Anda informasi yang dibutuhkan.

Share On