15 Cara memerahkan bibir secara alami dengan cepat

Advertisement
Cara memerahkan bibir secara alami
Cara memerahkan bibir secara alami

Cara memerahkan bibir  secara alami dengan cepat memanfaatkan bahan yang mudah ditemui. Setiap wanita pastinya menginginkan bibir yang merah serta menawan. Dengan warna bibir yang merah pastinya membuat wanita lebih percaya diri serta akan tampil cantik secara maksimal. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat bibir anda menjadi merah dengan cara yang tepat pastinya. Alangkah lebih baik menggunakan bahan yang alami untuk memerahkan bibir anda, serta pastinya menyehatkan bibir. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa Cara memerahkan bibir secara alami dengan cepat dan mudah

Cara memerahkan bibir secara alami

1. Menggunakan jeruk nipis

Selain bisa untuk perawatan wajah, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk bahan alami memerahkan bibir. Caranya adalah :

  • Siapkan jeruk nipis yang sudah diperas untuk diambil sarinya 2- 3 sendok makan
  • Kemudian campur dengan sedikit air hangat
  • Oleskan pada bibir anda dengan menyeluruh
  • Diamkan kurang lebih 17 menit
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat, lakukan cara ini sehari satu kali sampai tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal

2. Menggunakan buah jeruk dan delima

Di dalam buah jeruk terdapat vitamin C yang mampu membuat bibir anda merah dan tampak lebih bersih. Sedangkan buah delima di dalamnya terkandung Anthocyanin yang dapat mengubah bibir anda menjadi cerah secara permanen. Caranya adalah :

  • Haluskan 2-4 iris jeruk dan buah delima dengan cara di blender
  • Setelah halus, masukkan ke dalam wadah dan bekukan ke dalam lemari es
  • Setelah menjadi es batu, gosoklah ke bibir anda selama kurang lebih 3-4 menit
  • Lakukan di pagi hari dengan rutin agar hasilnya dapat maksimal

3. Menggunakan madu dan gula

Madu adalah salah satu pelembab alami yang paling baik untuk kulit, tidak terkecuali bibir anda. Madu bukan hanya dapat memerahkan bibir tapi juga memberi nutrisi, melembutkan, dan menenangkan kulit. Bukan hanya itu madu juga memberi sedikit kecerahan pada bibirmu sehingga membuatnya terlihat lebih menawan.

Caranya adalah sebagai berikut.

  • Sediakan gula pasir dan madu secukupnya
  • Lalu campurkan kedua bahan
  • Ketika anda selesai mandi, gosokkan secara perlahan ke bagian permukaan bibir
  • Gosoklah selama kurang lebih 10-15 detik
  • Setelah di gosok, diamkan sampai kering
  • Gunakan lip balm di bibir agar hasil yang didapat semakin maksima

4. Menggunakan alpukat

Di dalam buah alpukat mengandung banyak sekali vitamin E dan antioksidan yang alami, baik untuk kulit. Manfaat alpukat banyak sekali, seperti menghitamkan rambut, dapat menghaluskan kulit, juga dapat memerahkan bibir. Caranya adalah :

  • Sediakan sekitar 50 gram buah alpukat yang masih segar
  • Kemudian haluskan, dan campur dengan minyak zaitun agar menjadi sedikit encer
  • Lalu oleskan ke seluruh bagian bibir secara merata
  • Diamkan sampai bibir terasa kakuSetelah itu bilaslah dengan air dingin serta bersihkan bibir sampai benar-benar bersih

5. Menggunakan minyak zaitun

Manfaat dari minyak zaitun sangat banyak, salah satunya dapat membuat bibir anda agar tampak lebih cerah. Di dalam minyak zaitun terdapat banyak nutrisi penting. Berikut cara membuatnya.

  • Terapkan minyak zaitun beberapa tetes pada bibir anda
  • Pijatlah dengan lembut bibir anda
  • Sebaiknya lakukan ini setiap hari sebelum anda beranjak untuk tidur
  • Anda juga dapat mencampurnya dengan satu setengah sendok teh gula dan beberapa tetes minyak zaitun
  • Gosoklah dengan lembut seminggu sekali
  • Cara ini akan dapat mengembalikan warna bibir anda secara alami dalam 1-2 bulan

6. Menggunakan buah strawberry

Buah strawberry dapat membuat bibir anda tetap sehat yang mengandung anti-oksidan serta mineral, dapat mencegah kerusakan kolagen dan dan menghambat pembentukan keriput. Cara memerahkan bibir secara alami menggunakan strawberry adalah :

  • Sediakan 5-6 buah strawberry dan 2 sendok teh baking soda
  • Campurkan kedua bahan untuk membuat pasta
  • Lalu oleskan pada bibir sebelum anda tidur
  • Biarkan semalaman, setelah itu bilas dengan air bersih keesokan harinya
  • Diulangi setiap malam sampai hasilnya terlihat
  • Anda dapat langsung menggunakan jus strawberry ke bibir dengan menggunakan bola kapas. Tunggu sampai kering selama 5-10 menit. Kemudian bilaslah dengan air hingga bersih

7. Menggunakan air mawar
cara memerahkan bibir dengan air mawar
cara memerahkan bibir dengan air mawar

Anda dapat memanfaatkan rendaman air mawar untuk memerahkan bibir anda. Dikarenakan bunga mawar memiliki kandungan yang bersifat menenangkan, pendingin alami serta dapat melembabkan bibir anda tentunya. Caranya adalah :

  • Oleskanlah air mawar yang telah direndam selama 15 – 20 menit pada bibir anda
  • Lalu diamkan selama beberapa saat
  • Bilaslah dengan menggunakan air hangat

8. Menggunakan kentang

Buah kentang juga cocok untuk mencegah bibir yang berwarna gelap. Cara memerahkan bibir secara alami dengan kentang:

  • Siapkan irisan kentang yang kecil
  • Oleskan pada bibir anda selama 5 menit. Cara ini terbukti bisa membuat bibir anda lebih cerah alami dalam waktu yang singkat

9. Memerahkan bibir dengan lidah buaya

Selain sangat berguna menumbuhkan rambut dengan cepat lidah buaya juga bisa bermanfaat memerahkan bibir secara alami dan pastinya aman tanpa bahan kimia. Lidah buaya mengandung flavonoid yang disebut aloesin. Dimana senyawa ini mampu menghambat proses pigmentasi di kulit, sehingga dapat meremajakan kulit dan nutrisi yang sehat pada bibir anda. Caranya: Oleskan gel lidah buaya secara merata ke bibir anda, biarkan selama 20 menit kemudian bersihkan dengan air. Melakukan cara ini secara rutin Insyaa Allah akan membantu anda mendapatkan bibir merah dan segar.

10. Memerahkan bibir dengan baking soda

Bibir gelap bisa terjadi karena akumulasi sel-sel kulit mati. Baking soda mampu mengelupaskan sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut sehingga membuat kulit bibir anda tampak lebih sehat dan merah secara alami. Cara memerahkan bibir dengan cepat menggunakan baking soda:

  • Campur air dengan baking soda untuk membuat sebuah pasta.
  • Oleskan pasta ini ke bibir dan gosok dengan gerakan melingkar dengan sikat gigi atau ujung jari Anda. Lakukan pemijatan tadi selama 2 sampai 3 menit.
  • Langkah terakhir, bilas sampai bersih dan keringkan, anda bisa mengoleskan lip balm atau minyak zaitun untuk menjaga bibir anda tetap lembab.

11. Menjaga kelembaban bibir anda

Selain mencoba berbagai cara memerahkan bibir dengan cepat menggunakan bahan alami di atas, hal yang tidak kalah penting untuk anda lakukan adalah menjaga kelembaban bibir anda. Hal ini begitu penting karena menjaga kelembaban dapat melindungi bibir dari kekeringan. Bibir yang kering pada akhirnya akan membuatnya berubah warna menjadi hitam dan kusam. Bahkan, karena kurang kelembaban tersebut, bibir Anda bisa mengalami pecah-pecah. Jadi, langkah terbaik untuk memerahkan bibir anda adalah dengan menjaga kelembabannya. Selain menggunakan lip balm mengkonsumsi cukup air putih juga berperan penting dalam membuat bibir anda tetap lembab alami.

12. Menggosok bibir dengan sikat gigi

Cara ini tergolong mudah tapi cukup efektif membantu memerahkan bibir anda dengan cepat, yaitu dengan menggosok bibir dengan sikat gigi. Saat menggosok gigi di pagi hari, anda bisa menggosok bibir dengan lembut menggunakan sikat gigi. Cara ini bisa menghilangkan kulit kering dan gelap pada permukaan bibir. Pertama kali, Anda merasa tidak nyaman karena akan ada sedikit iritasi pada bibir Anda. Usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan cara ini, cukup dua kali seminggu saja.

13. Menggunakan buah bit
cara memerahkan bibir dengan buah bit
cara memerahkan bibir dengan buah bit

Buah bit adalah bahan alami yang sangat menakjubkan untuk memerahkan bibir dengan cepat. Buah bit  diperkaya dengan agen pemutih alami dan juga memiliki warna kemerahan yang sangat kuat. Ini tidak hanya memecah hiper-pigmentasi, tetapi juga memberikan warna kemerahan pada bibir.

Cara memerahkan bibir dengan buah bit sangat mudah anda cukup mencampur sedikit irisan buah bit kemudian oleskan di bibir sepanjang malam. Bibir Anda akan menyerap kandungan nutrisi dan warna merah dari buah bit. Di pagi hari, basuh bibir Anda menggunakan air.

14. Kurangi mengkonsumsi kopi

Kopi merupakan salah satu sumber kafein yang paling populer. Tahukah Anda jika kelebihan mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan bibir lebih hitam? Untuk itu sebaiknya kurangi mengkonsumsi kopi setidaknya 1 kali sehari saja atau usaha anda dalam memerahkan bibir akan sia-sia.

15. Hindari penggunaan lisptik

Pada asalnya penggunaan lipstik bertujuan untuk memerahkan bibir dengan cepat dan praktis, akan tetapi ternyata ini justru akan membuat bibir menjadi tidak sehat. Hal ini dikarenakan pada umumnya lipstik dibuat dari bahan kimia yang akan membuat bibir menjadi kering dan tidak sehat. Kondisi ini semakin diperparah jika anda tidak membersihkannya sebelum tidur.

Penyebab bibir lebih gelap

1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan bibir anda. Merokok dan minum alkohol merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir. Kegelapan di bibir dan di lapisan dalam mulut yang disebut melanosis perokok. Alkohol mengandung zat asam yang dapat menyebabkan noda hitam di bibir Anda. Jadi jika anda ingin memerahkan bibir keduanya harus benar-benar anda hindari.

2. Kekeringan pada bibir

Jika menjaga kelembaban bibir dapat membantu membuatnya tampak merah merona, sebaliknya membiarkan bibir mengalami kekeringan juga akan membuat bibir lebih pucat dan kusam. Kulit bibir selalu terbuka sehingga lebih mudah kehilangan kelembabannya saat terpengaruh cuaca. Dalam cuaca dingin dan berangin, biasanya Anda akan lebih mudah mengalami kekeringan di bibir. Terkadang kekeringan bisa menyebabkan retak atau pecahnya bibir Anda. Semua kerusakan ini akhirnya membuat bibir anda menjadi lebih gelap.

3. Penggunaan produk yang salah

Alih-alih bisa memerahkan bibir dengan cepat penggunaan produk bibir yang berbahan kimia dapat membuat bibir lebih kering dan tidak sehat. Produk bibir yang murah biasanya diformulasikan dengan bahan kimia yang berbahaya bagi kulit sensitif seperti bibir. Penggunaan lipstik yang berlebihan dan lama juga meninggalkan noda gelap secara bertahap di bibir. Belum lagi, tanggal kadaluarsa produk Anda yang tidak jelas juga dapat merusak bibir cantik anda. Jika Anda tidak ingin mengalami hal ini minimal bersihkan sisa lipstik pada bibir anda di malam hari sebelum tidur.

4. Melasma/Hiperpigmentasi

Melasma merupakan hiperpigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh deposisi berlebihan melanin. Umumnya melanin terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi akibat paparan sinar matahari pada kulit yang terbuka seperti wajah, bibir, tangan, leher dan lain-lain. Karena wajah adalah bagian yang paling terbuka, maka sebagian besar dipengaruhi oleh melanin. Biasanya, melasma menyebabkan lebih gelap.

Anda dapat  mencobanya di rumah. Nah itulah beberapa paparan mengenai Cara memerahkan bibir secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat bagi anda.

Share On