15 Cara membuat rambut sehat berkilau dan halus secara alami

Cara membuat rambut sehat berkilau
image by pixabay.com

Apakah Anda sedang mencari cara membuat rambut sehat berkilau secara alami? Apakah Anda ingin tahu bagaimana memiliki rambut yang mengkilap dan halus dengan cepat dalam beberapa hari? Jika iya mari simak ulasan berikut ini. Pada artikel ini, saya akan mengungkapkan kepada Anda 15 cara alami membuat rambut lebih sehat berkilau secara alami tanpa menggunakan kondisioner. Artikel ini juga mencantumkan perawatan terbaik untuk mendapatkan rambut yang mengkilap dari sumber terpercaya. Meskipun demikian, ini hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan untuk memberikan saran medis. Untuk itu jika anda mengalami masalah rambut yang serius sebaiknya pergi ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan penanganan yang tepat.

1. Cuka apel dan jus lemon

Cuka sari apel berguna dan sangat efektif dalam menjaga keseimbangan pH rambut secara alami, sedangkan jus lemon mampu membuat rambut lebih sehat berkilau. Agar anda mendapatkan hasil terbaik anda bisa mencampur cuka sari apel (2 sendok teh) dan jus lemon ke dalam satu cangkir air untuk diterapkan ke rambut sebelum keramas. Ramuan ini akan membuat rambut tampak sehat berkilau secara alami dan tentunya aman untuk diterapkan secara rutin pada rambut anda. 

2. Telur ayam kampung

Telur adalah salah satu bahan alami yang baik untuk membuat rambut anda lebih sehat dan mengkilap. Telur terutama dari ayam kampung merupakan sumber protein asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan rambut anda. Telur juga berguna membantu memperbaiki kerusakan pada rambut sekaligus membuatnya tampak berkilau dengan menambahkan kelembaban alami. Telur juga berguna mengatasi rambut rontok secara alami. Cara memanfaatkan telur untuk rambut anda agar lebih sehat berkilau:
Campur satu butir telur dengan minyak zaitun (satu sendok makan) dan madu (satu sendok makan) sampai tercampur menjadi pasta yang halus. Oleskan pasta yang telah anda buat tadi pada kulit kepala dan rambut yang lembab secara merata. Amankan kepala dengan menutupi rambut menggunakan handuk. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Kemudian bilas rambut Anda dengan air dingin.

3. Menggunakan minyak almond

Minyak almond dianggap sebagai obat rumahan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut sekaligus membuatnya tampak lebih berkilau atau mengkilap. Agar hasilnya lebih maksimal, panaskan minyak almond terlebih dahulu sebelum di terapkan pada rambut. Sambil menerapkan lakukan pemijatan ringan pada rambut dan kulit kepala agar rambut dapat menyerap nutrisi dari minyak almond secara maksimal. 

4. Mayones

Mayones juga bisa digunakan untuk merawat rambut Anda secara efektif karena memiliki kandungan protein, asam amino dan antioksidan yang kesemuanya sangat baik untuk melindungi rambut dari kerusakan. Anda bisa memanfaatkan mayones sebagai masker rambut dalam rangka membuat rambut lebih berkilau secara alami. Pilihan lainnya adalah dengan menambahkan beberapa tetes ekstrak vanila ke mayones sebelum digunakan ke rambut.

5. Minyak zaitun

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika minyak zaitun merupakan salah satu ramuan terbaik untuk mengatasi berbagai macam masalah pada rambut anda. Selain berguna menghilangkan ketombe secara alami, minyak zaitun juga bisa membuat rambut lebih berkilau secara alami. Cara memanfaatkan minyak zaitun adalah dengan menerapkan 4-5 sdm minyak zaitun ke rambut Anda (tergantung panjang pendeknya rambut anda). Biarkan selama setengah jam kemudian bilas sampai bersih. 

6. Bubuk Amla dan jeruk nipis

Campuran air jeruk nipis dan bubuk amla bisa menjadi bahan efektif untuk membuat rambut berkilau dan sehat secara alami. Untuk hasil terbaik, campurkan antara satu sendok makan bubuk amla dengan jeruk nipis dalam wadah kecil. Setelah itu, aduk keduanya hingga tercampur dengan baik. Pijatkan secara lembut campuran ini ke rambut dan kulit kepala anda kemudian biarkan selama sekitar 20 menit sebelum melakukan keramas. Cara tersebut berguna membantu rambut lebih hitam dan berkilau. Selain itu campuran kedua bahan tadi juga bisa memperkuat rambut sekaligus membantu pertumbuhannya lebih maksimal. 

7. Daun dan bunga sepatu

Bunga dan daun kembang sepatu juga merupakan tanaman terbaik untuk meningkatan kesehatan rambut serta membuatnya lebih mengkilap. Cara membuat rambut lebih berkilau dengan bunga dan daun kembang sepatu adalah dengan menggiling keduanya kemudian mencampurnya dengan air untuk dibuat menjadi pasta kental. Pijatkan campuran kedua bahan ini di rambut Anda sampai dirasa cukup (sekitar 2 menit). Biarkan selama setengah jam, setelah itu bilas dengan air atau keramas seperti biasa.

8. Biji fenugreek

Ramuan terbaik lainnya untuk membuat rambut sehat dan berkilau adalah biji fenugreek. Cara menggunakannya: Pertama-tama rendam biji fenugreek (satu cangkir) dalam air selama semalam. Pada pagi harinya, giling dengan menambahkan air untuk membuat pasta kental. Oleskan masker dari biji fenugreek tadi ke seluruh rambut dan kulit kepala Anda. Bilas dengan sampo ringan setelahnya.

9. Susu

Susu adalah minuman yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain mengandung tinggi protein yang dapat mengutkan rambut, susu juga sangat efektif untuk membuat rambut lebih berkilau dan sehat. Caranya: Semprotkan susu dingin secara merata pada rambut Anda. Setelah itu sisir rambut Anda dengan lembut, dan biarkan selama 30 menit. Cuci rambut Anda dengan sampo ringan atau sampo bayi. Perawatan alami ini membuat rambut lebih halus dan lembut.

10. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan organik yang sangat berguna merawat rambut anda. Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh minya kelapa, saah satu yang paling utama adalah membantu menjaga kelembaban rambut yang rusak dan kering. Selain itu minyak kelapa juga dapat menghilangkan ketombe dan membuat rambut lebih berkilau dan sehat.
Pertama-tama panaskan minyak kelapa terlebih dahulu, setelah mulai hangat pijatkan ke kulit kepala selama beberapa menit. Tutupi rambut anda dengan penutup kepala atau handuk basah selama sekitar 30 menit. Cuci rambut dengan sampo dan air setelahnya.

11. Buah alpukat

Alpukat memiliki nutrisi yang sangat membantu dalam memberi nutrisi dan melembabkan rambut Anda secara alami. Hal ini tentunya juga akan membuat rambut Anda lebih berkilau dan halus. Alpukat juga baik untuk mengatasi kerusakan pada rambut, terutama untuk rambut kering. Cara memanfaatkan alpukat sebagai masker rambut:

Campur minyak zaitun extra-virgin (dua sendok makan) dengan satu buah alpukat yang sudah masak. Gosokkan campuran kedua bahan ini ke rambut yang lembab. Tutupi rambut dengan handuk basah selama setidaknya setengah jam. Langkah terakhir keramas dan bilas rambut Anda seperti biasa.

12. Madu murni

Berbicara mengenai manfaat madu untuk kecantikan tampaknya tidak akan ada habisnya, selain berguna untuk merawatan kecantikan wajah dan bibir, madu juga sangat bermanfaat untuk membuat rambut lebih berkilau secara alami. Cara menggunakan madu untuk rambut:

Campur madu (dua sendok makan) dalam air hangat (dua cangkir). Masukkan larutan ini ke dalam botol semprot. Setelah keramas, semprotkan campuran tadi ke rambut Anda. Perlahan pijat kulit kepala anda selama sekitar lima menit kemudian biarkan selama setidaknya 15 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan cara tadi selama kurang lebih seminggu sekali.

13. Lidah buaya

Bahan lainnya yang tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan rambut adalah lidah buaya. Tanaman dengan daun berduri ini telah lama digunakan sebagai perawatan kecantikan wajah maupun rambut. Selengkapnya bisa anda baca dalam artikel mengenai manfaat lidah buaya untuk rambut

Campur gel lidah buaya (empat sendok makan), minyak kelapa (dua sendok makan) dan yoghurt (tiga sendok makan) untuk dibuat menjadi pasta. Gosokkan pasta tadi pada rambut lembab setelah itu biarkan sekitar setengah jam. Cuci rambut anda dengan air jika sudah selesai.

14. Menggunakan yoghurt

Menggunakan yogurt untuk rambut sangat baik sekali karena selain dapat membuat rambut lebih berkilau yoghurt juga memiliki sifat antibakteri yang juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe secara alami. Tidak berhenti sampai di situ, yoghurt juga dapat membuat rambut lebih halus, lembut dan berkilau tanpa kondisioner. Cara membuat rambut lebih sehat dengan yoghurt: Terapkan yoghurt organik ke seluruh rambut anda hingga merata. Biarkan dengan penutup rambut lalu tunggu selama setengah jam. Langkah selanjutnya cuci dengan air suam-suam kuku.

15. Buah pisang

Buah pisang berguna membuat rambut lebih mengkilap. Pisang mengandung banyak zat gula termasuk fruktosa, glukosa dan sukrosa. Dimana ini dapat menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal, sekaligus menjaga agar rambut tetap lembab secara alami. Pisang juga mampu menghaluskan rambut saat diterapkan secara rutin. Caranya: Haluskan buah pisang matang lalu tambahkan yoghurt (2 sendok teh) ke dalamnya. Blender untuk membuat pasta yang halus. Oleskan pasta ini ke rambut Anda, kemudian cuci setelah 45 menit dengan sampo.

Share On