10 Cara melembabkan bibir kering secara alami

Cara melembabkan bibir kering secara alami
image by huffingtonpost.com

Cara melembabkan bibir kering secara alami dan mudah yang bisa anda terapkan di rumah. Bibir merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki banyak fungsi dan manfaat. Seperti yang sudah anda ketahui jika bibir membantu Anda makan, berbicara, bersiul dan mencium, tapi seberapa tahu kah anda mengenai bibir tersebut? Salah satu yang parlu anda ingat adalah bibir merupakan bagian tubuh luar yang sangat sensitif dan berkulit tipis. Ini adalah dua dari fakta anatomi bibir kita.

Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan: epidermis, dermis dan lapisan lemak subkutan. Stratum korneum berada di puncak epidermis sebagai lapisan pelindung (melawan bakteri, kekeringan, panas dan cahaya), namun kulit di bibir kita jauh lebih tipis daripada kulit yang menutupi sebagian besar tubuh kita. Di bibir kita lapisan pelindung ini empat sampai lima kali lebih tipis dibandingkan kulit di wajah kita. Oleh karena itu tidak ada kelenjar keringat atau folikel rambut di bibir kita, mereka tidak mendapatkan perlindungan alami yang sama seperti kulit di area tubuh yang lain.

Jadi, melembabkan bibir kering dan pecah-pecah bisa jadi sedikit sulit dibandingkan bagain tubuh lainnya. Mereka rentan terhadap unsur-unsur yang bisa memicu kekeringan pada kulit. Menjaga kelembaban bibir selain membuatnya tampak indah juga bisa memberikan kenyamanan tersendiri, untuk itu saya telah merangkum artikel ini untuk mencari tahu bagaimana cara melembabkan bibir secara alami dan aman yang bisa anda terapkan di rumah:

1. Madu

Madu merupakan pelembab alami yang bisa membuat bibir anda tampak lebih indah. Disamping memberikan kelembaban, madu juga menutrisi kulit anda sehingga tampak lebih sehat. Madu diperkaya dengan vitamin dan mineral penting yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, jadi anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya dibandingkan hanya sekedar membantu melembabkan bibir.

2. Minyak kelapa

Cara melembabkan bibir secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa secara alami dan efektif membantu mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan kering dan membuatnya tampak lembab alami. Penggunaan minyak kelapa secara rutin juga bisa mencegah munculnya gelap pada area bibir.

3. Lidah buaya

Sifat penyembuhan yang dimiliki oleh lidah buaya sudah banyak dikenal oleh orang, maka dari itu tidak heran jika penggunaan tanaman ini cukup luas. Selain berguna memanjangkan rambut secara alami, lidah buaya juga bisa melembabkan bibir untuk mencegahnya dari kekeringan dan pecah-pecah. Cara melembabkan bibir dengan lidah buaya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil lidah buaya berukuran sedang kemudian potong untuk diambil gelnya. Haluskan terlebih dahulu kemudian terapkan ke bibir anda secara merata. Tunggu kira-kira 15 menit setelah itu bersihkan dengan air.

4. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain murah mentimun juga mudah di dapat sehingga membuatnya menjadi bahan favorit sebagai perawatan kecantikan. Mentimun bisa melembabkan bibir secara alami sekaligus membantu mencegah masalah bibir pecah-pecah. Cara menggunakan mentimun untuk melembabkan bibir: ambil mentimun berukuran sedang, kupas kulitnya kemudian potong menjadi bagian yang kecil. Masukkan ke dalam blender, setelah itu haluskan dengan menambahkan sedikit madu. Terapkan di bibir dan biarkan sekurangnya 10 menit sebelum membilasya dengan air sampai bersih.

5. Mentega mangga

Mentega mangga didapat dari ektraksi biji pohon mangga (Mangifera indica) dimana mentega mangga ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad lalu. Lemak pada mentega mangga kebanyakan terdiri dari asam oleat dan stearat. Hal ini membuatnya sangat bermanfaat menambah kelembutan dan kelembaban ke bibir. Kedua asam ini adalah trigliserida yang sebagian besar menciptakan sebum. Menerapkannya secara langsung ke bibir dalam bentuk mentega atau minyak mangga adalah cara alami untuk mengembalikan kelembaban bibir anda. Asam oleat dan stearat juga memiliki manfaat tambahan berupa hidrofobik dan hidrofilik. Salah satu ujungnya dapat menarik air, sementara ujung satunya mengunci kelembaban di bibir.

6. Pilih lip balm yang benar

Beberapa lip balm mengandung bahan seperti fenol atau minyak peppermint yang membantu mengelupaskan serpihan kulit yang pecah dari bibir kita. Lip balm semacam ini sebenarnya baik untuk membantu mengelupaskan kulit kering, tetapi kurang baik dalam melembabkan bibir. Hal ini dikarenakan mereka mendorong pengelupasan kulit dengan mengeluarkan minyak alami dari bibir, dampaknya sudah bisa anda tebak yaitu bibir menjadi lebih mudah kering sehingga anda akan sering menggunakan lip balm, tentunya hal ini tidak anda inginkan mengingat tujuan penggunaan lip balm itu sendiri adalah melembabkan bibir. 

Solusinya pilih lip balm yang mengandung bahan seperti petrolatum, beeswax, shea butter, cocoa butter, atau minyak seperti almond untuk membantu mengunci kelembaban dan melembutkan bibir secara alami tanpa memberikan efek samping. Untuk kondisi bibir kering yang cukup parah mungkin anda bisa menggunakan lip balm yang mengandung seramida sintetis, yaitu lemak yang bisa membantu mengembalikan penghalang kulit alami bibir Anda. Dan untuk perlindungan terbaik, pilihlah lip balm berbasis minyak yang juga mengandung tabir surya.

7. Hindari menjilat bibir anda

Menjilat bibir tampaknya merupakan cara melembabkan bibir yang cepat dan mudah, tapi kenyataannya hal ini bukannya melembabkan justru malah membuat bibir menjadi lebih mudah kering. Kenapa hal ini bisa terjadi?. Bibir biasanya kekurangan membran luar pelindung yang ditemukan pada kebanyakan kulit lainnya, sehingga menambahkan kelembaban yang mudah menguap beberapa detik justru bisa mengeringkan bibir dengan sangat cepat.

8. Perhatikan bahan yang digunakan untuk merawat tubuh

Perjuangan anda untuk melembabkan bibir secara alami akan sangat terbantu dengan memperhatikan beberapa hal yang dapat membuat bibir menjadi lebih kering, saah satunya adalah dengan selektif dalam memilih bahan perawatan tubuh. Tahukah Anda bahwa bahan dalam beberapa produk yang Anda gunakan setiap hari seperti pasta gigi mungkin menyebabkan bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah?

Pasta gigi dan produk perawatan mulut lainnya mungkin mengandung sodium lauryl sulfate (bahan yang sering ditambahkan ke produk yang berbusa, seperti pasta gigi hingga pembersih wajah) serta guaiazulene (aditif warna), keduanya dapat menyebabkan iritasi kulit dan dermatitis pada beberapa orang. Bukan hanya pasta gigi, lip balm yang anda pakai mungkin juga berpotensi membuat bibir menjadi  kering. Faktanya, sekitar 25 persen orang yang telah diuji terkait masalah ruam dan reaksi alergi di sekitar mulut terbukti mengalami alergi terhadap bahan yang biasa ditemukan pada lip balm, lipstik dan kosmetik lainnya. Oleh karena itu sangat penting sekali memilih produk perawatan bibir anda, karena bukannya membuat bibir menjadi lebih indah bahan-bahan tadi justru memberikan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan bibir.

9. Penuhi kebutuhan air putih

Cara melembabkan bibir anda secara alami yang tidak boleh anda lupakan adalah mencukupi kebutuhan air putih harian anda. Ada banyak faktor yang selalu berkaitan dalam mengatasi masalah bibir kering dan salah satu yang utama adalah melakukannya dari dalam dengan banyak mengkonsumsi air putih. Saat tubuh mendapatkan asupan air putih yang cukup maka bagian tubuh lain termasuk kulit juga akan mendapatkan suplay air yang dibutuhkan untuk menjaga kelembabannya. Pastikan anda mendapatkan setidaknya 7-8 gelas air setiap harinya.

10. Cukupi kebutuhan vitamin harian anda

Mencukupi kebutuhan air putih akan memastikan bibir Anda mendapatkan kelembaban dari dalam, tapi itu bukan satu-satunya cara melembabkan bibir dari dalam. Karena tubuh kita juga membutuhkan asupan vitamin yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan di kulit termasuk bibir. Semua vitamin B kompleks berkontribusi besar pada kesehatan kulit Anda tidak terkecuali bibir. Namun niasin (vitamin B3) dan riboflavin (vitamin B2) dua diantara jenis vitamin B kompleks lainnya yang benar-benar dapat meningkatkan kemampuan kulit Anda untuk mempertahankan kelembaban.

Sayuran hijau seperti bayam dan kacang hijau merupakan sumber niacin yang sangat baik, sedangkan riboflavin bisa anda dapatkan dari makanan yang berasal dari olahan susu dan kacang almond. Selain itu, Agar kemampuan kulit lebih optimal dalam mempertahankan kelembabannya tentu saja Anda harus mengkonsumsi makanan yang seimbang seperti vitamin dan mineral. 

Demikian tadi beberapa cara melembabkan bibir kering secara alami dan aman yang bisa anda terapkan di rumah. Semoga bisa membantu mengatasi masalah bibir kering anda.

Share On