12 Cara mengatasi rambut kering secara alami dan mudah

image from www.lorealparisusa.com

Cara mengatasi rambut kering secara alami dan aman dengan memanfaatkan bahan rumahan yang cukup mudah didapat. Rambut merupakan salah satu mahkota yang perlu dijaga kesehatannya. Bukan hanya wanita, laki-laki pun tentu ingin mendapatkan rambut sehat alami yang tidak terdapat masalah seperti rambut rontok, ketombe, rambut kering dan bercabang. Secara umum rambut yang tidak memiliki cukup kelembaban dan tekstur yang normal merupakan indikasi rambut kering. Rambut itu sendiri terdiri dari tiga lapisan. Lapisan luar berguna melindungi lapisan dalam. Bila lapisan luarnya rusak, hal ini akan menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Folikel rambut terhubung ke kelenjar sebasea, sebuah kelenjar yang mengeluarkan minyak ke batang rambut. 

Orang yang memiliki kulit kepala kering diyakini juga mengalami masalah rambut kering. Rambut menjadi kering saat minyak alami dari rambut dilepaskan saat beraktivitas, seperti berjemur, berenang dengan air yang diklorinasi, penggunaan pengering rambut yang berlebihan, dan penggunaan produk styling lainnya. Pria dan wanita dari usia berapapun bisa mengalami masalah rambut kering ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut kering salah satunya menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini:

1. Minyak atsiri

Salah satu penyebab utama rambut kering adalah adalah karena ketidakseimbangan kelembaban kulit kepala dan rambut. Sehingga penggunaan minyak esensial untuk melembabkan kulit kepala adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi rambut kering paling efektif. Seiring dengan itu, esensi penting tidak hanya akan merawat kulit kepala, tapi juga membatasi ketombe dan mencegah gatal.

  • Oleskan minyak atsiri secara merata ke kulit kepala dan rambut kering anda.
  • Gunakan tangan untuk memijat kulit kepala secara lembut, biarkan di kepala selama 39 menit 
  • Setelah itu, bilas dengan air bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami rumahan yang sangat efektif untuk mengatasi rambut kering. Lidah buaya juga sangat aman digunakan secara rutin sehingga anda tidak perlu khawatir soal efek samping yang ditimbulkannya. Selain membantu melembabkan rambut dan kulit kepala lidah buaya juga bermanfaat menghilangkan ketombe secara alami sehingga anda akan mendapatkan manfaat yag banyak darinya. 

Cara mengatasi rambut kering dengan lidah buaya tidaklah sulit karena anda hanya perlu mengoleskan lidah buaya yang sudah di ambil gelnya langsung ke kulit kepala dan rambut secara merata, biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air

3. Tomat

Mungkin anda sudahs ering mendengar mengenai manfaat tomat untuk kulit wajah, tetapi apakah anda tahu jika tomat ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Manfaat tomat tidak terlepas kandungan nutrisinya yang cukup melimpah seperti vitamin C dan likopen.  Keduanya merupakan antioksdian penting yang dapat melindungi rambut anda dari radikal bebas, terlebih tomat juga berguna membantu mengatasi rambut kering. Gunakan buah tomat yang masih segar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Cara menggunakan tomat untuk rambut kering: 

  • Pertama, Haluskan sekitar 3 sampai 4 buah tomat berukuran sedang (tergantu panjang pendeknya rambut anda) 
  • Ambil airnya kemudian gunakan sebagai shampo dengan menerapkannya di rambut dan kulit kepala kering.
  • Lakukan pemijatan selama sekitar 5 menit 
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum membilasnya seperti biasa

4. Cuka sari apel

Membilas rambut dan kulit kepala dengan cuka sari apel merupakan terapi yang sangat baik untuk melembabkan rambut anda secara alami. Cuka sari apel dapat menyeimbangkan ph kulit kepala yang berdampak pada kelembabkan rambut dan kulit kepala, tentu ini akan membantu mengatasi masalah rambut kering. Cuka sari apel juga bisa mengurangi ketombe dan membuat rambut anda tampak lebih indah secara alami. Cara menggunakan cuka sari apel untuk rambut kering: 

  • Ambil 1/4 cangkir cuka sari apel kemudian campur dengan 3 gelas air.
  • Tuangkan cairan tersebut ke dalam botol semprot, semprotkan ke rambut basah 
  • Tutup kepala dengan tutup shower, dan biarkan selama 20-30 menit.

Manfaat menggunakan cuka sari apel: Selain mengatasi rambut kering perawatan di atas juga membantu mengurangi masalah kulit kepala seperti gatal, psoriasis, eksim dan ketombe. Bukan hanya itu cuka sari apel juga dapat membersihkan rambut, menghilangkan akumulasi sisa produk rambut, dan mengembalikan keseimbangan pH rambut. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary atau tea tree untuk meningkatkan kinerja cuka sari apel. Namun, orang dengan kulit kepala sensitif harus berhati-hati saat menambahkan minyak esensial.

5. Yoghurt

Pernah mendengar manfaat yoghurt untuk kecantikan? Salah satunya yaitu membantu mengatasi rambut kering. Saat diterapkan ke kulit kepala dan rambut yoghurt akan membantu melembabkan sekaligus memperkuat folikel rambut secara alami. Jadi yoghurt bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok secara alami dan aman. Cara mengatasi rambut kering secara alami dengan yoghurt: 

  • Campur setengah cangkir yoghurt dengan satu sendok teh madu dan satu sendok teh cuka sari apel.
  • Campur dengan baik kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala.
  • Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan yoghurt polos (tanpa tambahan pemanis) pada akar rambut, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

6. Madu

Salah satu bahan alami yang sangat menakjubkan untuk mengobati masalah rambut dan kulit kepala kering adalah madu. Madu telah terbukti (satu dekade yang lalu) bermanfaat mengurangi kulit kepala yang kering dan gatal, dibandingkan perawatan tubuh buatan lainnya.

Dalam sebuah penelitian ilmiah, yang diterbitkan oleh European Journal of Medical Journal, para peneliti klinis mempelajari penggunaan madu murni yang dioleskan secara topikal ke 30 pasien yang menderita dermatitis seboroik kronis pada kulit kepala. Hasil penelitian ini menunjukkan keefektifan penyembuhan madu untuk kulit kepala mereka.

Madu secara alami mengandung berbagai macam nutrisi penting yang sangat menguntungkan seperti vitamin dan mineral. Belum lagi madu juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang berguna membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Kandungan nutrisi dalam madu tersebut juga sangat berguna melembabkan rambut kering secara efektif dan alami. Cara mengatasi rambut dan kulit kepala kering dengan madu: 

  • Campur madu dengan sedikit air, 90% madu dan 10% air. 
  • Pijatkan di kulit kepala anda secara lembut selama 2-3 menit.
  • Biarkan di kulit kepala sekitar 2 atau 3 jamKemudian bilas dengan cara keramas seperti biasa.

7. Minyak wijen

Minyak wijen bisa menjadi alternatif yang mudah untuk mengatasi rambut kering anda. Selain mudah, minyak wijen ini juga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan perawatan rambut jangka panjang karena merupakan bahan alami. Cara menggunakannya:

  • Pertama campurkan 1 sendok makan jus lemon dan minyak wijen 
  • Oleskan campuran kedua bahan tadi ke kulit kepala dan rambut sampai merata
  • Gunakan handuk untuk membungkus kepala Anda
  • Bilas dengan sampo setelah setengah jam

8. Mayones

Mayones bisa membantu anda mengatasi rambut kering sekaligus menghilangkan bakteri di kulit kepala secara alami. Cara menggunakan mayones untuk rambut kering:

  • Oleskan 1/2 cangkir mayones ke kulit kepala Anda
  • Pijat ke area kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan penutup plastik
  • Biarkan selama 15 menit
  • Sebelum keramas seperti biasa, bilas dengan bersih menggunakan air hangat.

9. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi selain berguna menghilangkan ketombe minyak kelapa juga dapat mengatasi rambut kering yang merupakan masalah umum rambut anda. Minyak kelapa dapat mengembalikan kelembaban alami kulit kepala dan rambut sekaligus mencegah kekeringan dan munculnya ketombe. Cara menggunakannya cukup mudah pertama, oleskan minyak kelapa hangat ke seluruh kulit kepala Anda, pijat dengan lembut, biarkan selama satu jam, kemudian bilas sampai bersih.

10. Buah pisang

Bahan lain yang juga patut diperhitungkan jika anda mencari cara mengatasi rambut kering adalah buah pisang. Pisang sangat baik untuk rambut karena mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Pisang mengandung kalium dan memiliki sifat pelembab alami yang membantu mengatasi rambut kering sekaligus melembutkannya secara alami. Cara menggunakannya:

Haluskan satu buah pisang berukuran sedang kemudian oleskan dari akar sampai ujung rambut Anda secara merata. Biarkan selama satu jam kemudian bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan setidaknya seminggu sekali.

Selain menggunakan buah pisang secara mandiri, sebagai alternatif, anda juga bisa mengkombinasikan buah pisang dengan mencampurkan 1 pisang matang, 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak almond. Oleskan masker rambut ini ke kulit kepala & rambut Anda secara merata sekitar 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini seminggu sekali secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

11. Menggunakan gelatin

Gelatin adalah sumber protein yang sangat baik untuk rambut anda, selain dapat menguatkan rambut dan mencegah kerontokan gelatin juga berguna mencegah rambut kering. Gelatin secara alami mampu mengembalikan kelembaban menyuplai protein ke rambut, yang membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang sempurna untuk mendapatkan rambut kuat. Caranya:

  • Campur 1 sendok teh gelatin dengan secangkir air hangat dan aduk hinga rata
  • Tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel dan beberapa tetes minyak esensial rosemary, lavender, atau lemon
  • Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala Anda, biarkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat

12. Minyak zaitun

Minyak zaitun bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan saja melainkan untuk kecantikan wajah dan rambut anda. Minyak zaitun merupakan lemak baik yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat melembabkan kulit wajah secara alami, minyak zaitun juga bisa membantu mengatasi rambut kering. Ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang membutuhkan bahan alami yang aman dan efektif. Cara mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun: 

  • Panaskan minyak zaitun extra virgin sebentar saja
  • Jika sudah hangat terapkan langsung ke rambut anda sambil sedikit memijatnya
  • Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit
  • Setelah itu bilas sampai bersih dengan air

Nah,,demikian tadi rangkaian cara mengatasi masalah rambut kering yang bisa anda coba di rumah dengan bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman dan tidak menimbulkan efek buruk berarti.

Share On