16 Cara memanjangkan rambut secara alami dengan cepat

Cara memanjangkan rambut secara alami
Ilustrasi Cara memanjangkan rambut secara alami
Cara memanjangkan rambut secara alami dengan cepat yang aman untuk anda terapkan di rumah. Kebanyakan wanita ingin memiliki rambut sehat dan panjang. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara mendapatkan rambut panjang tersebut secara alami. Kebanyakan orang menggunakan produk berbahan kimia yang dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Apalagi produk semacam ini juga akan menyebabkan masalah serius pada rambut seperti kerontokan, dan rambut kering. Perlu diketahui jika tingkat pertumbuhan rambut secara keseluruhan akan bergantung pada kesehatan anda dan faktor genetik. Beberapa orang memiliki proses pertumbuhan rambut yang cepat sedangkan beberapa diantaranya berjalan lambat. Namun, Anda bisa mendorong pertumbuhan rambut dengan mengonsumsi makanan sehat, mengubah gaya hidup Anda dan merawat rambut dengan benar. Selain itu, ramuan dan pengobatan tertentu juga bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami. Jika anda ingin mendapatkan rambut panjang alami, beberapa tips berikut ini mungkin akan berguna: 

1. Menggunakan minyak jarak

Jika Anda sedang mencari cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami mungkin tidak ada salahnya mencoba minyak jarak. Minyak jarak secara alami mengandung tinggi vitamin E dan juga asam lemak esensial seperti asam lemak omega-9, hal ini membuat minyak jarak dapat mempercepat siklus pertumbuhan rambut Anda secara efektif dan alami. Agar anda bisa mendapatkan hasil terbaik tambahkan juga minyak lainnya seperti minyak kelapa, almond atau minyak zaitun.

Gunakan minyak jarak yang telah anda campur dengan minyak zaitun atau almond tadi ke rambut anda hingga semua bagian rambut tertutupi.  Pijatkan dengan lembut ke kulit kepala kemudian biarkan selama sekitar 20 atau 30 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya seperti biasa. Anda harus melakukan cara ini secara rutin setidaknya dua atau tiga kali seminggu sampai anda mendapatkan rambut panjang seperti yang diinginkan. 

2. Hindari stres

Banyak dari kita sepakat jika stres adalah salah satu faktor penyebab rambut rontok dan melambatnya pertumbuhan rambut. Banyak studi menunjukkan bahwa stres dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut, akibatnya, rambut Anda akan menjadi lemah dan mudah rontok. Oleh karena itu, jika Anda ingin memanjangkan rambut secara alami hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengurangi stres. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu Anda mengatasi stres misalnya latihan pernapasan, olahraga di pagi hari, dan teknik rileksasi lainnya. Meningkatkan iman dan banyak berdoa juga menjadi salah satu obat stres paling mujarap.

3. Menggunakan telur

Telur dapat membantu memanjangkan rambut dengan cepat secara alami karena memiliki sumber nutrisi penting diantaranya vitamin dan mineral seperti belerang, zat besi, seng, fosfor dan selenium, dimana kesemua mineral tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Apalagi nutrisi ini bisa diserap ke rambut Anda dan memberi kekuatan rambut secara alami. Masker telur mampu membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Sehingga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk anda. Selain aman, telur juga cukup murah dan mudah didapat sehingga anda tidak kesulitan untuk mendapatkannya.

Cara memanjangkan rambut secara alami dengan telur: Pertama pecahkan telur ke dalam mangkuk. Kocok hingga teksturnya lebih encer. Tuangkan dalam mangkuk ini beberapa tetes minyak lavender dan empat sendok makan minyak biji anggur. Aduk sampai menjadi campuran halus. Setelah itu, oleskan campuran kedua bahan tadi di kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama beberapa menit. Saya sarankan anda membiarkannya sekitar 20 menit. Setelah itu anda bisa membilasnya. Jika kesulitan mendapatkan minyak biji anggur anda bisa menggunakan telur secara mandiri.

4. Konsumsi suplemen penumbuh rambut

Selain mengambil bahan alami untuk menumbuhkan rambut secara langsung, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen seperti minyak ikan, asam folat, kelp, biotin, ginseng, minyak biji rami, dan ginkgo biloba. Biotin dan asam folat merupakan vitamin B kompleks yang dapat membantu memanjangkan rambut dengan cepat dan alami. Namun, sebelum mencoba suplemen ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar anda tahu dosis yang tepat agar tidak menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Terlalu banyak mengkonsumsi suplemen yang mengandung mineral atau vitamin dapat menyebabkan beberapa efek sampig seperti rambut rontok atau menyebabkan toksisitas hati.

5. Gunakan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah sering dibahas dalam banyak artikel kesehatan. Lidah buaya cukup efektif dalam mendorong pertumbuhan sekaligus mencegah rambut rontok. Lidah buaya juga dapat membantu mengurangi ketombe dan mengembalikan kemilau alami rambut anda. Karena itu, perawatan ini patut dicoba.
Untuk melakukan perawatan dengan lidah buaya, Anda perlu mencampurnya dengan sedikit jus lemon. Agar rambut dapat menyerap semua nutrisi dari lidah buaya secara maksimal, sebaiknya biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, cuci rambut anda dengan sampo seperti biasa. Dianjurkan melakukan perawatan ini satu atau dua kali seminggu. 

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan ramuan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan anda. Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah diantaranya mengurangi flek hitam, mengatasi jerawat dan menghilangkan komedo secara alami, sedangkan untuk rambut sendiri minyak zaitun sangat berguna menghilangkan ketombe dengan cepat, menebalkan rambut dan membantu memanjangkannya. Menggunakan minyak zaitun secara rutin selama beberapa bulan selain berguna memanjangkan rambut juga akan membuat rambut anda menjadi lebih indah berkilau. Tentu saja, rambut Anda juga akan tebal dan kuat. Selanjutnya, rambut Anda akan lembut dan mudah diatur.

Untuk melakukan perawatan dengan minyak zaitun, Anda hanya perlu mempersiapkan minyak zaitun extra virgin. Panaskan sebentar setelah mulai dingin terapkan ke rambut dan kulit kepala hingga merata. Gunakan ujung jari Anda untuk memijat kulit kepala dengan lembut agar minyak zaitun bisa meresap secara efektif ke rambut Anda. Biarkan sekitar 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. 

7. Buah alpukat

Selain dapat menebalkan rambut secara alami buah alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut secara alami dan pastinya aman. Penggunaan buah alpukat juga berguna mencegah rambut rontok dengan membantu memperkuat setiap helai rambut anda. Oleh karena itu buah alpukat harus dipertimbangkan sebagai bahan alami untuk memanjangkan rambut anda. Apalagi buah alpukat juga diperkaya dengan vitamin E yang juga berguna meningkatkan kesehatan rambut sehingga akan membuat rambut lebih kuat.
Cara memanjangkan rambut dengan alpukat cukup mudah caranya: haluskan satu buah alpukat bersama dengan buah pisang, tambahkan sedikit minyak zaitun. Pijatkan ramuan ketiga bahan tadi di kulit kepala anda selama beberapa menit. Setelah dipijat tinggalkan seperti itu selama kurang lebih 30 menit. Langkah terakhir adalah membilas rambut anda dengan air  atau melakukan keramas seperti biasa.

8. Biji fenugrek

Diketahui bahwa biji fenugreek tidak hanya mampu mencegah kerontokan pada rambut tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Cara menggunakan biji fenugrek untuk memanjangkan rambut adalah dengan merendam biji fenugreek ke dalam air terlebih dahulu dan biarkan selama sekitar 8 atau 10 jam. Setelah sedikit lunak, giling benih fenugreek tadi dengan blender sampai menjadi pasta yang halus. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes santan kelapa di pasta ini. Setelah itu, oleskan pasta ke kulit kepala dan rambut Anda. Pijat secara perlahan kemudian biarkan selama minimal 30 menit. Akhirnya, Anda bisa mencucinya dengan air hangat atau sampo. 

9. Biji rami

Dikarenakan biji rami mengandung tinggi protein dan asam lemak omega-3, maka membuatnya menjadi salah satu ramuan yang patut dipertimbangkan untuk memanjangkan rambut anda. Untuk melakukan perawatan dengan biji rami, petama-tama anda harus merendamnya semalaman sebelum akhirnya direbus dengan air. Ambil gelnya kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya (optional). Biarkan berangsur dingin setelah itu gunakan sebagai gel rambut. 

10. Sisir rambut anda selama 1-2 menit 

menyisir dapat memanjangkan rambut
menyisir dapat memanjangkan rambut

Jika ingin mendapatkan rambut panjang, Anda juga bisa melakukannya dengan cara sederhana misalnya dengan menyisir rambut setiap hari selama 1 atau 2 menit. Cara memanjangkan rambut seperti ini memang tergolong mudah tapi hanya sebagai tips tambahan saja. Menyisir rambut menggunakan sisir khusus dapat merangsang peredaran darah di kulit kepala anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa anda melakukannya dengan dengan lembut untuk menghindari kerusakan. Menyisir rambut selama 1 atau 2 menit dua kali sehari akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala Anda. Selain itu, cara tersebut juga membantu menyebarkan minyak alami ke rambut. Sirkulasi darah yang lancar memainkan peran penting dalam membantu folikel rambut agar bekerja dengan baik dan menumbuhkan rambut baru secara alami. 

11. Merawat rambut saat tidur

Bagaimana cara memanjangkan rambut saat tidur? Tipsnya cukup sederhana tapi efektif. Saat tidur, pastikan Anda tidak mengikat rambut terlalu ketat atau membiarkannya terurai akan lebih baik. Mengikat rambut terlalu ketat terutama sat tidur dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan memperlambat pertumbuhannya. Tips kedua adalah dengan menggunakan sarung bantal sutra. Sarung bantal jenis ini tidak menyebabkan gesekan yang kuat pada rambut sehingga akan menghindari rambut rontok. 

12. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel berguna memanjangkan rambut secara alami sekaligus membantu menghilangkan semua kotoran dari rambut Anda. Hal ini juga bisa menyingkirkan residu yang ditinggalkan oleh produk perawatan rambut. Cuka sari apel bukan hanya obat penguat rambut yang efektif tapi juga membuatnya lebih berkilau alami. Menggunakan cuka sari aple secara rutin ke rambut anda akan membuatnya lebih kuat, tebal dan sehat. Anda bisa menambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam satu liter air dan menggunakan air ini saat membilas rambut. 

13. Banyak minum air putih

Salah satu cara mudah yang tidak kalah penting untuk memanjangkan rambut anda adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih. Air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh dan rambut Anda. Saat mengalami dehidrasi, tubuh dan kulit serta rambut Anda akan terpengaruh. Rambut akan menjadi lebih kusam, kering dan mudah rontok. Oleh karena itu, terbukti bahwa minum cukup air merupakan langkah penting dalam rangka memanjangkan rambut. Dianjurkan minum setidaknya 8 gelas air putih per hari. 

14. Menjaga keseimbangan nutrisi 

cara memanjangkan rambut dengan makanan sehat
cara memanjangkan rambut dengan konsumsi makanan sehat

Cara memanjangkan rambut secara alami yang tidak boleh anda abaikan adalah melakukan diet sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan seperti sayur,buah dan biji-bijian. Kita semua tahu bahwa makanan merupakan faktor penentu kesehatan kita secara umum, tidak terkecuali untuk rambut anda. Makanan kaya vitamin dan mineral dapat membantu organ dalam tubuh dapat bekerja secara optimal untuk mencegah berbagai macam masalah rambut. Makanan kaya protein juga sangat penting untuk memperkuat sekaligus membantu meningkatkan pertumbuhan rambut anda.

15. Periksakan ke dokter

Jika kesemua perawatan di atas tidak membuahkan hasil. Mungkin Anda menderita masalah medis seperti ketidakseimbangan hormonal, kelainan tiroid, penyakit kronis dan penyakit menular lainnya. Selain itu, obat-obatan tertentu seperti steroid anabolik, pil KB, antikonvulsan, antidepresan, beta-loker dan lainnya dapat menyebabkan masalah rambut seperti rambut rontok dan rambut yang menipis atau mungkin juga akan menghambat pertumbuhannya. Infeksi kulit kepala dan dermatitis Seborrheic juga dapat menyebabkan masalah rambut seperti rambut rontok dan kulit kepala yang gatal. Oleh karena itu, perlu untuk mengidentifikasi masalah mendasar sesegera mungkin agar anda bisa memanjangkan rambut dengan maksimal

16. Memijat kepala

Disebut-sebut jika melakukan pemijatan pada area kepala secara rutin dapat membantu memanjangkan rambut secara alami. Hal ini disebabkan memijat kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga akan merangsang folikel rambut Anda. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun atau minyak almond yang sedikit dipanaskan untuk digunakan memijat kepala. Caranya: Pertama, oleskan minyak zaitun atau almond di kulit kepala anda hingga merata. Setelah itu, gunakan ujung jari Anda untuk memijat kulit kepala dengan lembut dalam gerakan melingkar selama sekitar tiga atau lima menit. Jika memungkinkan, sebaiknya biarkan sekitar 15 sampai 20 menit. Setelah itu, anda bisa membilasnya dengan air.

Share On