10 Cara menebalkan rambut secara alami dan cepat

Advertisement
Cara menebalkan rambut secara alami
Cara menebalkan rambut secara alami, image from wikihow.com

Cara menebalkan rambut secara alami dan cepat dengan bahan tradisional yang mudah ditemukan di sekitar kita. Rambut yang indah menyumbang dalam penampilan fisik seseorang. Sehingga masalah yang terjadi pada rambut seperti rambut rontok, ketombe dan rambut yang tipis atau rapuh menjadi masalah yang harus segera dicarikan solusi.

Penyebab rambut yang tipis dan rapuh adalah kekurangan atau kelebihan vitamin tertentu sehingga membuat rambut menjadi kehilangan kekuatannya. Selain itu, penggunaan bahan kimia yang berlebihan pada rambut juga berperan besar dalam merusak rambut anda sehingga membuatnya tampak tipis dan rapuh.

Banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk menebalkan rambut mereka dengan membeli produk perawatan rambut yang mahal, padahal produk yang mahal tidak menjami keamanan dan tingkat keefektifannya. Tapi anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menebalkan rambut anda dengan aman dan pastinya juga cukup efektif.

1. Hindari penggunaan bahan kimia atau pewarna pada rambut

Jika anda sedang berupaya untuk menebalkan rambut anda sangat penting untuk tidak menggunakan pewarna pada rambut anda. Mewarnai rambut dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering dan mudah rontok. Selain itu, produk kimia lainnya seperti conditioner, pembersih rambut, dan produk styling akan membuat rambut kehilangan kekuatannya sehigga berujung pada kerontokan.

Cara menebalkan rambut dengan cepat
Mewarnai rambut

Untuk itu cara menebalkan rambut yang efektif adalah dengan menghindari penggunaan bahan kimia atau mewarnai rambut. Misalnya, anda bisa mengganti sampo yang sering Anda gunakan dengan sampo bebas sulfat. Sampo dengan sulfat sangat keras dan tidak baik untuk kesehatan rambut anda. Sulfat dalam sampo mungkin cukup efektif dalam menyingkirkan kotoran yang menempel di rambut Anda. Namun, pada saat yang sama, sampo dengan kandungan sulfat akan menghilangkan minyak alami di rambut Anda. Akibatnya, rambut akan mudah rusak karena tidak memiliki perlindungan dari minyak alami.

2. Menggunakan minyak zaitun

Ramuan alami dari minyak zaitun diketahui sangat baik untuk kesehatan rambut, selain berguna menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok, minyak zaitun juga akan melindungi rambut dari kerusakan sehingga anda akan mendapatkan rambut tebal alami. Menggunakan minyak zaitun sebagai bahan perawatan rambut akan membantu memperkuat dan melembutkan rambut anda. Cara menebalkan rambut secara alami dengan minyak zaitun cukup mudah, Anda hanya perlu memanaskan minyak zaitun kemudian menerapkannya pada rambut Anda. Pijat rambut dan kulit kepala dengan lembut selama sekitar 30 sampai 45 menit. Setelah selesai, Anda bisa membilas minyak zaitun dengan air hangat. Metode ini merupakan cara efektif untuk menebalkan rambut dan pastinya aman karena menggunakan bahan alami.

3. Memanfaatkan buah alpukat

Siapa sangka buah yang sangat nikmat dibuat jus ini juga bisa berguna menebalkan rambut anda, tetapi faktanya memang demikian.  Kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah kaya lemak sehat ini menjadi indikasi penting untuk menyehatkan rambut anda yang pada gilirannya akan membantu menebalkan rambut secara alami. Vitamin E dalam buah alpukat selain baik untuk kesehatan kulit juga berguna akan memperbaiki kerusakan batang rambut secara keseluruhan.

Cara menebalkan rambut secara alami dengan alpukat: pertama-atam hanucrkan satu buah alpukat berukuran sedang, di saat bersamaan anda bisa menghaluskan buah pisang untuk dijadikan campurannya. Aduk kedua bahan tadi kemudian tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan ramuan tadi ke kulit kepala dan diamkan selama sekitar 30 menit untuk membuat nutrisi dalam buah alpukat diserap dengan baik. Setelah dirasa cukup lakukan keramas untuk membersihkan rambut anda

4. Menebalkan rambut dengan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah tidak diragukan lagi, selain berguna menebalkan rambut secara alami, lidah buaya juga bermanfaat mencegah kerontokan rambut sekaligus membantu membuatnya tampak berkilau sempurna. Salah satu alasan penting adalah karena lidah buaya memiliki sifat pelembab alami yang berguna mencegah kekeringan pada rambut. Jadi, menggunakan lidah buaya secara rutin akan membantu mengembalikan keseimbangan PH alami kulit kepala Anda. Cara menggunakan lidah buaya untuk menebalkan rambut tidak sulit, pertama ambil gel lidah buaya kemudian haluskan dengan blender. Terapkan ke rambut dan kulit kepala kemudian diamkan selama 30 menit sebelum mencucinya dengan air bersih. Dianjurkan melakukan perawatan ini setidaknya sekali atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain menrapkannya secara langsung di rambut anda mengkonsumsi gel lidah buaya juga berguna menumbuhkan rambut secara alami dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

5. Menggunakan biji rami 

Jika Anda sedang mencari cara menebalkan rambut secara alami dan mudah anda bisa mencoba menggunakan biji rami. Biji rami secara alami mengandung tinggi protein dan asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya tampak lebih indah berkilau. Cara memanfaatkan biji rami untuk menebalkan rambut adalah:

Cara menebalkan rambut dengan biji rami
Cara menebalkan rambut dengan biji rami

Pertama, memasukkan seperempat cangkir biji rami ke dalam airdan biarkan semalaman. Keesokan paginya, tuangkan biji rami yang basah ini ke dalam dua gelas air. Rebus di atas api sampai mendidih dan berbusa. Setelah itu, matikan api kemudian saring gel biji rami. Untuk hasil yang lebih baik tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Terapkan gel biji rami tadi ke rambut anda hingga merata kemudian diamkan selama 15-20 menit.  Langkah terakhir bilas rambut anda dengan air. Selain cara di atas anda juga bisa menebalkan rambut degan minyak biji rami. Caranya hampir sama dengan penggunaan minyak zaitun.

6. Menebalkan rambut dengan minyak kelapa

Jika anda memiliki rambut kering dan mudah patah bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengatasinya. Minyak kelapa secara alami membantu menebalkan rambut dengan efektif dan cepat. Alasannya mungkin karena minyak kelapa memiliki sumber vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak kepala bermanfaat menebalkan rambut sekaligus membantu mempercepat pertumbuhannya. Oleh karena itu minyak kepala juga cukup efektif untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Cara terbaik menggunakan minyak kepala untuk menebalkan rambut anda memanaskannya terlebih dahulu baru setelah itu menerapkan ke rambut anda hingga merata. Pijatkan minyak kelapa di rambut dengan lembut agar memudahkan nutrisi dalam minyak kelapa untuk masuk ke dalam setiap helai rambut anda. Agar perawatan ini lebih efektif, gunakan penutup kepala sembari membiarkannya selama 15 menit.

7. Melakukan perawatan dengan Oatmeal

Oatmeal ternyata bukan hanya dijadikan sebagai menu sarapan sehat saja melainkan juga untuk menebalkan rambut secara alami. Jika anda tertarik menggunakan oatmeal sebagai bahan untuk menebalkan rambut berikut langkah-langkahnya: Pertama, rendam oatmeal di dalam air berisih setelah itu saring setelah 30 menit. Tambahkan setidaknya 5 tetes minyak lavender atau 5 tetes minyak rosemary (optional) dalam oatmeal tadi. Terapkan secara merata ke rambut dan kulit kepala anda sambil sedikit memijatnya. Diamkan selama kurang lebih 20 menit setelah itu bilas seperti saat anda keramas. Penggunaan oatmeal selain efektif dalam menebalkan rambut juga berguna menghilangkan ketombe di kulit kepala. Selengkapnya bisa anda baca cara menghilangkan ketombe dengan cepat, dimana salah satu bahannya adalah oatmeal.

8. Menggunakan gelatin

Gelatin diketahui merupakan salah satu ramuan yang bisa anda manfaatkan untuk menebalkan rambut secara alami. Gelatin bermanfaat mengatasi kerapuhan pada rambut yang mengarah ke rambut rontok. Sehingga menggunakan gelatin dapat membuat rambut menjadi lebih tebal dan berkilau. Gelatin bisa anda dapatkan di toko bahan makanan. Anda dapat membelinya dan menggunakannya ke rambut untuk membuatnya lebih tebal alami. Cara menebalkan rambut dengan gelatin: Ambil sampo di tangan Anda kemudian tambahkan dua sendok teh gelatin dan campurkan dengan baik. Oleskan campuran kedua bahan tadi pada rambut Anda. Biarkan selama sedikitnya 5 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Anda tidak perlu menggunakan kondisioner sesudahnya. Metode ini harus diulang beberapa kali agar hasilnya bisa terlihat.

9. Menebalkan rambut dengan mayones

Rambut kering merupakan faktor utama penyebab rambut rapuh dan mudah rontok, sehingga untuk menebalkan rambut secara alami sekaligus mencegahnya dari kerontokan sangat penting menjaganya tetap lembab. Namun, tidak banyak orang yang tahu cara memberi kelembaban alami pada rambut. Melembabkan rambut tidak berarti Anda harus sering keramas setiap hari. Justru keramas setiap hari akan membuat rambut menjadi lebih kering karena akan meghilangkan minyak alami yang melindungi rambut Anda.

Cara menebalkan rambut dengan mayones
mayones untuk menebalkan rambut

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk melembabkan rambut anda adalah menggunakan perawatan dengan mayones.  Bahan ini dipercaya mampu menumbuhkan rambut secara alami dan aman. Alhasil, anda akan bisa menebalkan rambut sekaligus membuatnya tampak lembab secara alami. Mayones kaya akan kandungan protein yang berguna memperkuat folikel rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan. Cara menggunakan mayones untuk menebalkan rambut: Oleskan mayones secukupnya (tergantu panjang rambut anda) Secara merata. Setelah dioleskan, Anda harus memijatnya secara perlahan untuk memastikan rambut dapat menyerap nutrisi dan manfaat dari mayones secara efektif. Biarkan selama sedikitnya 20 menit sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.

10. Cukupi kebutuhan vitamin

Cara menebalkan rambut secara alami yang terakhir adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin harian anda dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya jika kekurangan vitamin atau terlalu banyak vitamin adalah pemicu rambut rontok dan rambut yang menipis. Untuk itu, mendapatkan asupan vitamin yang cukup sangat penting dalam menebalkan rambut anda. Secara umum kelebihan vitamin sangat jarang terjadi, kecuali jika anda mengambil suplemen dan tidak tahu batas kebutuhan vitamin harian anda. Untuk itu alternatif paling aman adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin dari buah dan sayur.

Kebutuhan vitamin yang tercukupi dengan baik akan membantu tubuh melawan radikal bebas. Radikal bebas yang terakumulasi di tubuh dalam waktu lama dapat merusak folikel rambut. Akibatnya, rambut Anda akan menjadi lemah dan rapuh. Apalagi radikal bebas akan menghambat proses pertumbuhan rambut baru sehingga memperbesar risiko kebotakan. Oleh karena itu, inilah salah satu alasan mengapa kita membutuhkan vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Vitamin ini akan membantu Anda melawan radikal bebas dan melindungi folikel rambut dari kerusakan.

Vitamin A memainkan peran penting dalam menstimulasi kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum. Sebum adalah cairan yang dibutuhkan yang akan membantu Anda melumasi kulit kepala Anda. Karena itu, vitamin A akan memberi kelembaban alami pada kulit kepala untuk mencegah rambut rontok yang diakibatkan kekeringan pada kulit kepala.

Sedangkan vitamin C bukan hanya berperan sebagai antioksidan tapi juga menstimulasi kekebalan tubuh. Terus apa hubungannya dengan menebalkan rambut? Jawabannya adalah memenuhi kebutuhan vitamin C akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehinga dapat meningkatkan penyerapan mineral dan vitamin penting untuk pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen. Dimana hal ini sangat penting untuk memebuat rambut lebih kuat yang pada gilirannya akan menebalkan rambut secara alami

Selain vitamin A dan C peran vitamin E dalam menebalkan rambut anda juga tidak kalah penting. Diketahui bahwa vitamin E mampu mendorong pertumbuhan kapiler darah ke kulit kepala Anda dan melembabkan rambut secara alami. Hal ini tentunya berdampak pada kekuatan dan ketebalan rambut. Apalagi vitamin E juga berperan dalam membantu mencegah kerontokan rambut dengan cara melembabkan kulit kepala secara alami. Vitamin E ditemukan pada brokoli, kacang almond, sayuran berdaun gelap, alpukat, kuning telur, ikan dan tahu.

Share On