13 Top masker alami untuk menghilangkan jerawat di wajah

Masker alami untuk menghilangkan jerawat di wajah yang mudah dibuat dengan bahan di sekitar kita. Meskipun sering dialami oleh setiap orang, namun masalah jerawat tentunya merupakan masalah besar untuk kebanyakan orang. Khususnya para wanita yang selalu mengutamakan penampilan. Tak sedikit orang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengobati jerawat. Meskipun sebenarnya pengobatan di salon atau dokter kecantikan tidak menjamin jerawat Anda hilang, atau bahkan bisa saja tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Sehingga justru bisa mengakibatkan timbulnya iritasi di kulit wajah.
masker alami untuk menghilangkan jerawat
image from naturalbeautytips.co

Masker Alami Untuk Wajah Berjerawat

Sebagai solusi paling tepat, tak ada salahnya jika Anda mulai mencoba melirik pengobatan alami dengan memanfaatkan masker alami untuk jerawat. Adapun beberapa pilihan masker alami untuk mengobati wajah berjerawat yang bisa Anda buat di rumah adalah sebagai berikut :

1. Masker Nanas

Nanas adalah sejenis buah yang mengandung banyak vitamin serta mineral. Selain itu, nanas juga mempunyai kandungan enzim bromelain. Dimana enzim ini diyakini dapat melakukan regenerasi kulit dan bisa menghilangkan atau mengangkat sel-sel kulit yang mati sebagai faktor pemicu penyumbat pori-pori pada kulit wajah Anda. Adapun cara pembuatan masker nanas ini yaitu cukup memanfaatkan beberapa potong buah nanas lalu diblender dan dicampurkan dengan tepung sebanyak 2-3 sdm tepung supaya lebih kental. Selanjutnya, Anda dapat mengaplikasikan masker ini di wajah Anda secara merata, kemudian biarkan hingga 10-15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Anda dapat memakai masker alami ini saat wajah terlihat kusam dan berjerawat.

2. Masker Wortel

Wortel merupakan sejenis sayuran dengan kandungan vitamin A tinggi di dalamnya. Dimana wortel ini tak hanya baik bagi kesehatan mata saja, tetapi juga baik bagi kesehatan kulit. Pemakaian masker wortel ini berguna untuk mengobati peradangan akibat jerawat sekaligus untuk menghilangkan jerawat di wajah. Adapun untuk membuat masker alami untuk wajah berjerawat menggunakan wortel ini cukup dengan memanfaatkan 2-3 buah wortel lalu tambah 3-4 sdt madu. Selanjutnya rebus wortel sampai matang lalu angkat kemudian biarkan terlebih dulu sampai dingin. Di samping itu, Anda dapat menghancurkannya memakai garpu atau sendok sampai halus. Selanjutnya tuangkan secara perlahan madu sembari diaduk supaya tercampur hingga berbentuk pasta. Sesudah itu, oleskan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah berjerawat dan diamkan hingga 15-20 menit.

3. Masker Strawberry

Masker alami untuk menghilangkan jerawat berikutnya adalah masker strawberry. Masker ini dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya, yakni lemon, yoghurt dan madu. Semua bahan tersebut berkhasiat untuk mengatasi jerawat dengan ampuh. Tak hanya memiliki kandungan antioksidan, buah strawberry juga memiliki kandungan salicylic acid sebagai bahan utama untuk menghilangkan jerawat. Caranya blender terlebih dulu strawberry sampai halus, lalu simpan dalam wadah, kemudian campur madu, yoghurt dan lemon lalu aduk sampai merata. Aplikasikan masker ini menggunakan kuas masker secara merata setelah wajah dibersihkan sebelumnya, biarkan hingga 10-15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

4. Masker Jagung Muda

Umumnya jagung muda dimanfaatkan sebagai sayuran yang bisa diolah dengan cara disayur bening ataupun dibuat tumisan. Di samping itu, ternyata jagung muda memiliki khasiat lainnya di dunia kecantikan. Adapun salah satunya yaitu sebagai masker alami untuk jerawat. Masker dari jagung muda ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, seperti kulit berminyak dan kulit kering. Cara membuat masker jagung muda ini yaitu cuci bersih terlebih dulu jagung muda yang Anda siapkan secukupnya lalu parut sampai halus. Kemudian campurkan dengan madu sampai tercampur merata. Anda bisa mengaplikasikan masker jagung muda tersebut ke seluruh permukaan wajah yang telah dibersihkan, lalu diamkan hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin maksimal dua kali dalam sehari sampai jerawat berkurang.

5. Masker Jahe

Jahe sebagai salah satu jenis rempah-rempah, juga ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk kecantikan sendiri, salah satunya yaitu dapat mengatasi jerawat dengan ampuh di kulit wajah. Pengobatan dari dalam untuk mengatasi jerawat ini, cukup mengonsumsi minuman wedang jahe saja. Tapi lebih terasa lagi khasiatnya bila Anda memanfaatkan masker jahe untuk penghilang jerawat. Caranya yaitu persiapkan 1 rimpang jahe, lalu cuci bersih dan kupas kulitnya. Kemudian parut jahe sampai halus dan sisihkan. Sebellumnya bersihkan wajah terlebih dulu lalu basuh menggunakan air hangat. Lalu tempelkan masker jahe di area kulit wajah yang berjerawat. Selanjutnya biarkan hingga 15 menit.

6. Masker tomat
masker alami untuk jerawat dari tomat
masker alami untuk jerawat dari tomat

Secara umum tomat adalah salah satu bahan untuk memasak, dimana biasanya tomat digunakan sebagai sayur atau sambal. Sebagai bahan alami tomat diketahui cukup efektif untuk menghilangkan jerawat di wajah karena mengandung tinggi nutrisi seperti antioksidan dan vitamin. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat cukup mudah, pertama haluskan buah tomat hingga berbentuk pasta. Terapkan ke kulit wajah anda hingga merata kemudian diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Masker baking soda

Meskipun bukan 100% persen bahan alami baking soda bisa dikatakan cukup efektif dan aman digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Meskipun demikian anda tetap harus waspada dalam menggunakan baking soda karena jika digunakan secara berlebihan baking soda dikhawatirkan dapat berdampak kurang baik untuk kulit wajah anda. Selain itu anda perlu melakukan tes reaksi terlebih dahulu dengan menerapkan baking soda ke tangan anda. Jika tidak ada masalah anda bisa melanjutkannya untuk mengobati jerawat.

8. Masker minyak zaitun
masker alami untuk jerawat dari minyak zaitun
masker alami untuk jerawat dari minyak zaitun

Saya rasa anda sudah tidak asing lagi dengan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah, selain dapat mengencangkan dan melembutkan kulit minyak zaitun juga bisa membantu menghilangkan jerawat. Minyak zaitun juga terbukti aman sehingga anda tidak perlu khawatir soal efek samping yang ditimbulkannya.

9. Masker madu

Madu merupakan minuman manis yang mengandung tinggi nutrisi diantaranya vitamin dan mineral. Madu juga memiliki sifat antibakteri sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan perawatan wajah berjerawat. Tapi ingat anda harus memastikan keaslian madu yang anda gunakan sebagai masker penghilang jerawat karena jika madu tersebut palsu bisa jadi anda tidak akan merasakan manfaat apapun. Belum lagi madu sintetis berpotensi membahayakan kesehatan kulit wajah anda.

10. Masker lidah buaya
masker alami untuk jerawat dari lidah buaya
masker alami untuk jerawat dari lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mirip dengan kaktus dengan duri dibeberapa bagain daunnya. Tanaman ini kalau dibelah terdapat gel di dalamnya dimana gel inilah yang bisa anda manfaatkan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat di wajah. Lidah buaya bisa menjadi pilihan yang sangat menarik karena selain aman juga memberikan banyak manfaat lain untuk kecantikan kulit anda, termasuk melembabkan kulit wajah secara alami.

11. Masker kentang

Salah satu jenis umbi-umbian ini ternyata bisa juga lo dimanfaatkan sebagai bahan alami penghilang jerawat. Pasalnya di dalam kentang terdapat kandungan sulfur yang bisa membantu anda menghilangkan jerawat di wajah secara alami. Selain itu, kentang juga dapat meratakan warna kulit wajah yang terjadi akibat sengatan sinar matahari atau masalah kulit lainnya.

12. Masker mentega kakao

Mentega kakao atau bisa juga disebut bubur kakao adalah lemak yang berasal dari biji kakao, bahan ini selain enak dimakan juga bisa dijadikan bahan penghilang jerawat karena memiliki sifat sebagai pelembab. Mentega kakao tidak hanya bisa memudarkan luka bekas jerawat tetapi juga membuat kulit tetap terhidrasi karena kandungan nutrisinya mudah diserap ke kulit Anda.

13. Masker putih telur

Jika anda sedang mencari masker alami untuk jerawat di wajah yang murah dan cukup efektif anda bisa memanfaatkan putih telur. Bahan yang satu ini memang sangat mudah didapatkan dan harganya juga cukup murah. Cara penggunaanya juga tidak sulit karena anda hanya perlu menerapkan putih telur yang sudah dikocok ke wajah anda yang terdapat jerawat. Diamkan hingga mengering lalu anda bisa membersihkannya.

Menggunakan bahan-bahan alami tentu merupakan pilihan paling cerdas untuk mengatasi jerawat di wajah. Selain itu, cara yang dilakukan untuk membuat masker alami untuk wajah berjerawat di atas sangat mudah. Hanya saja Anda harus melakukan cara ini dengan rutin setiap hari sampai jerawat di wajah benar-benar hilang.

Share On