Mengagumkan 10 Manfaat kulit pisang untuk wajah dan kecantikan kulit

Advertisement
Manfaat kulit pisang untuk wajah dan kecantikan kulit lainnya sangat banyak sekali meskipun jarang sekali orang yang memperhatikannya. Walaupun kebanyakan orang menganggap jika kulit pisang hanyalah sebuah sampah, nyatanya manfaat kulit pisang untuk wajah dan kecantikan kulit sangatlah banyak. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi mereka yang ingin melakukan perawatan wajah yang murah dan pastinya aman.
Manfaat kulit pisang untuk wajah
Manfaat kulit pisang untuk wajah image by pixabay.com

Selain kulitnya memang sudah sejak lama pisang itu sendiri digunakan untuk bawan perawatan kecantikan seperti menutrisi kulit dan mencegahnya dari penuaan. Bahkan masker dari pisang dipercaya dapat menghaluskan kulit wajah. Berbekal dari manfaat pisang untuk wajah ini banyak orang mencoba menggunakan kulit pisang sebagai alternatif perawatan kecantikan. Tentu hal ini juga didukung denga banyaknya penelitian yang berhasil mengungkap manfaat kulit pisang untuk kecantikan kulit wajah. Apa saja manfaat kulit pisang untuk wajah tersebut? mari simak ulasannya berikut ini:

1. Pelembab alami kulit wajah

Semua jenis kulit membutuhkan produk pelembab bahkan bagi Anda yang punya kulit berminyak cenderung berjerawat. Kulit pisang mengandung potassium dalam jumlah tinggi yang bisa memberikan hidrasi pada kulit yang kehilangan kesegarannya karena paparan radikal bebas yang makin mengancam.  Menggunakan kulit pisang sebagai masker untuk wajah bisa membuat wajah Anda terlihat lebih lembut dan lebih kenyal. Tidak perlu menggunakan pelembab dengan harga yang luar biasa menguras kantong untuk mendapatkan kulit yang selalu lembut, hanya dengan masker kulit pisang yang digunakan rutin saja sudah cukup.

2. Mengontrol minyak pada kulit wajah

Anda punya kulit yang berminyak dan membuat kulit selalu terlihat mengkilap? Jangan gunakan produk yang mengandung alkohol, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang untuk mengontrol kadar minyak yang berlebih. Kulit pisang adalah agen eksfoliasi yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit Anda, menjadikan kulit terlihat lebih bersih, lebih lembab, dan kulit tidak lagi harus bekerja keras dalam memproduksi minyak untuk melembabkan wajah. Kulit pisang juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang sangat baik untuk membuat wajah terlihat lebih cerah, lebih berenergi, dan menghilangkan kekusaman akibat kurangnya nutrisi.

3. Menutrisi kulit secara mendalam

Kulit pisang kaya akan vitamin A yang mengembalikan kelembaban kulit yang hilang akibat membersihkan wajah dengan produk pembersih yang sifatnya mengeringkan misalnya, atau karena terlalu lama duduk di ruangan ber-AC yang membuat kulit jadi kering, atau karena cuaca yang sedang dingin terutama saat  musim dingin yang juga membuat kulit cenderung kering. Mendapatkan manfaat kulit pisang untuk wajah bisa dilakukan dengan cara dijadikan masker dengan campuran madu, dicampur dengan air perasan jeruk lemon, atau diaplikasikan langsung ke wajah dengan cara menggosok bagian dalam kulit ke permukaan wajah.

4. Mencerahkan kulit wajah

Kulit kusam bisa terjadi pada tipe kulit apa saja bahkan yang punya kulit putih sekalipun pasti ada masa-masanya Anda merasa kulit tampak seperti mati dan tidak punya energi. Kembalikan cahaya yang ada di wajah Anda dengan menggunakan kulit pisang yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C punya peran yang sangat berpengaruh untuk kondisi kulit Anda. Peran vitamin C pada kulit antara lain adalah mengembalikan kondisi sel-sel kulit yang rusak akibat radikal bebas, mencegah terjadinya proses pigmentasi yang membuat kulit jadi menggelap,  dan membuat kulit menjadi lebih cerah seketika. Gunakan kulit pisang sebagai masker untuk mendapatkan kulit yang cerah secara instan!

5. Anti aging  

Apa solusinya untuk mendapatkan kulit yang tetap muda jadi orang bisa menebak usia Anda lebih muda dari usia sebenarnya? Salah satu rahasianya ada di meja makan Anda sendiri, yaitu pisang. Ya, pisang adalah buah yang ada di sekitar Anda yang tidak hanya lezat dimakan dan dijadikan berbagai macam olahan, namun ia juga punya manfaat yang besar untuk kulit. Tidak hanya buahnya, namun ternyata kulitnya juga punya manfaat yang besar lho.

Kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi pada kulit pisang membantu untuk menyamarkan noda-noda hitam pada wajah, mencegah terbentuknya garis-garis halus yang bisa berujung menjadi keriput apabila tidak segera diatasi dengan perawatan yang rutin. Karena kehebatannya dalam memerangi penuaan, kulit pisang bahkan mendapatkan julukan sebagai botox natural lho. Anda bisa menggabungkannya dengan bahan alami lainnya yang bisa membantu untuk memperlambat proses penuaan misalnya yogurt, dan juga jus jeruk.

6. Mengatasi  memar pada kulit

Memar atau luka goresan pada kulit dapat mengganggu penampilan sehingga banyak orang yang mencoba mengatasinya. Tapi siapa sangka jika kulit pisang ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Kulit pisang secara alami mengandung antioksidan dan juga mineral penting yang berguna meregenerasi kulit sehingga akan sangat membantu menyembuhkan luka memar. Anda hanya perlu menggosokkan pada area yang memar atau terkena luka ringan.

7. Perlindungan dari sinar matahari

Kita semua tahu jika paparan sinar matahari berlebih dapat berefek buruk pada kulit wajah. Sinar UV bisa membuat munculnya flek hitam dan kering pada kulit, untuk itu anda membutuhkan tabr surya yang bisa melindungi kulit wajah anda dari sengatan sinar UV tersebut, dan salah satu bahan yang bisa anda manfaatkan adalah kulit pisang. Selain melindungi wajah, kulit pisang juga berguna melindungi mata dari sinar matahari. Jadi semakin lengkap rasanya manfaat kulit pisang untuk wajah dan kesehatan anda secara keseluruhan.

8. Membantu menghilangkan jerawat di wajah

Jika anda sedang mencari cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami maka anda bisa memanfaatkan kulit pisang. Selain aman pastinya juga sangat murah bahkan mungkin anda tidak perlu biaya. Cara menggunakan kulit pisang untuk mengobati jerawat cukup menggosokkan kulit pisang secara lembut pada area wajah yang terdapat jerawat. Menggunakan cara tersebut secara rutin bukan hanya membantu anda mengatasi masalah jerawat tetapi juga akan mencegah jerawat muncul kembali.

9. Mengobati gigitan serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk meskipun tidak berbahaya tetapi cukup mengganggu karena rasa gatal dan sedikit perih.  Dari pada menggaruknya dengan tangan yang itu dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi anda bisa menggunakan kulit pisang untuk mengatasinya.

10. Menghaluskan kulit wajah secara alami

Anda ingin tahu cara menghaluskan kulit wajah yang mudah dan praktis? Gunakanlah kulit pisang. Yup,,dibandingkan harus membeli perawatan kecantikan yang mahal anda bisa memanfaatkan sampah ini untuk mendapatkan kulit halus secara alami. Ya saya katakan sampah karena kulit pisang biasanya hanya dibuang dan jarang dimanfaatkan. Selain digosokkan secara langsung kulit pisang juga bisa ditempelkan ke kulit wajah untuk mendapatkan manfaat yang tidak jauh berbeda.

Jadikan perawatan kulit pisang bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda untuk hasil kulit yang lebih kinclong, lebih awet muda, dan lebih sehat. Sekian untuk pembahasan kali ini tentang manfaat kulit pisang untuk wajah.

Share On