10 Cara menghilangkan ketombe dengan cepat secara alami

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat secara alami di kulit kepala anda. Apakah Anda sedang menderita masalah ketombe sehingga membuat anda merasa tidak nyaman saat keluar? Apakah Anda ingin menyingkirkan ketombe Anda dengan cepat dan alami dalam beberapa hari atau minggu? Jika Anda sedangn mencari solusi terbaik untuk menghilangkan ketombe dan masalah kulit kepala gatal anda bisa membaca ulasannya pada artikel berikut ini. Ada sekitar 10 Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala anda dengan cepat dan pastinya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat.
Cara menghilangkan ketombe dengan cepat
Cara menghilangkan ketombe dengan cepat
Penyebab ketombe di kulit kepala

Kulit kepala yang kotor

Kulit kepala yang kotor dan sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala menjadi penyebab umum ketombe. Hal ini bisa menyebabkan ketombe dengan dua cara. Kulit kepala yang kotor juga dapat menarik banyak mikroba. Hal ini dapat menyebabkan ketombe akibat pembentukan ragi dan pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Psoriasis 

Psoriasis merupakan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan maslaah seperti ketombe dan rasa gatal yang ditandai pengelupasan pada kulit kepala. Psoriasis itu sendiri terjadi saat sistem kekebalan tubuh memicu terlalu banyak sel kulit untuk tumbuh di berbagai bagian tubuh termasuk di kulit kepala anda. Orang yang menderita psoriasis lebih mungkin terkena ketombe, tapi secara umum psoriasis bukan ketombe.

Dermatitis seboroik (atau seborrhea) 

Dermatitis seboroik atau atau disebut juga seborrhea dapay menyebabkan kemerahan, rasa gatal, dan pengelupasan. Biasanya masalah ini bisa menimpa beberapa bagian tubuh. Jika kulit kepala yang mengalami masalah ini maka ia disebut ketombe. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami atau shampo khusus.

Eksim 

Eksim juga bisa menimbulkan masalah lain seperti ketombe. Penyakit ini dpat menyebabkan rasa gatal dan serpihan di kulit kepala. Secara umum eksmin sering dialami oleh bayi dan anak-anak, tapi tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Penyebabnya tidak diketahui.

Penyakit tertentu, seperti Parkinson dan HIV

Orang yang mengalami penyakit seperti Parkinson dan HIV memiliki kemungkinan mengalami ketombe jauh lebih tinggi, kata Heather Onoday, RN seorang praktisi perawat yang mengkhususkan diri pada bidang dermatologi di Oregon Health and Science University di Portland, Oregon.

Cara menghilangkan ketombe secara alami

1. Minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun
Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun

Ketombe atau kulit kepala yang mengelupas bisa dengan mudah dihilangkan dengan memanfaatkan minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun akan membantu memperbaiki kondisi kulit kepala yang mengelupas sekaligus mengatasi ketombe. Minyak zaitun juga dikenal sebagai pelembab alami yang berguna untuk orang-orang yang mengalami masalah pada kulit kepala kering. Cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan minyak zaitun:

  • Langkah pertama panaskan minyak zaitun extra virgin sampai sedikit hangat.
  • Pijatkan minyak zaitun yang bersuhu hangat ke ke kulit kepala Anda
  • Bungkus rambut anda dengan handuk dan biarkan sekitar 30 menit.
  • Setelah selesai, keramas seperti biasa
  • Lakukan cara ini selama sekitar 2 sampai 3 kali per minggu.

2. Minyak pohon teh 

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak pohon teh
minyak pohon teh untuk ketombe

Sifat antijamur yang kuat dari minyak pohon teh menjadikan minyak ini sebagai bahan alami yang luar biasa untuk mengatasi masalah kulit kepala termasuk ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan minyak pohon teh adalah:

  • Cukup menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam sampo biasa Anda sebelum menggunakannya. Atau, Anda juga bisa menambahkan 1 tetes minyak pohon teh per 1 ons ke sampo yang biasa anda pakai.
  • Kemudian gunakan sampo tersebut untuk keramas seperti biasa
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mencampurkan minyak pohon teh dengan 1 sdm minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Kemudian terapkan campuran tadi ke rambut dan kulit kepala Anda
  • Biarkan sambil bersantai selama sekitar 40 menit sampai 1 jam.
  • Setelah itu bilas rambut anda dengan air bersih.

3. Minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe dengan kelapa
Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa

Bahan alami lainnya yag tidak kalah efektif digunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala adalah minyak kelapa. Minyak ini bisa berkhasiat menghilangkan ketombe berkat sifat antijamur yang dimilikinya. Selain itu, minyak kelapa juga mampu melembabkan kulit kepala sekaligus mengatasi rasa gatal yang diakibatkan oleh ketombe. Berikut cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe:

  • Ambil beberapa tetes minyak kelapa murni
  • Campur dengan sedikit jus lemon.
  • Kemudian gosokkan campuran kedua bahan tadi ke kulit kepala Anda
  • Lakukan pemijatan selama sekitar 15 sampai 20 menit.
  • Kemudian cuci rambut anda sampai bersih
  • Lakukan secara rutin setidaknya dua kali seminggu agar hasilnya cepat terlihat

4. Baking soda

Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda
Baking soda untuk mengatasi ketombe

Baking soda dikenal sebagai exfoliant ringan yang bisa membantu mengeluarkan sel kulit mati dan menyerap kelebihan minyak di kulit kepala. Selain itu, baking soda juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH di kulit kepala Anda serta mengurangi perkembangan jamur yang menjadi penyebab umum ketombe.

Karena kemampuannya tersebut membuat baking soda sangat efektif dalam meringankan gatal di kulit kepala. Baking soda sangat baik digunakan bagi anda yang mengalami masalah dengan kulit kepala sensitif. Menggunakan sampo berbahan kimia selain dapat menghilangkan ketombe tetapi juga dapat menyebabkan iritasi di kulit kepla, sedangkan menggunakan baking soda selain efektif juga lebih aman karena tidak menyebabkan iritasi. Cara mengatasi ketombe dengan baking soda:

  • Campur 2 sendok makan baking soda dengan air secukupnya. 
  • Aduk sampai merata untuk dijadikan sebuah pasta.
  • Basahi rambut anda dengan air terlebih dahulu sebelum menerapkan baking soda
  • Oleskan pasta dari baking soda tadi ke kulit kepala dan rambut untuk menghilangkan ketombe. 
  • Pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. 
  • Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Jika Anda ingin hasil yang lebih memuaskan, lakukan perawatan tadi tiga kali seminggu selama beberapa minggu. Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa memanfaatkan baking soda sebagai sampo kering. Caranya Anda hanya perlu menaburkan sedikit baking soda di rambut Anda tanpa menambahkan air. Pijat rambut dan kulit kepala Anda selama beberapa menit sebelum membilasnya.

5. Cuka sari apel
Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel
Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel

Cuka sari apel adalah salah satu ramuan yang sangat mengesankan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit kepala. Selain berguna mengatasi ketombe, cuka sari apel juga berguna mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Selain itu, cuka sari apel juga dapat membuat kulit kepala dan rambut Anda tampak lebih berkilau dan sehat. Menggunakan cuka sari apel sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan membunuh jamur yang menyebabkan ketombe dan gatal pada kulit kepala.

Tidak berhenti sampai di situ, cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini membuatnya memiliki kemampuan yang bagus untuk menyeimbangkan tingkat PH kulit kepala Anda.  Cuka sari apel dapat bertindak sebagai alkalin alami dengan banyak nutrisi penting di dalamnya seperti vitamin C, B1, A, B6, besi, dan kalium serta asam alfa hidroksil yang efektif dalam merawat kulit kepala gatal akibat ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cuka sari apel:

  • Campur cuka sari apel dengan air secukupnya dengan perbandingan 1: 1, tergantung dari panjang rambut Anda. 
  • Sebelum menggunakan perawatan ini, sebaiknya bilas rambut Anda dengan air hangat dulu dan biarkan mengering. 
  • Setelah itu, Anda bisa menggunakan bola kapas atau botol semprot untuk menerapkan larutan cuka sari apel yang diencerkan ini ke kulit kepala yang mengalami masalah ketombe. 
  • Lakukan pijatan ringan di kulit kepala selama beberapa menit untuk memastikan bahwa larutan cuka sari apel tadi bisa menyebar ke seluruh kulit kepala Anda dengan baik. 
  • Tutupi rambut Anda dengan handuk atau shower cap dan biarkan larutan ini di kulit kepala Anda sekitar 15 - 20 menit. Setelah itu, Anda bisa membilas rambut dengan sampo seperti biasa. 
  • Dianjurkan melakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

6. Lidah buaya
Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya
lidah buaya untuk menyingkirkan ketombe

Manfaat liidah buaya untuk rambut sudah begitu terkenal sehingga anda tidak perlu lagi meragukannya. Selain membuat rambut tampak hitam dan bercahaya lidah buaya juga membantu menghilangkan ketombe yang menjadi masalah utama rambut anda. Lidah buaya telah diketahui mengandung pelembab alami yang bisa membantu meringankan rasa gatal dan kekeringan yang berlebihan pada kulit kepala yang berketombe. Hal ini selain dapat mengatasi ketombe juga membantu mencegahnya muncul kembali. Sensasi dingin yang diberikan lidah buaya juga akan meredakan keinginan Anda untuk menggaruk kulit kepala Anda.

Keefektifan lidah buaya dalam mengatasi masalah ketombe juga telah dibuktikan dengan banyaknya penelitian. Bila Anda ingin menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Keluarkan gel lidah buaya dengan cara membelahnya, atau jika anda tidak ingin repot anda bisa membelinya di toko yang menyediakan gel lidah buaya. 
  • Oleskan gel ini ke kulit kepala dan rambut Anda. 
  • Gosokkan di kepala dan rambut Anda untuk memastikan bahwa gel lidah buaya sudah menutupi semua area yang terkena ketombe. 
  • Sebaiknay diamkan selama sekitar 20 menit setelah menerapkan lidah buaya tadi.
  • Setelah selesai, Anda bisa membilasnya atau melakukan keramas seperti biasa

7. Buah pisang

Cara menghilangkan ketombe dengan pisang
Cara mengatasi ketombe dengan pisang

Tampaknya sedikit mengejutkan jika buah pisang mampu mengatasi masalah ketombe di kulit kepala anda, tetapi kenyataannya memang seperti itu. Selain murah, menghilangkan ketombe dengan pisang juga aman dan tentnuya tidak kalah efektif dibandingkan ke 6 bahan di atas. Alasan utama kenapa pisang sangat baik untuk keulit kepala yang berketombe adalah karena sifat pelembab dan kandungan nutrisi dalm buah pisang cuck efektif dalam mengurangi ketombe dan dan peradang di kulit kepala. Penggunaan masker pisang secara teratur akan memperbaiki kadar kelembaban rambut Anda, sekaligus menghaluskan dan meringankan rasa gatal. Cara memanfaatkan pisang untuk mengobati ketombe:

  • Hancurkan dua buah pisang dengan menggunakan blender. Setelah itu, campurkan pasta pisang dengan buah alpukat matang.
  • Oleskan campuran kedua bahan ini ke kulit kepala dan rambut Anda hingga merata. Tunggu sekitar 20 - 30 menit sebelum anda membilasnya dengan air hangat, langkah ini bertujuan untuk membuat nutrisi dala buah pisang memperbaiki kulit kepala yang mengalami masalah ketombe. 
  • Untuk memastikan tidak ada sisa buah pisang di kulit kepala anda lakukan keramas menggunakan sampo

8. Minyak biji wijen

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak biji wijen
minyak biji wijen untuk ketombe

Minyak biji wijen adalah salah satu bahan alami yang cukup efektif untuk menghilangkan ketombe karena memiliki sifat penyembuhan. Untuk menggunakannya sebagai obat ketombe anda harus menghangatkan beberapa minyak wijen terlebih dahulu sebelum diterapkan ke kulit kepala. Setelah itu terapkan ke kulit kepala sambil sedikit memijatkannya selama 10 menit. Biarkan setidaknya selama satu jam agar nutrisi dalam minyak biji wijen bisa diserap sempurna oleh kulit kepala yang terdapat ketombe. Selain berguna untuk mengatas ketombe minyak ini juga bekerja sebagai pelembab alami yang mencegah kekeringan di kulit kepala anda.

9. Oatmeal
Cara menghilangkan ketombe dengan oatmeal
Cara menghilangkan ketombe dengan oatemal

Selain berguna menghilangkan komedo di hidung secara alami oatmel juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam menggatasi ketombe di kulit kepala anda. Karena memiliki sifat yang menenangkan, oatmeal dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala Anda akibat ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan oatmeal:

  • Pertama, rendam oatmeal di air kemudian menyaringnya setelah 20 menit.
  • Tambahkan 5 tetes minyak lavender dan 5 tetes minyak rosemary dalam campuran ini. 
  • Anda harus menerapkan campuran bahan tadi pada kulit kepala Anda dan membilasnya setelah menunggu selama 20 atau 30 menit.
Sebagai tambahan, Anda dapat membuat perawatan kulit kepala yang berketombe dengan mencampur 2 cangkir air, ½ cangkir oatmeal, 2 kantong teh hijau, 10 tetes minyak lavender, 10 tetes minyak rosemary, 10 tetes minyak peppermint dan kain katun tipis.
  • Pertama, rebus air terlebih dahulu sampai mendidih, saat mendidih, matikan api lalu tambahkan kantong teh hijau. 
  • Biarkan curam campuran ini selama beberapa menit  kemudian singkirkan kantong tehnya. 
  • Setelah itu, aduk campuran ini bersama oatmeal. Dan tunggu selama 20 menit. 
  • Aduk kesemua bahan tadi hingga benar-benar menyatu dengan baik. 
  • Saring cairan dengan bantuan kain katun tipis. Jika Anda tidak memiliki kain katun tipis, Anda bisa menggunakan penyaring kopi. 
  • Tambahkan 10 tetes minyak esensial. Biarkan campuran ini dingin sampai suhu kamar. 
  • Setelah dingin anda bisa mengoleskan ramuan tadi langsung ke kulit kepala dan rambut Anda. Gunakan ujung jari sambil memijatnya dengan lembut agar ketombe di kulit kepala anda bisa cepat hilang. 
  • Langkah terakhir, biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. 
10. Daun salam

Cara menghilangkan ketombe daun salam
daun salam untuk ketombe

Di negara-negara Asia, daun salam merupakan bahan favorit yang banyak digunakan dalam memasak dan untuk tujuan pengobatan. Daun salam sering digunakan dalam bentuk bubuk untuk berbagai macam masalah kecantikan seperti ketombe. Selain menghilangkan ketombe, daun salam juga mampu membuat rambut anda menjadi lebih halus. Daun salam berguna mengatasi ketombe karena dapat membunuh infeksi jamur dan bakteri di kulit kepala, sekaligus menyingkirkan kutu. Daun salam juga efektif dalam merawat kulit kepala
dan gatal akibat ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan daun salam:

  • Pertama-tama haluskan daun salam terlebih dahulu sambil merebus air.
  • Masukkan daun salam yang sudah dihancurkan dalam mangkuk 
  • Kemudian tuangkan air mendidih tadi ke atasnya. 
  • Tutup mangkuk dengan baik selama sekitar 20 menit. 
  • Setelah itu, saring cairannya dan biarkan sedikit dingin. 
  • Oleskan cairan ini ke kulit kepala dan rambut Anda untuk mengobati ketombe dan masalah kulit kepala lainnya. 
  • Tunggu selama satu jam. Sambil menunggu, Anda bisa menutupi kepala Anda dengan handuk atau sejenisnya
  • Melakukan perawatan ini secara teratur akan membantu menyembuhkan ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala Anda.

Share On