6 Cara menghilangkan jerawat dengan tomat beserta bekasnya

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat? Bisakah dilakukan? Kulit yang berjerawat cenderung sensitif dengan berbagai macam perawatan yang diberikan. Apabila tidak cocok, misalnya salah dalam cara membersihkan wajah, salah menggunakan produk, dan kesalahan lainnya justru bisa membuat jerawat jadi lebih parah karena kulit yang bereaksi negatif terhadap perawatan. Oleh karena itu menggunakan bahan yang alami adalah salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan terutama bagi yang lebih suka melakukan perawatan sendiri di rumah. Karena pada kenyataannya, tidak semua orang nyaman dan juga mampu untuk datang ke dokter kulit, melakukan konsultasi, hingga menggunakan produk dan menjalankan saran-saran dokter yang Anda bayar dengan harga mahal.
Cara menghilangkan jerawat dengan tomat
Cara menghilangkan jerawat dengan tomat, image balancedbabe.com

Tomat adalah salah satu bahan alami yang bisa jadi jawaban atas permasalahan kulit Anda. Salah satunya adalah karena tomat mengandung vitamin C yang bisa membantu memperbaiki kerusakan pada kulit akibat dari jerawat misalnya luka jerawat dan juga bintik-bintik hitam bekas jerawat. Tomat juga sangat mudah untuk ditemukan di dapur, di pasar, maupun di toko swalayan dengan harga yang lebih murah. Jadi mengulik cara menghilangkan jerawat dengan tomat? Siapa takut!

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat

Jerawat timbul karena kondisi kulit yang sedang tidak sehat misalnya karena perubahan hormon dalam tubuh yang tidak diimbangi dengan nutrisi yang cukup, kulit yang kotor dan jarang dieksfoliasi sehingga kesulitan untuk membuang sel-sel kulit mati, dan kondisi kulit yang kurang fit karena paparan radikal bebas. Tomat bisa membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat sehingga masalah jerawat pun bisa hilang. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari tomat baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan bagian skincare eksternal Anda adalah sebagai berikut.

Sebagai antioksidan

Tomat mengandung lycopen yang merupakan zat antioksidan alami sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup bisa membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Ia juga berguna untuk melawan penuaan dini, inflamasi pada kulit yang menyebabkan peradangan dan berujung pada jerawat, dan juga bisa menjaga kelembaban kulit sehingga kulit Anda tidak memproduksi minyak yang berlebihan dan menjadi biang keladi dari jerawat.

Sebagai astringent alami

Coba cek produk skincare Anda, adakah bahan alcohol dan jenis-jenisnya terdapat pada bahan komposisinya? Jika ya, segera ganti dengan produk yang tidak mengandung alkohol. Banyak produk skincare yang menggunakan alcohol karena fungsinya yang bisa membuat wajah jadi lebih kencang dan pori-pori yan mengecil. Karakter astringent ini bisa Anda dapatkan secara alami dari tomat tanpa harus membahayakan kulit Anda. Tomat juga mengandung berbagai macam vitamin misalnya A, C, dan E sehingga tidak hanya kulit yang lebih bersih tapi juga bernutrisi.

Mengatasi wajah berminyak

Cara merawat wajah berminyak di wajah bisa menggunakan bahan tomat karena selain alami tomat juga bisa menyerap minyak berlebih di kulit wajah anda. Minyak berlebih seperti yang sudah kita ketahui bersama dapat menyebabkan jerawat karena akan membuat kotoran lebih mudah menempel. Alhasil bakteri akan semakin menumpuk dan akhirnya menimbulkan jerawat. Untuk memanfaatkan tomat anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah.

Mengurangi ukuran pori-pori di kulit wajah

Poroi-pori yang membesar bisa menjadi masalah tersendiri untuk kecantikan kulit wajah anda. Selain membuat kulit wajah tampak kasar poroi-pori kulit yang terlalu besar juga akan membuat kotoran lebih mudah masuk ke kulit wajah, jika sudah begini pastinya anda bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya, yup wajah akan lebih mudah dihinggapi jerawat. Untungnya tomat bisa digunakan sebagai bahan alami yang akan membantu mengurangi ukuran pori-pori kulit wajah ini. Pastikan anda menggunakan tomat secara rutin agar hasilnya bisa cepat dirasakan.

Menyembuhkan jerawat

Dan tentu saja khasiat tomat yang paling ditunggu adalah untuk membersihkan kulit dari jerawat. Vitamin yang terdapat pada tomat kerap digunakan untuk berbagai macam obat jerawat, jadi Anda bisa menggunakan bahan yang lebih alami untuk mengatasi jerawat ringan hingga jerawat batu.

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan tomat plus untuk kulit yang lebih bersih, pori-pori lebih kecil, bebas minyak berlebih, dan kulit yang lebih cerah:

  1. Peras buah tomat segar untuk mendapatkan jus atau sarinya, campur dengan air perasan jeruk lemon dan bubuhkan pada wajah Anda secara merata sambil dipijat. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  2. Hancurkan buah tomat hingga menjadi bubur, aplikasikan pada wajah seperti masker, diamkan selama satu jam kemudian bilas dan aplikasikan pelembab pada kulit Anda.
  3. Potong-potong tomat menjadi beberapa potongan, usapkan pada area yang berjerawat untuk membersihkan kulit dari kotoran sebelum mengaplikasikan obat jerawat. Lakukan secara rutin.
  4. Campurkan air perasan tomat dengan air perasan timun, dengan menggunakan kapas aplikasikan pada wajah untuk masker, bisa juga sebagai toner alami sebelum melanjutkan ke langkah skincare selanjutnya.
  5. Blender tomat dengan madu secukupnya untuk mendapatkan masker wajah yang bisa membuat kulit lebih lembut, meredakan peradangan pada jerawat, dan memberikan pelembab alami pada kulit tanpa membuat kulit tampak lebih berminyak. Bilas dengan air setelah masker didiamkan selama 20 menit.
  6. Hancurkan tomat dan apukat sampai tercampur dan menjadi pasta, gunakan sebagai masker pada kulit yang terasa berminyak, diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Kombinasi tomat dengan bahan lain untuk menghilangkan jerawat

Selain menggunakan buah tomat secara langsung tomat juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain agar manfaatnya lebih baik. Seperti menggunakan beberapa bahan berikut ini:
manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat
manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat

1. Tomat dan mentimun: Pastinya anda sudah tidak asing lagi jika mentimun memiliki banyak manfaat untuk wajah terutama dalam menghilangkan minyak berlebih. Tentu manfaat mentimun ini akan semakin maksimal saat dikombinasikan dengan tomat untuk menghilangkan jerawat. Caranya: Potong mentimun dan tomat menjadi bagian yang kecil. Masukkan ke dalam blender kemudian haluskan hingga kedua bahan tadi benar-benar menyatu. Gunakan kedua bahan yang sudah dihancurkan tadi sebagai masker wajah untuk mengobati jerawat.

2. Tomat dan yoghurt: Yoghurt adalah makanan fermentasi susu yang kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium dan vitamin sehingga sangat bermanfaat untuk kulit wajah wajah termasuk mengatasi masalah jerawat. Caranya: hancurkan tomat hingga berbentuk pasta, kemudian tambahkan yoghurt dan aduk hingga merata. Terapkan ke kulit wajah anda yang berjerawat, setelah itu diamkan sekitar 15 menit. Jika sudah, anda bisa membersihkan wajah anda.

3. Tomat dan jeruk nipis: Setelah sebelumnya kita membahas mengenai cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis maka sekarang kita akan mencoba mengkombinasikannya denga tomat. Jeruk nipis cukup ampuh digunakan sebagai bahan alami penghilang jerawat seperti halnya tomat karena memiliki sifat antibakteri. Cara menggunakannya: Seperti biasa, lembutkan tomat terlebih dahulu menggunakan blender setelah itu tambahkan satu sendok perasan jeruk nipis. Balurkan bahan tadi ke kulit wajah sampai merata. Dan anda bisa menghapusnya saat sudah selesai.

Demikian adalah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang selain bisa membantu menyembuhkan jerawat, tomat juga bisa membuat kulit lebih bersih, mengecilkan pori-pori, mengatasi kulit berminyak, dan meredakan peradangan pada kulit. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah pada kesehatan tentu lebih baik dibandingkan dengan menggunakan berbagai macam produk kimia yang bisa berdampak negatif pada masa jangka panjang.

Share On