9 Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur secara alami

Advertisement
Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur secara alami dan aman yang tentunya sangat mudah. Putih telur telah lama digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat di wajah. Informasi mengenai manfaat putih telur untuk mengobati jerawat ini biasanya hanya menyebar melalui mulut ke mulut dan tidak melalui sebuah penelitian ilmiah. Meskipun demikian putih telur telah terbukti bekerja cukup baik untuk mmenghilangkan jerawat karena saat mengering di wajah, mereka membantu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran dan dari pori-pori dan menyerap minyak berlebih, yang menjadi penyebab utama jerawat.
Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur
Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur

Menurut majalah online Acne Talks, putih telur juga berperan sebagai zat ringan yang membantu mengencangkan kulit. Manfaat lainnya menghilangkan jerawat dengan putih telur adalah anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat jerawat di apotik yang harganya pastinya tidak murah. Belum lagi putih telur juga cukup aman sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping yang akan ditimbulkannya

Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur

  1. Sebelum menerapkan putih telur ke wajah yang berjerawat sebaiknya amankan rambut Anda dari wajah dengan mengikatnya, hal ini untuk mencegah rambut menempel ke masker putih telur yang nanti akan anda terapkan.
  2. Cucui wajah anda dengan air untuk menghilangkan kotoran dan debu dari wajah anda agar cara menghilangkan jerawat dengan putih telur nanti bisa bekerja secara maksimal
  3. Pecahkan satu butir telur ayam kampung berukuran besar ke dalam mangkuk. 
  4. Pisahkan antara putih dan kuning telur untuk diambil putihnya saja. Sebenarnya kuning telur juga bagus untuk kesehatan kulit, tetapi tidak cocok untuk menghilangkan jerawat karena mengandung terlalau banyak lemak.
  5. Kocok putih telur yang sudah anda pisahkan dri kuningnya tadi hingga agak mengembang. Hal ini bertujuan agar tekstur putih telur lebih mudah menyebar secara merata ke kulit wajah yang berjerawat.
  6. Celupkan bola kapas steril ke dalam putih telur, lalu oleskan ke wajah. Ratakan putih telur ke seluruh seluruh area wajah anda, termasuk yang tidak terdapat jerawat.
  7. Buatlah sebuah topeng dengan menggunakan tisu atau sejenisnya untuk menutupi wajah anda yang sudah dilumuri masker putih telur tadi. Pastikan anda membuat lubang untuk area mata, hidung dan mulut Anda. Jika Anda masih memiliki sisa putih telur, oleskan di atas tisu tadi. Biarkan putih telur dan tisu tadi kering di wajah Anda minimal selama 30 menit sampai satu jam.
  8. Langkah selanjutnya angkat tisu dan putih telur yang sudah mulai mengering tadi dari kulit wajah anda yang berjerawat. Selain membantu menghilangkan jerawat cara ini juga cukup efektif untuk mengangkat kotoran dan komedo dari pori-pori kulit wajah anda.
  9. Langkah terakhir bilas wajah Anda dengan air hangat (jangan terlalu panas). Setelah putih telur hilang dari wajah anda ulangi pembersihan dengan kembali membilas wajah anda dengan air dingin. Hal ini bertujuan membantu mengencangkan pori-pori kulit wajah sekaligus mencegah kotoran dan masuk kembali ke dalamnya.
Pengencangan kulit dan rasa sedikit tidak nyaman adalah efek langsung yang didapat saat anda menggunakan putih telur untuk menghilangkan jerawat, namun efek ini akan cepat hilang begitu Anda membilasnya.

Kombinasi putih telur dengan bahan lain

1. Putih telur dan lemon

Kombinasi kedua bahan ini nampaknya sudah tidak diragukan lagi mengenai manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah. Lemon berguna mencerahkan dan mengurangi flek hitam di wajah sekaligus menghilangkan jerawat juga tentunya. Sedangkan putih telur seperti yang sudah kita bahas panjang lebar di atas benar-benar bermanfaat menyingkirkan jerawat dari wajah anda. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur dan lemon:

  • Kocok putih telur terlebih dahulu sampai sedikit berbusa.
  • Tambahkan satu atau dua sendok jus lemon ke putih telur Anda.
  • Oleskan masker putih telur dan lemon tadi ke kulit wajah yang berjerawat secara merata, hindari daerah mata dan mulut, di mana area tersebut sangat mudah kering dan sangat sensitif.
  • Biarkan masker wajah dari putih telur tadi menempel di kulit sekitar 30 menit.
  • Perlahan bilas dengan air hangat, setelah itu gunakan pelembab yang tepat untuk kulit wajah anda

2. Putih telur dan buah alpukat

Alpukat bisa membuat kulit Anda terlihat lebih segar dan tampak lebih muda bercahaya hanya dalam hitungan menit. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung banyak nutrisi penting termasuk vitamin A, B, C, E, dan K bersama dengan mineral seperti potasium, tembaga, magnesium, besi, dan fosfor. Yang kesemua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh kulit wajah termasuk dalam mengatasi masalah jerawat. Belum lagi alpukat juga memiliki efek pelembab sehingga akan mencegah kulit anda dari kekeringan. Cara mengkombinaskikan alpukat dan putih telur untuk menghilangkan jerawat:

  • Pertama-tama persiapkan satu buah putih telur beurukuan besar. Pastikan anda memilih telur ayam kampung agar hasilnya lebih baik. Pisahkan dari kuningnya kemudian kocok putih telur seperti di atas.
  • Di sisi lain haluskan buah alpukat yang masih segar dan tambahkan sedikit susu atau madu.
  • Campur putih telur dan buah alpukat yang sudah dihancurkan kemudian oleskan ke wajah Anda dan biarkan selama sekitar 15 menit.
  • Tahap terakhir bilas wajah anda dengan air hangat.

3. Putih telur, madu dan yoghurt

Madu berkontribusi banyak untuk menghilangkan jerawat karena sifat antiseptik dan antibakteri yang dimilikinya. Madu juga bisa mendorong regenerasi kulit baru sehingga ini benar-benar bermanfaat untuk mengobati jerawat. Secara alami madu mengandung bee pollen, propolis, dan komponen lainnya yang mampu merangsang pertumbuhan kulit baru dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan yoghurt bisa membantu melembabkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, melawan serangan jerawat, melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan mengurangi perubahan warna kulit.

Manfaat yoghurt untuk kulit wajah di dapat dari kandungan asam laktat yang berguna menghaluskan dan mengelupaskan kulit Anda sekaligus mengurangi garis-garis halus dan keriput dengan cara mengencangkan pori-pori kulit. Dalam yoghurt juga terdapat sifat anti bakteri dan anti jamur alami yang juga bisa melawan munculnya jerawat di wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur, madu, dan yoghurt:

  • Seperti biasa siapkan putih telur dan kocok terlebih dahulu
  • Tambahkan satu sdm madu murni bersama dengan satu sdm yoghurt polos
  • Aduk kesemua bahan tadi hingga benar-benar menyatu dengan baik
  • Bersihkan wajah anda setelah itu terapkan ramuan yang dibuat tadi secara perlahan ke seluruh kulit wajah termasuk yang tidak terdapat jerawat.
  • Diamkan selama setidaknya 30 menit, kemudian hapus dengan kain basah. 

Manfaat putih telur untuk wajah berjerawat

Putih telur bukan hanya menghilangkan jerawat di wajah tetapi juga mencegahnya muncul kembali. Hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari putih telur. Selain itu, masker putih telur juga berguna menghilangkan dan mengurangi flek hitam bekas jerawat yang biasanya muncul setelah jerawat hilang.

Selain jerawat, komedo di wajah juga bisa diatasi dengan menggunakan masker putih telur secara rutin. Komedo biasanya juga menjadi awal munculnya jerawat di wajah karena penyebab komedo itu sendiri hampir sama yaitu minyak berlebih.

Share On