8 Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekasnya

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekasnya yang mudah diterapkan. Jerawat, merupakan salah satu permasalahan kulit yang sudah tidak asing lagi menjadi gangguan bagi penampilan. Segala hal yang berkaitan dengan wajah memang terlalu sensitiv untuk penilaian penampilan.
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

Jerawat merupakan hal yang paling umum yang terjadi pada wajah. Terutama untuk jenis kulit berminyak, dimana wajah seperti ini sangat rentan dihinggapi jerawat. Meskipun demikian, kulit yang mengalami permasalahan dengan jerawat tersebut tentu bisa diatasi dengan berbagai bahan alami, salah satunya jeruk nipis. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa diaplikasikan dengan menggunakan jeruk nipis sebagai pengilang jerawat, di antaranya:

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

1. Masker Jeruk Nipis

Memanfaatkan jeruk nipis sebagai penangkal jerawat pada wajah bisa diolah menjadi masker. Adapun tatacara dalam memanfaatkan jeruk nipis sebagai masker ini adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan air bersih. Setelah dicampurkan, kedua cairan itu diaduk secara merata. Jika sudah merata, ulaskan racikan tersebut pada area wajah yang berjerawat atau area wajah yang ada noda bekas jerawatnya dengan menggunakan cutton bud. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Jeruk Nipis dan Madu

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang kedua adalah dengan mencampurnya bersama madu. Kedua bahan alam ini bisa diolah menjadi racikan yang mampu menghilangkan jerawat pada wajah. Caranya pun cukup mudah, ialah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu murni. Setelah kedua bahan tercampur rata, lekatkan kepada wajah yang berjerawat atau pada bekas jerawatnya menggunakan cutton bud. Diamkan hingga terasa mongering lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Jeruk Nipis dan Putih Telur 

Putih telur, di samping memiliki khasiat untuk mengencangkan kulit wajah, juga memiliki khasiat penting untuk menghilangkan komedo. Selain dari itu semua, jeruk nipis dan putih telur juga bermanfaat sebagai penghilang jerawat atau noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan pada wajah. Cara mengaplikasikan campuran jeruk nipis dan putih telur ini tidak lah sulit, caranya anda cukup mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan putih telur yang sudah terlebih dahulu dipisahkan dari kuningnya. Setelah itu aplikasikan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat. Jika sudah dioleskan, diamkan semalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat bangun di pagi hari.

4. Masker jeruk nipis dan tomat

Kombinasi kedua bahan yang diketahui cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah adalah memanfaatkan jeruk nipis dan tomat. Tomat sendiri berguna mengurangi minyak berlebih di wajah yang menjadi penyebab utama jerawat. Sedangkan jeruk nipis dapat membunuh bakteri, sehingga campuran keduanya bisa sangat efektif mengobati jerawat di wajah. Pastikan anda menggunakan bahan tadi secara rutin agar hasilnya bisa cepat terlihat.

5. Jeruk Nipis dan Baking Soda
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan baking soda
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan baking soda

Baking soda, tak hanya lihai membuat adonan kue menjadi mengembang dan tampak bagus. Baking soda juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat dan nodanya yang tertinggal pada wajah. Khasiat baking soda ini bisa dirasakan jika dicampurkan dengan air perasan jeruk nipis. Detail cara pemanfaatannya ialah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan baking soda. Jika sudah tercampur sempurna, bisa langsung diaplikasikan pada wajah yang berjerawat. Seperti halnya bahan alami lainnya, baking soda dan jeruk nipis juga harus didiamkan selama beberapa menit hingga akhirnya terasa mengering. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

6. Jeruk Nipis dan Mentimun
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan mentimun
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan mentimun

Mentimun memang sudah tidak asing lagi sebagai sayur yang kerap kali dimanfaatkan untuk kesehatan dan kesegaran juga kecantikan kulit wajah. Perpaduan jeruk nipis dengan mentimun ini bisa dimanfaatkan dengan menggabungkan buah mentimun yang sudah dihaluskan bersama air perasan jeruk nipis. Jika kedua bahan alami ini sudah disatukan, langkah selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan kedua campuran tersebut ke kulit yang berjerawat dengan lembut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

7. Konsumsi Jeruk Nipis Langsung

Di samping bisa menghilangkan jerawat beserta noda-noda bekas jerawat yang mengganggu pada kulit wajah, jeruk nipis juga bisa dikonsumsi secara langsung. Khasiatnya pun sama, yaitu untuk menghilangkan jerawat dan noda yang ditinggalkannya. Kalau Anda bukan seseorang yang pantang merasakan cairan asam atau minuman asam, Anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis sebagai cara menghilangkan jerawat di wajah. Selain manfaat kesehatan yang bisa dirasakan, Anda juga bisa merasakan manfaat kecantikan alami dari konsumsi jeruk nipis tersebut.

8. Mengoleskan Daging Buah Jeruk Nipis

Menerapkan daging jeruk nipis langsung ke jerawat mulanya mungkin akan terasa perih karena cairan dari jeruk nipis tersebut sedang bekerja pada kulit wajah yang berjerawat. Namun, pada akhirnya Anda tidak akan menyesal menggunakan jeruk nipis dengan metode mengoleskannya secara langsung. Hal ini juga rasanya lebih efektif dibandingkan dengan mencampurkan jeruk nipis bersama dengan bahan-bahan lainnya. Khasiat dari jeruk nipis dapat dirasakan secara maksimal karena daging buah langsung dilekatkan pada kulit wajah berjerawat.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat

Kenapa jeruk nipis bisa sangat efektif dalam menghilangkan jerawat di wajah? Hal ini dikarenakan dalam jeruk nipis terdapat berbagai macam nutrisi penting yang berguna mencegah dan mengobati jerawat itu sendiri, apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat? di bawah ini beberapa diantaranya:

1. Mengecilkan pori-pori kulit wajah

Pori-pori kulit yang terlalu besar dapat membuat kotoran mudah masuk ke kulit wajah sehingga menyebabkan jerawat. Dengan memanfaatkan jeruk nipis anda bisa mengurangi ukuran pori-pori di kulit wajah ini sehingga risiko jerawatan juga bisa diminimalisir.

2. Mengangkat kotoran di wajah 

Kotoran yang menumpuk merupakan salah satu penyebab utama jerawat. Hal ini dikarenakan kotoran akan membuat bakteri lebih mudah datang. Hal ini tidak akan terjadi jika anda rajin membersihkan wajah dengan benar. Sesekali jeruk nipis bisa anda gunakan sebagai pembersih wajah untuk mencegah jerawat

3. Mencegah bakteri penyebab jerawat

Bakteri merupakan penyebab utama jerawat di wajah, jadi untuk menghilangkan jerawat anda perlu mengurangi pertumbuhan bakteri dengan memanfaatkan jeruk nipis. Selain aman, jeruk nipis juga cukup efektif dalam membasmi bakteri sehingga jerawat yang sudah hilang tidak akan muncul kembali.

4. Menyamarkan flek hitam bekas jerawat

Selain jerawat itu sendiri flek hitam bekas jerawat juga cukup sulit untuk dihilangkan, sehingga kadang anda harus bekerja ekstra. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena salah satu manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah mengurangi noda hitam tersebut. Jadi anda akan merasakan manfaat ganda dengan menggunakan jeruk nipis.

Itu dia berbagai pilihan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekasnya yang bisa anda coba di rumah semoga bisa membantu. Anda bisa memilih metode mana pun yang lebih cocok dengan kondisi jerawat anda.

Share On