10 Cara mengatasi kulit wajah mengelupas secara alami

Penyebab  dan cara mengatasi kulit wajah mengelupas secara alami. Kulit wajah yang mengelupas bisa saja terjadi akibat berbagai macam zat yang bisa merusak serta mengiritasi kulit. Pengelupasan kulit wajah sendiri biasanya akan diiringi dengan rasa gatal, pengeringan kulit, ruam dan iritasi. Umumnya kulit wajah mengelupas bisa disebabkan juga akibat kulit kering. Masalah kulit kering ini sebenarnya permasalahan umum yang bisa dialami siapa saja. Kulit kering yang mengelupas biasanya terasa kasar dan bersisik. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu, selain membuat kita tidak nyaman, tetapi juga bisa merusak penampilan.
Cara mengatasi kulit wajah mengelupas
image by howhunter.com

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Sebelum kita beranjak pada pembahasan cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas, ada beberapa faktor penyebab kulit mengelupas yang perlu kita ketahui terlebih dulu :

1. Kulit Kering

Bagi Anda yang mempunyai tipe kulit kering, dengan begitu risiko mengalami pengelupasan kulit akan lebih tinggi, khususnhya jika sering bersentuhan secara terus menerus dengan air, krim berbahan kimia, sabun, cuaca ekstrim, air panas, hingga paparan sinar matahari. Mempunyai kulit kering sendiri umumnya tak berbahaya, namun ada pula yang mengalami permasalahan serius, misalnya saja seperti Iktiosis. Adapun iktiosis ini adalah gangguan kulit secara genetic atau turunan.

2. Terbakar Paparan Sinar Matahari

Sering terpapar sinar matahari juga dapat menjadikan kulit wajah terkelupas. Sebelum terjadinya pengelupasan kulit, fase yang akan dialami diantaranya terasa panas, sakit dan memerah. Umumnya hal tersebut terjadi selama beberapa jam usai terkena paparan sinar matahari. Sesudah beberapa hari terjadinya fase tersebut, maka lapisan kulit pun akan mengelupas, rusak lalu kulit pun akan pulih dengan sendirinya. Sementara, pengelupasan kulit tersebut bisa menjadikan warna kulit tidak merata serta tampak berpola.

3. Alergi

Saat kulit wajah terkontaminasi dengan allergen atau zat yang memicu alergi, biasanya kulit akan mengelupas. Bukan saja pengelupasan kulit, tetapi reaksi yang terjadi mungkin dapat mengakibatkan ruam, melepuh atau gatal-gatal.

4. Efek Penggunaan Obat-Obatan

Beberapa jenis obat-obatan, misalnya krim retinoid dapat menjadikan kulit mengelupas. Adapun krim retinoid ini biasa dipakai untuk mengobati jerawat, mencerahkan flek hitam di wajah dan mengurangi kerutan. Selain itu, krim tersebut bekerja dengan mendorong jaringan sel-sel kulit yang mati dan juga melakukan regenerasi. Efeknya, kulit di bagian lapisan atas wajah pun mengelupas untuk membuka jalan pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Mengelupas Secara Alami

Berikut beberapa cara mengatasi kulit wajah mengelupas secara alami :

1. Madu

Madu memang menawarkan banyak khasiat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Salah satu manfaat madu untuk kecantikan adalah mengatasi pengelupasan pada kulit wajah. Untuk mengatasi pengelupasan kulit dengan madu, caranya dengan mencuci wajah terlebih dulu lalu oleskan kemudian pijatkan dengan merata madu ke seluruh permukaan kulit wajah. Kemudian biarkan hingga beberapa waktu sampai madu meresap, lalu bilas menggunakan air sampai bersih. Bila Anda melakukan perawatan kulit wajah dengan madu secara rutin, selain kulit yang mengelupas bisa diatasi, kulit Anda juga menjadi lebih kencang dan lembut secara alami.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sendiri sejak dulu banyak digunakan para wanita untuk perawatan kecantikan. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun ini memiliki kandungan asam lemak, dengan begitu bisa dijadikan sebagai pelembab alami untuk menjadikan kulit lebih sehat dan lembut secara alami. Di samping itu, vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun bisa menangkal paparan radikal bebas sebagai faktor penyebab terjadinya penuaan. Cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas dengan minyak zaitun ini cukup dengan mengaplikasikan masker minyak zaitun, yakni mengoleskan minyak zaitun ini dengan merata ke seluruh permukaan kulit wajah.

3. Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, ternyata lidah buaya juga efektif untuk membuat kulit lebih lembut dan mengatasi terjadinya pengelupasan pada kulit wajah. Pasalnya, lidah buaya ini bersifat mengobati sekaligus menjadi pelembab untuk kulit kering dan mengurangi gatal-gatal, iritasi hingga peradangan. Anda dapat mencampurkan lidah buaya bersama isi kapsul dari vitamin E, kemudian olekskan ke seluruh permukaan wajah dengan merata lalu diamkan sampai kering, lalu basuh menggunakan air hangat sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan cara ini setiap hari dengan rutin.

4. Mentimun

Cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas berikutnya adalah dengan memanfaatkan mentimun. Mentimun mengandung air yang sangat banyak, jadi bisa mengatasi terjadinya dehidrasi pada kulit serta mengurangi gatal-gatal di kulit. Tak hanya itu saja, mentimun juga bisa menjadikan kulit tetap lembab dan lembut secara alami. Vitamin C yang terkandung dalam mentimun juga bisa mengurangi dampak buruk paparan sinar matahari dan memperbaiki kondisi pada kulit wajah. Untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas, blender atau parut mentimun sampai lembut lalu oleskan dengan merata ke seluruh permukaan kulit wajah lalu biarkan hingga beberapa menit. Selanjutnya bilas menggunakan air sampai bersih.

5. Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan alami yang dapat membantu menyehatkan kulit anda termasuk mengatasi pengelupasan pada kulit. Yoghurt mengandung asam laktat yang berguna mengunci kelembaban alami kulit. Pastikan anda memilih yoghurt polos dimana belum mendapatkan tambahan pemanis atau bahan lainnya.

6. Tomat

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah mengelupas adalah tomat. Tomat merupakan paket lengkap yang bisa anda gunakan sebagai bahan perawatan kulit wajah anda. Di dalam tomat terkandungan berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, Antioksidan, dan Vitamin A. Dimana kesemua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Vitamin C berguna mecerahkan kulit secara alami sekaligus membantu kulit memproduksi kolagen. Sedangkan antioksidan dapat melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan.

7. Anggur

Anggur memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit anda tidak terkecuali merawat kulit yang mengelupas. Buah ini kaya akan kandungan alpha hydroxyl acids (AHA) yang membantu menyingkirkan sel kulit mati dari kulit wajah anda. Saat digunakan sebagai masker wajah anggur berguna sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang dapat memperburuk pengelupasan di kulit wajah anda.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat aman digunakan untuk kulit wajah anda. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang terbukti bekerja dalam melembabkan kulit wajah secara alami. Bukan hanya itu, kandungan anti-oksidan yang tinggi dalam minyak kelapa juga bermanfaat mengobati iritasi dan gatal pada kulit yang mengarah pada pengelupasan.

9. Gunakan pelembab

Jika anda tidak ingin mengalami masalah kulit mengelupas sebaiknya gunakan pelembab ke kulit anda, karena kulit kering dapat memicu terjadinya pengelupasan tersebut. Pastikan untuk memilih pelembab yang aman untuk anda terapkan ke kulit wajah anda.

10. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih merupakan salah satu kunci kesehatan anda secara keseluruhan, terkecuali kulit anda tentunya. Mencukupi kebutuhan air putih dapat membantu anda menghidrasi kulit anda dari dalam. Hal ini pada gilirannya akan membuat kulit anda lebih lembab alami sehingga mengurangi risiko kulit mengelupas.

Itulah 10 cara mengatasi kulit wajah mengelupas secara alami dan ampuh yang bisa Anda coba di rumah dengan mudah!

Share On