7 Cara meratakan warna kulit wajah secara alami dan cepat

Advertisement
Cara meratakan warna kulit wajah secara alami dan cepat menggunakan bahan tradisional dan prosedur medis. Apa yang jadi kegiatan favorit Anda saat liburan? Mungkin menghabiskan waktu di luar ruangan, mengunjungi banyak tempat yang jadi objek wisata, main ke pantai atau mendaki gunung, melakukan hal-hal menantang yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya, terdengar seperti agenda liburan yang sangat menyenangkan. Tapi tunggu dulu, selesai liburan coba cek kondisi kulit Anda yang habis dijemur di luar seharian, adakah yang berbeda? Satu dari empat wanita di dunia mengalami masalah hyperpigmentation atau produksi melanin yang berlebihan karena paparan sinar matahari terus-terusan. Akibatnya, warna kulit jadi lebih gelap, yang akan jadi lebih lucu jika Anda mendapati warna belang pada kulit Anda menyerupai bentuk pakaian yang Anda kenakan.
Cara meratakan warna kulit wajah secara alami
image from stemologyskincare.com

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab warna kulit jadi tidak rata dan terlihat belang dan konyol. Yang pertama jelas adalah sinar matahari yang terkena langsung ke kulit dan memicu tubuh untuk memproduksi melanin sebagai pelindung kulit namun dengan efek warna kulit yang menggelap. Seiring dengan bertambahnya waktu, melanin juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit sebagai tanda penuaan. Yang kedua adalah perubahan hormon pada wanita, misalnya pada wanita hamil, yang sedang mengonsumsi obat kontrasepsi, yang sedang dalam perawatan medis, yang sedan masuk masa menopause, dan sebagainya. Yang ketiga adalah luka yang ada pada kulit, melanin juga bertugas untuk menyembuhkan luka pada kulit namun dengan efek menggelapkan warna kulit. Menyebabkan bekas luka pada tubuh jadi punya warna yang lebih gelap dibandingkan yang lainnya. apa yang bisa dilakukan sebagai cara meratakan warna kulit dengan cepat?

Cara meratakan warna kulit dengan cepat

1. Pengelupasan dengan cara laser

Cara meratakan waran kulit dengan cepat yang pertama bisa dengan melakukan metode laser untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit paling luar. Metode laser disarankan untuk meratakan kulit dengan lebih cepat karena melanin diproduksi pada lapisan kulit yang paling atas sehingga dengan menghilangkan lapisan kulit ini maka lapisan kulit di bawahnya yang masih baru dan lebih cerah akan terlihat.

2. Mikrodermabrasi

Proses ini hampir sama dengan proses metode lasering. Prinsipnya yaitu menghilangkan lapisan kulit yang tertutup dengan sel kulit mati dan membiarkan lapisan kulit baru terbentuk dengan warna yang lebih cerah dengan kondisi yang lebih sehat. Metode ini dilakukan dengan cara menghilangkan sel kulit mati dengan menggunakan sikat berbulu kawat halus yang dilakukan dengan prosedur yang aman dan dilakukan oleh profesional kulit.

3. Pengelupasan secara kimia

Metode yang satu ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan toner eksfoliator yang mengandung bahan AHA atau BHA untuk menghilangkan sel kulit mati. Sel kulit mati yang hanya dibiarkan di permukaan kulit akan menutupi lapisan kulit yang lebih sehat sehingga kulit terlihat lebih gelap dan tidak rata.

Yang harus diperhatikan saat membuat kulit lebih cerah

Hal pertama yang benar-benar diperhatikan adalah tidak aman bagi kesehatan Anda untuk mengubah warna kulit. Apabila Anda punya karakter warna kulit yang lebih gelap, sebaiknya fokus untuk membuat kulit tidak terlihat kusam ketimbang membuat kulit jadi lebih putih. Sebaliknya, apabila Anda punya warna kulit yang putih dan ingin warna yang lebih eksotis, menjemur diri di bawah sinar matahari langsung bukanlah hal yang bijak dilakukan karena ada resiko kanker kulit, pun menggunakan tanning bed yang saat ini masih menjadi kontroversi efek sampingnya.

Cara meratakan warna kulit secara alami

4. Menggunakan teh hijau

Teh hijau merupakan minuman sehat di dunia karena mengandung tinggi antioksidan yang itu juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Minum teh hijau bisa memperpanjang umur. Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan proses penuaan, dan membuat kulit tampak kencang secara alami. Dianjurkan minum setidaknya dua cangkir teh hijau tanpa gula setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Cara meratakan warna kulit dengan teh hijau:

  • Campur satu sendok makan teh hijau bubuk, dan 1 sendok teh madu murni dengan putih telur kemudian aduk hingga merata
  • Oleskan campuran ini ke kulit wajah Anda
  • Biarkan selama 30 menit
  • Jika sudah elesai basuh wajah anda dengan air hangat
  • Gunakan pelembab setelahnya

5. Menggunakan jeruk

Buah jeruk secara alami mengandung tinggi vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Oleh karena itu, mengonsumsi jeruk tidak hanya baik untuk kesehatan Anda tapi juga untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk kulit yang tidak merata atau belang. Vitamin C sudah banyak digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit yang bertujuan untuk mencerahkan kulit secara alami. Oleh karena itu, penggunaan jeruk secara topikal dianggap sebagai teknik efektif untuk meratakan warna kulit. Cara menggunakannya:

  • Campurkan jus jeruk dengan bubuk kunyit
  • Aduk secara merata untuk membuat pasta yang halus
  • Terapkan ke wajah anda dan tunggu setidaknya 30 menit
  • Anda harus mengulangi perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik.

6. Memanfaatkan buah pepaya


Manfaat pepaya untuk kulit wajah sangat banyak sekali salah satunya adalah sebagai masker alami untuk memutihkan kulit wajah. Ini menjadi alasan penting kenapa buah pepaya dapat dimanfaat untuk meratakan warna kulit. Selain itu buah pepaya juga kaya akan kandungan nutrisi sehingga sangat baik untuk menutrisi kulit anda dari dalam ataupun dari luar. Cara meratakan kulit wajah dengan pepaya sangat mudah, ikuti langkah berikut:

  • Pertama Siapkan satu potongan buah pepaya berukuran besar
  • Haluskan dengan blender hingga berbentuk pasta
  • Terapkan ke kulit yang memiliki warna tidak merata 
  • Biarkan mengering setelah itu bilas dengan air

7. Oatmeal dan tomat

Oatmeal dan jus tomat memiliki efek pencerah alami sehingga sangat baik untuk meratakan warna kulit anda. Oatmeal bisa menghilangkan sel kulit mati di wajah sedangkan jus tomat dapat membuat kulit Anda lebih bersinar dan bercahaya. Namun, karena penggunaan jus tomat untuk wajah biasanya bisa membuat kulit lebih sensitif, sebaiknya hindari terkena sinar matahari minimal 8 jam setelah menggunakan masker ini. Caranya:

  • Campur jus tomat dan oatmeal kemudian haluskan keduanya
  • Oleskan campuran ini ke kulit Anda sambil sedikit memijat dengan lembut, dan tunggu sekitar 20 menit
  • Yang terakhir bilas dengan air dingin

Cara meratakan warna kulit dengan bahan alami juga membutuhkan waktu, bahkan ketika Anda menggunakan jasa dermatologis untuk melakukan perawatan kulit sekalipun. Dibutuhkan beberapa kali perawatan yang memakan waktu berminggu, bahkan berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Yang tidak kalah penting adalah hindari menggunakan krim dengan bahan merkuri dan hidroquinon. Meski memang bisa membuat warna kulit jadi lebih putih dan cerah, kedua bahan tersebut sudah dilarang di beberapa negara termasuk Indonesia untuk digunakan dalam produk kosmetik karena efek jangka pendek dan jangka panjangnya sangat merugikan kesehatan.

Sebagai pengganti hidroquinon yang berbahaya, Anda bisa mencari krim wajah yang memiliki fungsi mencerahkan warna kulit dengan kandungan vitamin A, C, dan E yang merupakan trio kombinasi perawatan kulit yang cukup ampuh untuk membuat kulit jadi lebih cerah dan memperlambat proses pigmentasi. Lalu, jangan lupa setiap pagi untuk mengenakan sunscreen dengan faktor yang tinggi sebelum Anda mengaplikasikan make up. SPF yang ada pada produk make up tidak bekerja dengan efektif seperti pada sunscreen yang terpisah. Bahkan ketika Anda hanya berada di dalam ruangan, cuaca sedang mendung, atau sedang musim dingin sekalipun, jangan melupakan sunscreen. Demikian adalah beberapa hal yang bisa dibahas mengenai cara meratakan warna kulit dengan cepat dan juga dengan aman.

Share On