6 Jenis Obat Jerawat di apotik Ampuh

Advertisement
Obat Jerawat di apotik
ilustrasi Obat Jerawat di apotik

Saat seseorang mengalami wajah berjerawat, cara yang paling sering dilakukan adalah dengan mencari obat-obatan penghilang jerawat. Namun tak sedikit orang masih bingung dan belum mengetahui jenis-jenis obat jerawat di apotik dan cocok digunakan untuk mengatasi jerawat secara ampuh. Jika salah saja memilih obat-obatan tentu sangat riskan, sebab setiap jerawat mempunyai risiko bervariasi, mulai dari yang ringan, sedang sampai berbahaya.

Jenis Obat Jerawat di apotik Ampuh

Beberapa macam obat jerawat yang ada di apotik telah terbukti ampuh mengatasi jerawat. Dimana beberapa jenis obat-obatan tersebut biasanya mensyaratkan resep dari dokter namun beberapa lainnya dapat dibeli secara bebas. Adapun beberapa jenis-jenis obat jerawat di apotik diantaranya :

1. Asam Alpha Hidroksi

Alpha Hidroxy Acid merupakan sejenis obat jerawat di apotik yang ampuh. Adapun yang tergolog ke dalam jenis asam alpha hidroksi ini, diantaranya asam glikolat, asam sitrat dan asam laktat. Tak hanya tersedia berbentuk obat topical saja, tetapi asam tersebut juga bisa Anda peroleh lewat berbagai macam makanan yang bisa menghilangkan jerawat. Asam alpha hidroksi sendiri umumnya tersedia di apotik berbentuk krima tau gel serta bisa bekerja mengobati jerawat sebab bersifat eksfoliate.

Sehingga semua sel-sel kulit yang sudah mati, kotoran atau debu yang bisa menyebabkan jerawat bisa disingkirkan dengan maksimal. Di samping itu, eksfoliate sebagai sifat utama dari Asam Alpha Hidroksi ini bisa menghindarkan kulit wajah Anda terhadap penyumpatan pori-pori kulit. Sehingga jerawat aktif yang ada di kulit wajah bisa lebih mudah disembuhkan. Produk obat AHA ini bisa bekerja secara efektif dan maksimal bagi pemilik kulit kering sebab bisa menghindarkan kulit terhadap iritasi.

2. Asam Salisilat

Satu dari jenis-jenis obat jerawat di apotik berikutnya adalah asam salisilat. Dimana asam salisilat tersebut sangat mudah dijumpai di berbagai apotik dengan berbagai macam bentuk, seperti krim penghilang bekas jerawat, lotion dan sabun khusus untuk wajah. Produk obat jerawat asam salisilat ini bisa bekerja dengan mengangkat semua sel-sel kulit mati penyebab jerawat serta menghindari kulit terhadap sumbatan pori-pori akibat berbagai kontaminan.

Asam salisilat juga secara halus bisa berfungsi sebagai peeling, yang nantinya membuat lapisan kulit paling luar terkelupas lalu menggantinya dengan kulit yang baru, dengan begitu jerawat pun lebih cepat hilang. Bekas jerawat yang timbul bisa tersamarkan dengan cepat. Tak hanya itu saja, asam salisilat juga sudah dikenal luas bisa mengatasi berbagai macam komedo sebab kemampuannya bisa membuka bagian pori-pori pada kulit wajah.

3. Sulfur

Sulfur termasuk obat jerawat yang bisa dengan mudah Anda jumpai di apotik. Umumnya, sulfur sendiri tersedia lewat bentuk sabun khusus atau krim. Obat jerawat dengan kandungan sulfur ini tak membuat kulit kering, dengan begitu sulfur bisa sangat bermanfaat digunakan bagi pemilik kulit kering. Sulfur bersifat antiseptic untuk menyingkirkan debu, kotoran ataupun sel-sel kulit mati di kulit, dengan begitu peradangan akibat jerawat tak akan kembali muncul.

4. Benzoil Peroksida

Satu diantara jenis-jenis obat jerawat di apotik lainya yaitu benzoil peroksida. Dimana obat ini tersedia dengan berbagai macam pilihan, seperti lotion, krim atau gel. Ketika kulit dihasi berbagai macam jerawat yang mempunyai tingkat keparahan sedang, obat dengan kandungan benzoil peroksida tentunya sangat cocok digunakan. Selain itu, saat diaplikasikan pada kulit wajah maka benzoil peroksida akan membunuh semua bakteri penyebab timbulnya jerawat. Dengan begitu bisa mengempeskan jerawat secara cepat. Di samping itu, benzoil peroksida pun akan mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit wajah.

5. Antibiotik

Antibiotik sendiri termasuk obat jenis jerawat batu, umumnya berbentuk oral atau topical yang ada di apotik. Akan tetapi untuk memakainya sendiri, Anda membutuhkan resep dokter lebih dulu. Antibiotik oral maupun topical sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat yang parah, khususnya jerawat batu. Antibiotik sendiri akan bekerja mengatasi jerawat secara efektif dengan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat muncul dengan seketika, dengan begitu jerawat yang parah di kulit wajah pun semakin cepat mengering dan mengempes, lalu hilang dari wajah Anda.

6. Asam Azelat

Termasuk salah satu obat jerawat yang bisa Anda jumpai di berbagai apotik dengan mudah. Asam azelat umumnya berbentuk krim atau gel. Adapun kelebihan memakai asam azelat ini yaitu tak terlalu mengiritasi bagian kulit. Selain itu, sangat minim efek samping jika dibandingkan menggunakan antibiotic. Asam azelat mempunyai kemampuan seperti antibiotic, yang mana obat ini bisa membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Asam azelat juga bisa menekan produksid ari keratin, yakni sebuah senyawa yang diproduksi tubuh serta berpotensi menyumbat bagian pori-pori kulit wajah sebagai penyebab jerawat.

Itulah 6 Jenis-jenis obat jerawat di apotik yang ampuh mengatasi jerawat yang perlu Anda ketahui!

Share On