6 Cara menghilangkan jerawat dengan garam secara alami

Advertisement
Cara menghilangkan jerawat dengan garam bisa menjadi alternatif bagi kalian baik para pria maupun wanita yang ingin bebas dari masalah jerawat dengan menggunakan bahan alami yang aman. Bagi mereka yang memiliki jerawat di wajahnya, keberadaan jerawat tentunya akan menurunkan rasa percaya diri khususnya saat berkumpul bersama orang lain dalam komunitas formal maupun informal. Untuk itu, banyak cara yang ditempuh untuk mengatasi masalah jerawat membandel baik itu dengan cara kimiawi maupun cara alami seperti dengan menggunakan air garam. Sebenarnya apa sih jerawat itu?
Cara menghilangkan jerawat dengan garam
Cara menghilangkan jerawat dengan garam, image by pixabay.com

Jerawat adalah penyakit yang ada pada wajah dan juga pada bagian tubuh tertentu yang terjadi oleh karena banyaknya kuantitas debu dan kotoran yang masuk dalam pori-pori wajah. Jerawat tersebut bisa dihilangkan baik dengan memakai produk kecantikan atau threatment dokter spesialis kulit atau dengan memakai garam dapur sebagai masker.

Cara menghilangkan jerawat dengan garam

Cara menghilangkan jerawat dengan garam sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan persiapan yang sangat sederhana dan tidak perlu waktu yang lama. Caranya adalah:


  1. Siapkan segelas air hangat lalu campurkan garam secukupnya ke dalamnya dan aduk hingga larutan garam ini terasa benar-benar asin.
  2. Setelah itu, ambil kapas lalu rendam dalam larutan garam selama 2 menit lamanya.
  3. Bersihkan muka dengan sabun lalu tempelkan kapas pada area wajah yang berjerawat hingga terasa meresap dan perih.
  4. Lakukan hal yang sama yaitu dengan merendam beberapa lembar kapas dalam larutan garam untuk bagian jerawat yang lain yang ada pada wajah.
  5. Setelah semua jerawat mendapatkan threatment ini, basuh wajah dengan air hingga bersih.
  6. Untuk hasil maksimal, Anda bisa bersihkan jerawat dengan larutan garam ini sebanyak 2 kali sehari secara rutin. Dengan larutan garam, jerawat yang ada pada wajah pun akan segera mengering dan perlahan-lahan mengempis, peradangan akibat jerawatpun akan hilang dalam waktu singkat dengan larutan garam ini.

Resep garam untuk menghilangkan jerawat

Cara mengobati jerawat dengan garam akan lebih maksimal jika Anda mengkombinasikan penggunaan garam dengan beberapa bahan alami berikut ini:

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang biasa dipakai sebagai pengganti asam dapur ini rupa-rupanya efektif dalam menyembuhkan jerawat bersama dengan garam dapur. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa biji blimbing wuluh segar yang tela dicuci bersih lalu potong kecil-kecil. Setelah itu, tumbuk setiap bagian belimbing hingga halus lalu campur dengan garam secukupnya sampai terbentuk masker. Siapkan masker ini dalam wadah lalu gunakan secara rutin setiap hari untuk hasil maksimal. Untuk setiap pemakaian, Anda bisa megoleskan masker ini pada wajah selama 15 menit untuk hasil yang optimal.

Tomat dan mentimun

Selain belimbing wuluh, tomat dan mentimun juga bisa mempercepat proses Anda dalam menghilangkan jerawat pada wajah. Caranya cukup mudah. Siapkan buah tomat dan mentimun secukupnya lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Setelah kapas yang mengandung larutan garam tersebut ditempelkan pada jerawat. Anda bisa menempelkan potongan tomat atau timun pada area berjerawat tersebut. Ulangi secara rutin setiap hari hingga hasil yang didapatkanpun maksimal.

Madu

Dalam dunia pengobatan herbal, khasiat madu memang tidak terhitung jumlahnya dan seringkali digunakan sebagai obat untuk segala macam penyakit yang salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat. Madu bisa dikombinasikan dengan garam sehingga terbentuk masker. Setelah itu, masker madu garam ini dioleskan pada wajah yang berjerawat dan dibiarkan hingga selama 15 menit lamanya. Penggunaan secara rutin akan mempercepat hilangnya jerawat pada area wajah dalam tempo singkat. Kombinasi garam dan madu dipercaya efektif dalam meredakan nyeri dan juga peradangan yang terjadi pada area wajah yang berjerawat. Masker ini juga efektif dalam menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah dan juga akan menjaga kulit agar tidak terlalu kering. Kenapa garam bisa mengatasi jerawat?

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya kenapa garam dapur yang harganya murah dan rasanya asin itu efektif menghilangkan jerawat? Faktanya, garam dapur bisa membantu mengatasi jerawat oleh karena kandungan bahan berkhasiat yang ada dalam garam dapur ini, mulai dari kalium, natrium, magnesium, dan juga kalsium dalam jumlah yang cukup yang menjadi kunci dari kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat garam untuk wajah berjerawat

Mengurangi minyak berlebih: Minyak berlebih sering menjadi masalah tersendiri bagi wajah anda. Selain membuat wajah terlihat kusam minyak berlebih juga akan meningkatkan risiko jerawatan. Hal ini dikarenakan minyak berlebih dapat menarik kotoran ke kulit wajah sehingga akan membuat kotoran tadi menyumbat pori-pori kulit wajah anda. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena salah satu manfaat aram untuk wajah anda adalah mengontrol minyak berlebih terutama bagi anda yang berjerawat.

Mengurangi bekas jerawat di wajah: Manfaat garam untuk wajah selain dapat membantu mencegah jerawat dengan cara mengontrol minyak berlebih ternyata juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan dalam garam mengandung tinggi mineral yang berguna mengurangi bekas jerawat tersebut.

Sebagai Detoks Wajah: Salah satu cara mencegah jerawat yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan detoks. Ada bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengeluarkan racun dalam kulit atau yang lebih populer dengan istilah detoks tersebut, yaitu dengan memanfaatkan garam.

Perhatikan: Usahakan menggunakan garam saat anda tidak ingin beraktivitas di luar rumah, karena sinar matahari yang mengenai kulit dapat menyebabkan kulit menjadi mudah hitam atau terbakar.

Selain menggunakan larutan garam, Anda juga bisa melakukan berbagai tindakan pencegahan mulai dari konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (minimal 8 gelas sehari), perbanyak konsumsi buah dan juga sayur yang akan membuat kulit dan tubuh lebih sehat, serta menghindari konsumsi makanan yang kaya akan minyak yang berpotensi menyebabkan jerawat. Segera coba cara menghilangkan jerawat dengan garam untuk mendapatkan buktinya (jika Anda sedang mengalami masalah yang sama).

Share On