10 Cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami

Advertisement
Cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami dan cepat dengan bahan tradisional. Mempunyai jerawat di hidung atau di bagian wajah manapun tentunya cukup menjengkelkan, karena secara tidak langsung hal ini akan menggangu penampilan seseorang. Jerawat ini sendiri biasanya disebabkan oleh penyumbatan pada pori-pori kulit.
Cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami
image from www.amoils.com
Cara mengatasi jerawat di hidung

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan jerawat di hidung, antara lain :

Jangan dipegang

Ketika jerawat muncul, biasanya tangan juga menjadi gatal, rasanya selalu ingin menyentuhnya. Namun sebenarnya, tangan ini sumber dari aneka macam bakteri, terutama ketika tangan Anda kotor. Jika Anda menyentuh jerrawat terebut dengan tangan yang kotor, bisa jadi bakteri tersebut akan masuk melalui pori-pori kulit dan membuat jerawat meradang.

Mencuci wajah

Jika jerawat muncul, segera cuci wajah secara teratur, ada baiknya jika dilakukan 3 hingga 5 kali dalam sehari. Anda dapat mencuci wajah dengan menggunakan pembersih wajah, atau menggunakan waslap hangat. Dengan melakukan hal ini secara rutin, maka berbagai macam minyak berlebih, kotoran, dan hal lainnya yang dapat menyebabkan jerawat akan hilang.    

Tidak dipencet

Banyak orang yang percaya, jika menekan atau memencet jerawat, maka jerawat akan sembuh. Namun yang sebenarnya terjadi adalah kebalikannya, jerawat tidak keluar, justru, kulit akan semakin meradang, atau jika keluar, akan menimbulkan bekas luka yang sulit utnuk dihilangkan.

Menggunakan scrub

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan scrub, saat ini ada beberapa macam scrub wajah yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat tersebut. Penggunaan secara teratur, juga dapat membantu mengatasi jerawat, serta dapat mencegah jerawat.

Diuap

Menggunakan teknik uap, sebagai cara untuk mengatasi jerawat juga dapat Anda lakukan. Caranya cukup mudah, pertama-tama siapkan handuk bersih, dan air panas yang sudah dimasukkan ke dalam mangkuk.  Berikutnya cuci bersih wajah, dan tutupi seluruh kepala dengan handuk, letakkan mangkuk tepat di depan wajah. Lakukan teknik ini selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu, Anda dapat membilasnya menggunakan air dingin.

Cara menghilangkan jerawat di hidung

Cara menghilangkan jerawat di hidung lainnya adalah dengan menggunakan beberapa masker alami. Menggunakan masker seperti ini, selain dapat menghilangkan jerawat, dapat membuat kulit lebih sehat, juga tidak memiliki efek samping negatif pada kulit.
Bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat masker ini juga mudah dicari di dalam rumah, antara lain :

1. Masker alpukat dan madu

Alpukat dan madu kaya akan kandungan beberapa jenis vitamin dan juga antioksidan, kandungan tersebut yang dapat mengatasi jerawat di kulit dengan baik.  Siapkan 1 buah alpukat yang sudah matang, dan madu secukupnya. Anda juga dapat menambahkan perasa jeruk lemon secukupnya. Ambil daging buah alpukat, dan haluskan. Tambahkan 1 sdm madu, kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan masker ini pada wajah yang berjerawat, yang sebelumnya sudah dicuci besih. Diamkan masker tersebut selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

2. Baking soda

Cara membuat masker ini cukup mudah, siapkan 2 sdm  baking soda, dan 1 sdm air. Campur kedua bahan tersebut, hingga menjadi adonan pasta. Kemudian aplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat, namun sebelumnya cuci bersih wajah yang berjerawat tersebut. Biarkan masker hingga kering, yaitu sekitar 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.  

3. Lemon

Lemon yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga kaya akan kandungan antioksidan, yang dapat membantu mengatasi berbagai macam bakteri sekaligus memberikan antioksidan penting pada kulit.

Cara menghilangkan jerawat di hidung lainnya adalah menggunakan lemon. Siapkan 1 buah lemon, kemudian tekan-tekan. Peras jeruk lemon tersebut, dan simpan dalam wadah. Cuci bersih wajah dan aplikasikan jeruk lemon tersebut ke bagian yang berjerawat, atau pada seluruh bagian wajah. Diamkan selama sekitar 15 menit, dan bilas menggunakan air hangat.

4. Pasta gigi

Ada beberapa bahan aktif yang terdapat dalam pasta gigi, yang dapat mengatasi jerawat, antara lain fluoride, triclosan, dll. Selain dapat mengatasi jerawat, penggunaan pasta gigi ini juga dapat meredakan peradangan pada kulit.

Cara menggunakan masker ini adalah dengan mengoleskan pasta gigi tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Namun pastikan bagian wajah tersebut sudah dicuci hingga bersih. Masker pasta gigi ini sebaiknya dibiarkan selama 2 jam, atau bahkan semalaman. Bilas masker tersebut dengan menggunakan air dingin.

5. Putih telur

Selain dapat mengecilkan pori-pori kulit, putih telur yang kaya akan enzim lysozim ini juga dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Adapun cara untuk membuat masker ini adalah, Anda harus menyiapkan putih telur dari 1 buah telur, yang sudah dipisahkan dari kuningnya, dan kocok hingga berbusa. Aplikasikan putih telur tersebut pada bagian wajah yang berjerawat, dan biarkan hingga kering. Anda juga dapat mengaplikasikan masker putih telur ini pada seluruh bagian wajah. Setelah kering, bilas masker tersebut menggunakan air hangat, dan cuci kembali menggunakan air dingin. 

6. Tomat

Tomat bukan hanya dimanfaatkan sebagai sayur saja, tetapi juga bisa digunakan untuk bahan perawatan kecantikan. Hal ini memang tidak mengherankan mengingat tomat sendiri mengandung tinggi nutrisi termasuk antioksidan dan vitamin penting seperti vitamin C dan A. Cara menghilangkan jerawat di hidung bisa anda lakukan dengan menghaluskan satu buah tomat berukuran sedang. Terapkan ke kulit wajah yang berjerawat dan diamkan sekitar 15 menit.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan wajah anda. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab alami dan perawatan jerawat, termasuk menghilangkan jerawat di hidung. Cara memanfaatkan minyak kelapa: Ambil satu sendok teh minyak kelapa ke telapak tangan Anda dan biarkan sampai meleleh. Gunakan ujung jari untuk memijatkan minyak kelapa tadi di area hidung yang berjerawat. Anda bisa menunggu sekitar 1 jam kandungan asam lemak esensial dan vitamin dalam minyak kelapa bisa memperbaiki kulit anda. 

8. Mentimun

Bahan alami lain yang tidak kalah untuk menghilangkan jerawat adalah mentimun. Meskipun biasanya mentimun digunakan sebagai sayur tetapi sayur yang satu ini tidak jarang juga dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan seperti mengobati jerawat secara alami. Mentimun mampu menyerap minyak berlebih di kulit wajah yang menjadi penyebab jerawat. Jadi selain bermanfaat menghilangkan jerawat di hidung, mentimun juga akan membantu anda mencegah jerawat muncul kembali.

9. Masker kentang

Kentang memiliki kandungan nutrisi yang cukup melimpah meliputi vitamin dan mineral penting yang bagus untuk kesehatan dan penyembuhan kulit. Hal ini membuat banyak orang sering menggunakan kentang sebagai bahan efektif untuk menghilangkan jerawat secara alami. Cara mengobati jerawat di hidung dengan kentang: haluskan kentang berukuran sedang setelah itu tambahkan sedikit madu. Gunakakan sebagai masker wajah termasuk hidung. Selain berguna menyingkirkan jerawat di hidung kentang juga membantu menyamarkan flek hitam bekas jerawat.

10. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak sekali termasuk melembabakan kulit, menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit sampai menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat di hidung dengan lidah buaya: ambil gel lidah buaya berukuran sedang kemudian haluskan sampai teksturnya lebih encer. Tambahkan satu sendok teh jeruk nipis setelah itu aduk hingga merata. Terapkan ke wajah anda kemudian biarkan selama 10-15 menit. Bersihkan wajah anda jika sudah selesai.

Demikian beberapa pilihan cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami yang bisa anda coba di rumah. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca

Share On