10 Cara menghilangkan belang di wajah secara alami dan cepat

Cara menghilangkan belang di kulit wajah secara alami dan cepat menggunakan bahan yang mudah ditemui. Anda kesulitan memilih produk makeup yang sesuai dengan wajah Anda? Misalnya foundation yang dipakai bisa memberikan coverage yang bagus pada sebagian besar wajah, namun pada area tertentu kok terlihat lebih gelap? Ini artinya Anda punya masalah dengan kulit yang belang atau yang disebut juga dengan uneven skin tone.
Cara menghilangkan belang di wajah
ilustrasi cara menghilangkan belang di wajah
Penyebabnya secara umum adalah terjadinya hyperpigmentation yaitu penggelapan yang tidak rata pada kulit wajah  karena produksi melanin yang berlebihan. Produksi melanin yang berlebihan, penyebab utamanya adalah eksploitasi kulit terhadap sinar matahari terutama yang sifatnya langsung. Melanin sendiri adalah zat alami yang ada di dalam tubuh dan bertanggung jawab untuk memberikan warna pada kulit dan juga rambut Anda. Namun tentu yang namanya berlebihan pasti tidak bagus, begitu juga dengan produksi melanin yang berlebihan membuat Anda memiliki warna kulit yang tidak rata, dan membuat penampilan tampak lebih tua. Bagaimana cara menghilangkan belang di wajah?

Penyebab utama belang pada wajah

Hal-hal yang bisa Anda salahkan dan sepatutnya untuk dihindari atau diminimalisir yang menyebabkan kulit jadi belang adalah beberapa hal berikut ini:

1. Sinar matahari

Melanin diproduksi oleh tubuh untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Oleh karena itu apabila kulit terus terekspos oleh sinar matahari tanpa perlindungan maka melanin juga akan terus diproduksi sehingga menimbulkan pigmentasi yang membuat kulit jadi lebih gelap.

2. Polusi

Polusi tidak hanya bisa mengganggu pernafasan Anda, ternyata partikel-partikel gas beracun yang ditimbulkan oleh sumber polusi bisa masuk ke dalam permukaan kulit dan menyebabkan sel-sel kulit jadi cepat mati sehingga menimbulkan kondisi kulit yang kompleks.

3. Hormon

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan belang di wajah dan membuat kulit jadi lebih gelap. Perubahan hormon yang menyebabkan warna kulit jadi tidak rata banyak terjadi pada wanita yang  hamil atau yang sedang mengonsumsi pil kontrasepsi, namun juga bisa disebabkan karena reaksi kosmetik dan obat-obatan lainnya.

4. Pasca inflamasi

Warna kulit yang lebih gelap juga bisa disebabkan karena inflamasi pada kulit yang menyebabkan luka misalnya bekas jerawat dan luka fisik lainnya.

Cara menghilangkan belang di wajah

Setelah tahu penyebabnya, bagaimana cara menghilangkan belang di wajah? Perhatian terhadap warna kulit yang tidak rata sudah menjadi bagian dari kecantikan sejak berabad-abad lalu lamanya. Kini Anda bisa menggunakan jasa dermatologis untuk memberikan perawatan yang paling pas dengan jenis dan kondisi kulit Anda, namun tentu dengan resiko-resiko tertentu. Oleh karena itu pastikan Anda berkonsultasi dengan mendalam dengan ahli kulit profesional pilihan Anda. Selain itu, ada beberapa hal yang juga bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasi kulit belang, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kedelai

Cari masker atau produk perawatan kulit wajah yang mengandung kacang kedelai (soy) pada komposisinya. Kandungan protein yang tinggi pada kacang kedelai bisa membantu meredakan kulit yang memerah karena jerawat atau karena kena sinar matahari. Kulit yang merah apabila kena matahari terus-terusan akan membuat kulit jadi lebih gelap.

2. Baking soda

Baking soda adalah rahasia untuk mendapatkan warna kulit yang lebih cerah dan terbebas dari belang karena partikelnya cukup lembut untuk dijadikan sebagai eksfoliator alami pada wajah. Anda cukup membuatnya menjadi pasta, bisa dicampur dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis untuk mendapatkan masker gampang yang bermanfaat.

3. Lidah buaya

Anda yang sudah melakukan banyak riset tentang produk skincare yang aman dan natural pasti sudah tidak asing dengan lidah buaya yang bisa mengatasi berbagai macam masalah pada kulit seperti belang pada wajah dengan cara yang sangat aman. Gelnya bisa digunakan untuk membuat kulit warna jadi lebih merata dan mencerahkan kulit yang terbakar karena matahari dengan sensasi yang mendinginkan.

4. Buah jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C di mana vitamin ini sangat penting untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan lebih berenergi. Kandungan pemutih alami yang ada pada jeruk bisa mengatasi belang sekaligus menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak akibat terpapar sinar matahari dan memberikan hasil kulit  yang lebih mulus dan warna yang lebih cerah sehat.

5. Oatmeal

Kehabisan baking soda untuk menghilangkan belang secara alami dari kulit Anda? Oatmeal juga bisa menggantikan peran baking soda sebagai eksfoliator alami. Campur oatmeal dengan berbagai macam bahan misalnya madu, air jeruk lemon, air jus tomat, dan bahan alami lainnya untuk mendapatkan warna kulit yang lebih cerah dan merata.

6. Tomat

Tomat adalah satu dari sekian banyak bahan alami yang mampu mengatasi belang pada kulit wajaha nda. Tomat sering digunakan sebagai pemutih alami wajah karena mengandung tinggi vitamin C. Selain menghilangkan belang, tomat juga berguna menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Jika digunakan secara teratur, buah tomat dapat membuat kulit anda tampak lebih cerah. Apalagi sifat antioksidan yang dimiliki tomat bisa melawan radikal bebas dan membuat kulit terlihat muda dan kenyal.

7. Susu

Susu mengandung sejumlah kalsium yang dapat membantu memperbaiki warna kulit, termasuk mengatasi belang di wajah dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, digunakan secara teratur susu  kandungan kalsium dalam susu dapat diserap ke dalam epidermis bagian atas kulit sehingga dapat menciptakan lapisan pelindung kulit Anda. Hal ini membuat susu menjadi pelindung kulit wajah dari sinra matahari langsung. Asam laktat dalam susu dapat membantu memperbaiki pigmentasi kulit atau belang di kulit wajah. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap susu, sebaiknya jangan menggunakan susu.

8. Masker beras

Manfaat masker beras sangat banyak sekali selain berguna mengangkat sel kulit mati, beras juga bermanfaat menghilangkan belang di kulit wajah. Tepung beras mengandung asam para-aminobenzoat yang tidak hanya melindungi kulit Anda dari sinar matahari tapi juga meningkatkan kadar vitamin C di tubuh Anda. Tepung beras memiliki sumber vitamin C, vitamin E, antioksidan, dan asam ferulic yang sangat baik. Karena alasang inilah yang membuat tepung beras bermanfaat dalam melembabkan, dan melindungi kulit Anda dari racun, radikal bebas, dan polusi.

9. Ekstrak murbei

Bila Anda sedang mencari produk alami yang dapat mengatasi belang pada kulit wajah maka anda bisa memilih produk kecantika yang terdapat komposisi ekstrak murbei pada labelnya. Ekstrak murbei dapat membantu mengurangi produksi melanin dan mengurangi pigmentasi gelap pada kulit wajah, ini sangat membantu mengatasi belang pada kulit anda. Selain itu, ekstrak murbei memiliki kandungan flavonoid fenolik yang kuat seperti quercetin, asam gallic, asam linoleat dan asam palmitat. Flavonoid ini sangat bagus untuk kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin menemukan bahan alami yang efektif untuk meratakan warna kulit sebaiknya jangan abaikan ekstrak murbei.

10. Asam kojat

Asam kojat bisa ditemukan pada tumbuhan seperti jamur. Asam kojat dapat menghambat aktivitas tirosinase dan mencegah produksi melanin. Asam kojic berasal dari Jepang dan orang Jepang sering menggunakannya sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit. Asam kojic dapat menyebabkan iritasi pada kulit pada beberapa orang. Oleh karena itu, sebelum menggunakan asam kojic sebagai bahan penghilang belang, Anda harus menerapkannya pada area pergelangan tangan untuk melihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi buruk yang terjadi, Anda bisa menggunakan asam kojic ke kulit wajah Anda.

Ingat bahwa warna kulit wajah yang belang banyak dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. Oleh karena itu pastikan Anda menggunakan sunscreen atau sunblock dengan SPF dan PA++ untuk melindungi kulit dari dampak buruk hyperpigmentation. Demikian beberapa hal yang bisa menjadi perhatian Anda untuk cara menghilangkan belang di wajah.

Share On