10 Cara mengatasi rambut rontok secara alami untuk pria dan wanita

Cara mengatasi rambut rontok secara alami dan aman karena menggunakan bahan tradisional. Kerontokan pada rambut adalah masalah umum yang banyak dialami oleh orang. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kerontokan rambut termasuk efek lingkungan, penuaan, merokok berlebihan, terlalu banyak tekanan atau stres, kekurangan nutrisi terutama protein, faktor genetik, sampo yang mengandung bahan kimia, ketidakseimbangan hormonal, dan kondisi medis seperti kelainan tiroid. Pada artikel ini, kita akan mencoba mengulas bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami yang aman untuk pria & wanita yang pastinya tanpa efek samping. Dalam artikel ini juga mencantumkan bagaimana mencegah dan merawat rambut anda agar tidak mudah rontok. Meskipun demikian, ini hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan untuk memberikan saran medis. Untuk itu teruslah mencari informasi dan jangan sungkan bertanya dengan dokter atau tenaga medis profesional untuk membantu anda mengatasi masalah rambut rontok.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami
Cara mengatasi rambut rontok secara alami, image by webmd.com

Kerontokan rambut tidak hanya mempengaruhi kulit kepala Anda tapi juga seluruh tubuh Anda. Kerontokan rambut bisa dilihat pada siapa saja termasuk wanita, pria, dan anak-anak. Rambut rontok secara umum bukan merupakan penyakit serius. Akan tetapi, hal itu membuat banyak orang kehilangan kepercayaan diri mereka karena rambut rontok rontok lama kelamaan dan menyebabkan kebotakan. Beberapa orang membiarkan rambut rontok atau kebotakan mereka hilang dan tidak diobati. Yang lain harus menutupi kebotakan mereka dengan riasan, gaya rambut, syal atau topi. Tentu saja, ada banyak produk rambut atau perawatan yang tersedia di pasaran. Produk dan perawatan mereka bertujuan untuk mencegah kerontokan rambut lebih lanjut dan mempercepat laju pertumbuhan rambut. Beberapa produk untuk mengatasi masalah rambut rontok mungkin bisa bekerja secara efektif.

Namun, sulit bagi kita untuk memilih produk terbaik yang tepat dan juga aman. Produk dengan harga yang mahal bukan berarti itu baik untuk Anda, produk yang bekerja untuk teman Anda belum tentu juga bisa bekerja dengan baik untuk anda. Beberapa produk bisa memperburuk rambut rontok Anda karena bahan kimia berbahaya yang dikandungnya. Jika anda ingin mencari cara mengatasi rambut rontok secara alami dan aman, mari simak ulasan berikut ini:

1. Minyak almond
Cara mengatasi rambut rontok dengan almond
minyak almond untuk rambut rontok

Minyak almond merupakan bahan alami yang cukup bagus untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan minyak almond kaya akan kandungan asam lemak sehat, magnesium, dan vitamin E. Menggunakan minyak almond untuk bahan perawatan bisa membuat rambut Anda tampak berkilau dan lembut. Asam lemak dan protein dalam minyakalmond berguna memperkuat folikel rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan. Nutrisi dalam minyak almond dapat memulihkan rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh bahan kimia dari sampo. Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak almond:

  • Ambil minyak almond secukupnya
  • Oleskan ke rambut dan kulit kepala Anda hingga merata
  • Gunakan handuk atau penutup kepala untuk menutupi rambut Anda dan biarkan selama kurang lebih 1 jam
  • Bilas dengan sampo dan kondisioner jika sudah selesai
  • Pengobatan rumah semacam ini sangat membantu mengatasi rambut rontok jika diterapkan setidaknya tiga kali seminggu.

2. Kentang
Cara mengatasi rambut rontok dengan kentang
Cara mengatasi rambut rontok dengan kentang

Manfaat kentang untuk perawatan kecantikan memang cukup banyak. Selain bisa digunakan sebaai masker wajah kentang juga berguna mengatasi rambut rontok secara alami dan aman. Kentang mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalium, zat besi, dan vitamin C yang dapat mendorong pertumbuhan rambut sehingga dapat mencegah kebotakan. Studi menemukan bahwa kekurangan potassium dapat meningkatkan risiko kerontokan pada rambut. Oleh karena itu, diabjurkan bagi anda untuk banyak mengonsumsi makanan kaya kalium dalam seperti kentang. Selain dikonsumsi secara langsung kentang juga bisa diterapkan langsung ke rambut anda. Cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan kentang:

  • Cuci kentang kemudian kupas kulitnya
  • Potong kentang menjadi beberapa bagian
  • Masukkan potongan kentang tadi ke dalam blender untuk dihaluskan, jangan lupa tambahkan sedikit air agar teksturnya lebih lembut
  • Gunakan kain muslin untuk menyaring jus kentang
  • Tambahkan madu secukupnya untuk memberikan hasi terbaik
  • Terapkan ke rambut anda selama 20 sampai 30 menit
  • Bilas dengan sampo 

3. Alpukat
Cara mengatasi rambut rontok dengan alpukat
buah alpukat segar

Alpukat telah lama dianggap sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Mengonsumsi alpukat secara teratur dapat memberi Anda kesehatan yang baik dan sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Tapi manfaat alpukat bukan hanya itu. Alpukat termasuk dalam daftar bahan alami yang cukup ampuh untuk mengatas rambut rontok berkat kandungan nutrisinya. Buah ini juga bisa berfungsi sebagai pelembab alami rambut yang bisa memperbaiki kondisi rambut seperti kerusakan dan kekeringan. Vitamin E dan vitamin B yang ditemukan dalam buah alpukat bisa menguatkan akar rambut dan folikel. Vitamin E memperbaiki kerusakan rambut yang menyebabkan rambut rontok. Selain itu penggunaan alpukat juga membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut. Alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan setiap helai rambut sekaligus membantu mengatasi rambut rontok. Cara menggunakan alpukat untuk rambut rontok:

  • Haluskan buah alpukat berukuran besar dengan blender
  • Tambahkan kuning telur ke dalam adonan tadi kemudian aduk kembali hingga kedua bahan tadi menyatu dengan sempurna
  • Tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta
  • Sebelum menerapkannya ke rambut anda, basahi rambutmu terlebih dahulu dengan air
  • Jika sudah, oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala Anda sampai merata
  • Pijat dengan lembut agar kandungan nutrisi dalam alpukat bisa meresap
  • Diamkan sedikitnya 20 menit kemudian bilas dengan air

4. Yoghurt
Cara mengatasi rambut rontok dengan yoghurt
yoghurt organik

Yoghurt dianggap sebagai kondisioner alami untuk rambut. Bahkan yoghurt sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk berbagai macam produk kecantikan rambut termasuk untuk mengatasi masalah rambut rontok. Yoghurt memiliki kandungan protein dan vitamin B5 yang sangat penting untuk menutrisi rambut dari dalam mapun dari luar. Vitamin B5 dan protein tidak hanya membuat akar rambut lebih kuat tapi juga mempercepat pertumbuhan rambut anda. Sifat antibakteri yang dimiliki yoghurt memainkan peran penting dalam melindungi rambut dari kerusakan. Cara menggunakan yoghurt untuk rambut anda:

  • Campurkan yoghurt organik dan madu dalam mangkuk
  • Tambahkan sedikit jus lemon ke dalam campuran kedua bahan tadi
  • Aduk ketiga bahan tadi sampai benar-benar berbentu seperti pasta
  • Oleskan pasta ini ke kulit kepala dan akar rambut Anda dengan bantuan kuas pewarna rambut
  • Biarkan selama sekitar 30 menit setelah itu bilas dengan air hangat

5. Daun kari
Cara mengatasi rambut rontok dengan daun kari
Daun kari

Daun kari adalah salah satu masker alami rambut untuk rambut rontok yang cukup baik. Daun kari bisa mengatasi kerontokan pada rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meremajakan folikel rambut yang rusak. Apa lagi daun kari juga kaya akan nutrisi yang menunjang peningkatan pada kekuatan rambut anda. Kandungan vitamin B yang melimpah dalam daun kari bisa membuat rambut lebih kuat, sehat dan lebih padat. Daun kari sarat dengan antioksidan yang bisa membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan ketombe di kulit kepala. Sel-sel kulit mati dan ketombe merupakan salah satu penyebab masalah rambut rontok. Cara menggunakan daun kari:

  • Tambahkan beberapa daun kari ke dalam semangkuk minyak kelapa
  • Rebus campuran ini sampai Anda mendapatka residu hitam
  • Matikan panasnya
  • Biarkan campuran ini menjadi dingin
  • Oleskan campuran bahan tadi ke kulit kepala dan rambut Anda
  • Biarkan selama 1 jam
  • Bilas dengan air hangat dan sampo

6. Minyak kelapa
minyak kelapa untuk rambut rontok
minyak kelapa untuk rambut rontok

Minyak kelapa bukan hanya berguna menghilangkan ketombe sacara alami tetapi juga membantu mengurangi kerontokan pada rambut anda. Mungkin minyak kelapa adalah satu dari sekian banyak ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok yang cukup terkenal. Minyak kelapa memiliki sifat antijamur, dan antibakteri yang membantu mengatatasi semua masalah kulit kepala dan rambut. Minyak kelapa juga memberi nutrisi pada kulit kepala dan rambut sehinga dapat mencegah rambut rontok. Selain itu, minyak kelapa memiliki asam linoleat yang menjaga rambut tetap terhidrasi dengan baik sekaligus menjaga elastisitasnya, tidak berhenti sampai di situ asam oleat yang hadir dalam minyak kelapa membantu menguatdan dan menebalkan rambut secara alami yang pada gilirannya akan mencegah rambut rontok. Berikut cara mengatatasi rambut rontok secara alami dengan minyak kelapa:

  • Ambil minyak kelapa secukupnya 
  • Langsung terapkan ke kulit kepala dan rambut Anda secara menyeluruh
  • Pijat dengan lembut pada rambut anda selama beberapa menit.
  • Biarkan selama selama sekitar 4 - 5 jam atau sepanjang malam.
  • Setelah itu, bersihkan rambut Anda dua kali, pertama untuk menghilangkan sisa minyak kelapa pada rambut, yang selanjutnya untuk membersihkannya

7. Minyak Vitamin E
minyak vitamin e untuk rambut rontok
minyak vitamin e untuk rambut rontok

Penggunaan minyak vitamin E pada rambut bisa meningkatkan pertumbuhan dan mencegahnya dari kerontokan. Oleh karena itu, minyak vitamin E juga dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi rambut rontok. Minyak vitamin E kaya akan kandungan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, Vitamin E juga berguna meningkatkan aliran oksigen ke dalam tubuh dan sirkulasi darah di kulit kepala Anda. Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak vitamin E:

  • Ambil minyak vitamin E secukupnya kemudian oleskan ke rambut sambil memijatnya di kulit kepala dengan lembut
  • Biarkan minyak vitamin E di rambut dan kulit kepala Anda dalam semalam
  • Cuci bersih dengan sampo dan air dingin keesokan harinya
  • Ulangi perawatan ini secara teratur untuk mencegah rambut rontok

8. Ginseng
cara mengatasi rambut rontok dengan ginseng
cara mengatasi rambut rontok dengan ginseng

Ginseng telah lama digunakan sebagai obat tradisional China karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ginseng bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk rambut Anda. Ginseng sangat berguna untuk pengobatan rambut rontok. Sistem kekebalan tubuh yang lemah merupakan salah satu faktor penyebab rambut rontok. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan kemampuannya untuk melawan penyakit dan infeksi. Apalagi ginseng bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen melalui tubuh Anda sehingga ini dapat memperbaiki kelemahan pada sistem kekebalan tubuh anda. Bila semua bagian tubuh berfungsi dengan baik, maka tubuh Anda juga memiliki kemampuan untuk mencegah rambut rontok dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, nutrisi dan senyawa dalam ginseng cukup efektif dalam mendorong pertumbuhan rambut baru.

9. Cuci rambut anda dengan benar

Mencuci rambut sangatlah penting untuk menjaganya tetap bersih. Namun, hal ini haruslah dilakukan dengan cara yang benar. Jika rambut Anda tidak dicuci dalam waktu lama hal ini dapat mengakibatkan akumulasi minyak, kotoran dan residu yang akhirnya akan menyumbat pori-pori kulit kepala. Hal ini tentunya dapat menyebabkan rambut rontok.

Namun, mencuci rambut terlalu sering juga tidak baik. Misalnya mencuci rambut setiap hari akan menghilangkan minyak esensial dari kulit kepala Anda. Padahal minyak di kulit kepala memiliki manfaat untuk melindungi rambut dari kerusakan dan kekeringan. Cara terbaik adalah dengan mencuci rambut dua atau tiga kali seminggu untuk mencegah penumpukan kotoran tapi tetap menjaga kelembaban dan minyak esensial di kulit kepala Anda. Pastikan sampo Anda tidak mengandung sulfat dan paraben untuk mencegah kekeringan dan kerusakan rambut.

10. Paku ekor kuda

Di antara ramuan alami untuk mengatasi rambut rontok paku ekor kuda adalah salah satu pilihan yang sangat baik. Menggunakan ekor kuda tidak hanya mencegah kerontokan rambut lebih lanjut tetapi juga merangsang pertumbuhan rambut baru. Paku ekor kuda memiliki senyawa yang bermanfaat seperti kalium, alkaloid, flavonoid, saponin, asam akonitik dan asam silikat yang berfungsi sebagai obat dari ramuan tersebut. Paku ekor kuda telah digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih, prostat yang meradang, batu ginjal, inkontinensia, kista, osteoporosis, artritis dan pendarahan dalam. Sedangkan manfaatnya untuk rambut,paku ekor kudah dapat membantu mengatasi rambut rontok dan membuatnya menjadi lebih mengkilap.

Kemampuan ekor kuda untuk mengobati rambut rontok dikarenakan tanaman ini mampu merangsang pertumbuhan rambut. Paku ekor kuda juga bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan folikel rambut anda secara alami.

Perawatan menggunakan paku ekor kuda harus diikuti dengan saran dokter. Meski ramuan ini aman, sebaiknya anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Orang yang menderita diabtes harus menghindari penggunaan ramuan ini. Penting untuk diketahui bahwa tiamin dan suplemen yang mengandung kromium tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan paku ekor kuda karena dapat berinteraksi.

Demikian rangkaian cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa anda coba. Semoga bisa membantu anda.

Share On