Manfaat masker tanah liat untuk kulit wajah anda

Advertisement
Manfaat masker tanah liat
Image by J.Kelly 

Manfaat masker tanah liat untuk wajah sangat banyak, diantaranya ialah untuk mencegah wajah kusam, mengecilkan pori-pori kulit maupun menghilangkan noda bekas jerawat. Tanah liat yang biasanya digunakan untuk membuat berbagai kerajinan seperti keramik, kendi atau pot bunga akhir-akhir ini beralih fungsi sebagai salah satu alternatif perawatan kulit wajah secara tradisional. Dengan harga yang cukup ekonomis dan cara membuatnya yang tidak sulit, membuat banyak orang beralih menggunakan masker tanah liat.  Selain itu masker tanah liat diketahui mempunyai efek pembersih yang sangat baik dan dapat digunakan bagi berbagai macam jenis kulit.

Memiliki wajah yang cerah, bersih dan tidak berjerawat merupakan impian banyak wanita. Akan tetapi, kebanyakan dari beberapa wanita memiliki alergi atau sensitif terhadap produk kecantikan tertentu. Sehingga jika salah memilih dan menggunakan produk kecantikan bisa membuat wajah menjadi gatal-gatal, merah bahkan tumbuh jerawat. Bagi anda yang memiliki alergi seperti ini, menggunakan perawatan tradisional dengan masker tanah liat merupakan salah satu solusinya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat masker tanah liat untuk wajah, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

1. Menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat.

Masker tanah liat jenis bentonit merupakan jenis yang cocok untuk mengilangkan jerawat dan noda bekas jerawat pada wajah. Untuk memberi efek yang cukup memuaskan sebaiknya bentonit ini dicampurkan bersama tea tree oil dan juga oatmeal. Kandungan saponin serta efek anti inflamasi pada bahan alami tersebut dapat mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang, membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati.

2. Mencegah kekusaman pada wajah

Kandungan dalam tanah liat yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dapat membuat wajah lebih cerah dan terhindar dari kekusaman. Penyebab wajah kusam ialah produksi minyak pada wajah yang berlebih dan menumpuknya sel kulit mati, untuk itu selain menggunakan masker tanah liat ini anda juga disarankan untuk rajin mencuci muka untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

3. Menjaga kelembaban wajah

Selain manfaat di atas, masker tanah liat juga berfungsi untuk menjaga kelembaban wajah. Bagi anda yang memiliki kulit cenderung lebih kering dapat menggunakan masker tanah liat ini agar kelembaban wajah tetap terjaga, memiliki warna yang alami tanpa harus terlihat kering.

4. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang membesar pada wajah tidak dapat dianggap sepele karena bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat, komedo dan flek. Beberapa penyebab pori-pori membesar diantaranya adalah sinar matahari terik, salah menggunakan produk kosmetik, adanya produksi minyak yang berlebih dan faktor keturunan. Dengan menggunakan masker tanah liat selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah yang membesar tadi. Oleskan masker pada titik-titik fokus yang pori-porinya membesar, setelah itu basuh dengan air hangat.

Selain mengambil manfaat masker tanah liat untuk wajah dalam mengatasi masalah-masalah pada kulit wajah, anda juga harus menjaga kebersihan wajah dan pola makan. Dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan agar nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan kulit terpenuhi, sehingga wajah akan terlihat segar. Banyak minum air putih juga penting untuk mencegah kekusaman dan kekeringan pada kulit wajah anda. Pilihlah produk kecantikan yang tepat dan jelas sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Waspadai juga kandungan yang tidak baik bagi kulit pada produk kecantikan anda. Sebaiknya banyak menggunakan perawatan alami bagi wajah.

Share On