Cara merawat kulit wajah kering secara alami

Advertisement
Cara merawat kulit wajah kering
image from ahchealthenews.com

Cara merawat kulit wajah kering dianggap membingungkan bagi beberapa orang. Karena jika anda memiliki kulit kering, anda harus menjaga banyak hal  agar kelembaban kulit tetap terjaga dan tidak terlihat kering. Orang dengan kulit yang kering biasanya akan mudah menghitam bila terpapar sinar matahari. Selain itu masalah-masalah kulit lainnya juga akan mudah timbul. Oleh sebab itu menjaga kelembaban kulit menjadi penting demi menjaga kesegaran dan kesehatan kulit. Ada beberapa faktor penyebab kulit kering seperti dibawah ini:

Faktor keturunan

Faktor keturunan bisa memungkinkan seseorang memiliki kulit yang kering.

Terlalu lama diruang ber-AC

Lama-lama berada diruang ber-ac merupakan hal yang menyenangkan karena udaranya yang sejuk dan dingin. Akan tetapi kelamaan berada di ruang ber-ac dapat membuat kulit anda menjadi kering.

Salah menggunakan sabun

Salah menggunakan sabun juga merupakan salah satu penyebab kulit anda menjadi kering. Pilihlah sabun sesuai kebutuhan kulit, bagi anda yang memiliki kulit kering sebaiknya menggunakan sabun yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi.

Selain faktor-faktor di atas kurangnya minum air putih, pola makan yang salah dan tidur yang tidak teratur juga menjadi penyebab kulit kering. Asupan yang tepat bagi tubuh akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan segar.

Cara merawat kulit kering membutuhkan konsistensi. Mengapa? karena jika anda tidak konsisten bisa-bisa kulit anda yang sudah lembab kembali menjadi kering. Dibawah ini merupakan tips untuk merawat kulit yang kering:

1. Menjaga durasi mandi

Mandi memang penting bagi kebersihan kulit, akan tetapi jika terlalu lama bisa membuat kulit anda menjadi kering. Usahakan menjaga durasi mandi cukup selama 10-15 menit setiap kali anda mandi.

2. Memilih sabun yang tepat

Hindari menggunakan sabun yang terlalu banyak memiliki busa san detergen, alkahol, pewangi buatan dan juga pewarna buatan. Karena sabun yang mengandung banyak bahan tersebut dapat berbahaya bagi kulit. Pilihlah sabun yang banyak mengandung vitamin E untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Menggunakan lotion

Menggunakan lotion atau pelembab juga dapat membantu anda untuk merawat kulit yang kering dan menjaga kelembaban. Akan tetapi tidak hanya kulit kering saja yang disarankan menggunakan lotion, kulit dengan jenis apapun penting untuk menggunakan lotion. Dengan rutin menggunakan lotion minimal satu kali per hari dapat membantu anda untuk menjaga kelembaban kulit.

4. Mengoleskan madu

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada madu sangat bermanfaat bagi kulit, terutama untuk menjaga kelembabannya. Oleskan madu pada bagian-bagian kulit yang terlihat kering , diamkan selama beberapa saat lalu basuh dengan air yang mengalir.

5. Memastikan asupan lemak yang cukup

Kekurangan asam lemak juga merupakan salah satu faktor penyebab kulit menjadi kering. Untuk itu pastikan makanan yang kita makan memiliki asupan lemak cukup yang dibutuhkan bagi kulit. Akan tetapi jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan, konsumsi lemak berlebihan akan menyebabkan kegendutan.

6. Menjaga pola hidup sehat

Pola hidup sehat merupakan salah satu faktor penting yang menunjang kesehatan kulit. Usahakan untuk banyak minum air putih, makan dan tidur secara teratur dan olahraga secara rutin. Bukan hanya bagi kulit, pola hidup sehat menunjang kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Tubuh yang kita miliki sekarang adalah karunia dari Tuhan yang wajib kita jaga. Kalau bukan diri kita sendiri yang menjaga siapa lagi. Semoga tips tentang cara merawat kulit kering ini dapat bermanfaat bagi anda.

Share On