Cara menghilangkan garis halus di wajah secara alami

Anda yang sudah menginjak usia di atas 30 tahun pasti sudah mulai khawatir dengan adanya garis-garis halus pada wajah yang menjadi tanda-tanda awal penuaan pada tubuh. Garis halus yang muncul pada permukaan wajah adalah efek dari menurunnya kadar kolagen dan elastin alami yang ada di dalam tubuh karena bertambahnya usia. Selain itu munculnya garis halus pada wajah juga disebabkan karena kulit yang terpapar oleh efek buruk sinar UV selama hidup Anda yang akan semakin diperparah apabila Anda tidak rajin menggunakan sunscreen. Garis-garis halus yang merupakan tanda penuaan ini umumnya akan muncul ketika masuk ke usia 30an tahun dan terlihat pertama kali pada area mata dan juga mulut. Bisakah garis-garis halus ini dihambat efeknya sebelum menjadi keriput dan bagaimana cara menghilangkannya?

Mencegah timbulnya garis halus 

Satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan adalah keriput pasti akan terjadi pada manusia yang masuk ke proses penuaan. Namun keriput bisa ditunda kemunculannya, atau dikendalikan tingkat kedalamannya dengan melakukan perawatan rutin untuk mendapatkan tampilan yang terlihat awet muda. Seperti telah disebutkan sebelumnya, garis halus yang bisa menjadi keriput disebabkan oleh paparan sinar matahari, bahkan ketika Anda berada di dalam ruangan karena sinar matahari bisa menembus masuk ke dalam ruangan. Maka dari itu yang harus Anda lakukan mulai dari sekarang adalah:

1. Rutin menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 di siang hari baik ketika akan keluar rumah maupun hanya di dalam rumah saja.

2. Hindari terpapar langsung oleh sinar matahari, gunakan topi atau berlindung di bawah payung dan atap apabila Anda berada di luar ruangan.

3. Rutin membersihkan wajah setiap pagi dan di malam hari, silahkan untuk menerapkan berbagai macam rutinitas skincare yang paling cocok dengan jenis kulit Anda.
Cara menghilangkan garis halus di wajah
image from linkedin.com
4. Sebelum tidur, gunakan pelembab atau moisturizer yang mengandung kaya akan antioksidan untuk menyerap sisa kotoran dan sel kulit mati untuk dibersihkan keesokan harinya.

5. Anda juga bisa menggunakan krim mata yang bisa memberikan hidrasi pada area mata karena kulit di sekitar mata adalah area yang paling tipis dibandingkan kulit wajah lainnya.

Cara mengurangi garis halus pada wajah

Anda yang sudah berusia 40 tahun misalnya, tentu tidak bisa mengembalikan kondisi kulit seperti ketika usia 20an. Namun yang bisa Anda lakukan adalah agar pada usia 40 tahun Anda tidak terlihat seperti sudah masuk ke usia 50an tahun. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat garis-garis halus pada wajah agar tidak menjadi semakin dalam. Cara tersebut adalah dengan menggunakan krim wajah dengan kandungan tertentu, dan menggunakan cara natural dengan bahan-bahan alami.

Menggunakan krim wajah

Saat ini sudah banyak krim anti ageing yang dijual di pasaran untuk mengurangi dampak dari munculnya garis halus pada wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cari krim anti ageing yang mengandung retinoid, Alpha hidroxy Acid (AHA), glycolid acid, salicylic acid, dan moisturizer yang mengandung vitamin C dan E.

Menggunakan resep alami

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk merawat  garis halus adalah bahan yang sifatnya bisa melembutkan kulit agar garis halus tidak bertambah dalam, dan juga membantu meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh untuk mendorong permukaan kulit yang bergaris ke permukaan agar kembali mulus. Bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat masker buatan sendiri atau sebagai moisturizer alami antara lain adalah minyak nabati (minyak kelapa, minyak zaitun, tea tree oil), makanan yang banyak mengandung vitamin C, masker pisang, masker putih telur, lidah buaya, lemon, madu, dan masker timun.

Share On