5 cara membuat masker alami untuk wajah berminyak

Kulit wajah yang berminyak tak hanya membuat si pemiliknya merasa risih dan tidak percaya diri karena kulit terlihat begitu mengkilap dan kusam, tetapi juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat lebih banyak. Kelebihan minyak pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor lingkungan, makanan, keturunan dan lain sebagainya. Pada pemilik kulit wajah berminyak, biasanya kelenjar sebasea bekerja terlalu aktif untuk memproduksi minyak. Sehingga membuat kulit wajah mereka pun terlihat mengkilap akibat minyak berlebih.
image from marieclaire.com
Kulit Wajah Berminyak

Seperti kita ketahui, kulit manusia biasanya terdiri atas kulit kering, kulit berjerawat dan berminyak, kulit normal, kulit sensitive, dan kulit kombinasi. Tiap wanita biasanya ingin mempunyai kulit normal, karena kulit normal tak memiliki banyak masalah dan perawatannya pun lebih simple. Hal ini berbeda dibandingkan jenis kulit sensitive, kulit kering, kulit berjerawat dan berminyak. Anda harus mengenali jenis kulit terlebih dulu, hal tersebut dikarenakan agar Anda bisa melakukan perawatan kulit yang tepat.

Untuk kulit berminyak sendiri merupakan jenis kulit yang memproduksi minyak secara berlebihan. Biasanya baru beberapa lama memakai make up, maka make up pun sudah luntur serta wajah terlihat mengkilap dan kusam. Di samping itu, kulit berminyak ini lebih mudah mendapatkan berbagai risiko permasalahan kulit, seperti hadirnya jerawat dan komedo. Adapun hal tersebut disebabkan kandungan minyak pada pori-pori wajah menumpuk sehingga timbullah komedo dan juga jerawat. Bila hal tersebut sudah terjadi, biasanya masalah kulit akan semakin banyak dan kompleks.

Bagi para wanita, pastinya ingin mempunyai jenis kulit wajah sehat tanpa jerawat. Hanya saja biasanya wanita yang mempunyai segudang aktivitas di lapangan atau di luar ruangan ataupun yang bertubuh gemuk biasanya cenderung mempunyai kulit wajah yang berminyak. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab untuk Anda yang mempunyai kulit wajah berjerawat dan berminyak, ada beberapa jenis perawatan yang bisa Anda coba untuk pemilik wajah berminyak dan berjerawat.

Masker Alami Untuk Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah bermasalah, seperti kulit berjerawat dan berminyak, kini bisa mencoba masker alami untuk kulit wajah berminyak seperti berikut :

1. Masker Yoghurt

Salah satu manfaat yoghurt untuk wajah dipercaya dapat membantu proses penyerapan minyak berlebih di kulit, membuka bagian pori-pori kulit wajah dan mengelupas sel kulit yang mati. Masker alami kulit wajah berminyak tersebut dapat dibuat dengan mengoleskan 1 sdm yoghurt murni tanpa rasa ke seluruh bagian wajah secara merata dengan teratur sekali sehari. Kemudian biarkan hingga 15 menit lalu bilas wajah Anda menggunakan air dingin.

2. Masker lumpur

Masker alami untuk kulit wajah berminyak lainnya adalah dengan menggunakan masker tanah liat atau masker lumpur yang bisa membersihkan bagian pori-pori kulit serta menyerap minyak. Akan tetapi, biasanya dokter menganjurkan hanya sesekali saja mengaplikasikan masker lumpur ini untuk jenis kulit berminyak. Sebab dikhawatirkan dapat menjadikan kulit lebih mudah kering. Untuk membuat masker lumpur ini, Anda bisa menggunakan langkah di bawah ini :

Pertama-tama campurkan 1 sdm clay atau lumpur dengan 1 sdm witch hazel lalu aduk sampai merata. Kemudian oleskan masker secara merata ke seluruh permukaan wajah, lalu biarkan hingga 10 menit atau sampai Clay terakhir selanjutnya bilas sampai bersih.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan minyak lemon beberapa tetes untuk membantu mengendalikan kelenjar minyak di kulit wajah yang sangat aktif sekaligus juga sebagai pengharum.

3. Masker Mentimun

Masker alami untuk kulit wajah berminyak berikutnya adalah dengan menggunakan masker mentimun. Mentimun memiliki kandungan zat astringent sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi minyak pada wajah. Penggunaan yang pertama Anda bisa membuat masker mentimun dengan cara memotong mentimun berbentuk bulat kemudian ditempelkan pada wajah selama 15 menit lalu bilas memakai air bersih. Sementara untuk cara kedua yaitu dengan cara menghancurkan mentimun tersebut berbentuk butiran halus kemudian tempelkan ke seluruh bagian wajah lalu diamkan hingga 15 menit. Sesudah itu, bilas memakai air bersih.

4. Masker Tomat

Tomat adalah masker wajah paling efektif dan berkhasiat untuk pemilik kulit berminyak, sebab tomat bisa membantu kulit wajah melarutkan minyak yang berlebih serta mengurangi pori-pori pad akulit wajah. Tomat mempunyai zat alami sehingga menjadikannya sebagai pilihan paling tepat bagi kulit berminyak. Menggunakan masker tomat sendiri merupakan bentuk yang paling sederhana, sebab Anda hanya perlu mengolaskan buah tomat yang sudah dihaluskan ke seluruh wajah Anda, khususnya di area yang mempunyai minyak berlebih. Biarkan hingga 15 menit lalu bilas. Anda bisa mengaplikasikan masker tomat sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk menjadikan kulit lebih kencang, sehat dan tentunya bersih dari jerawat.

5. Masker Pepaya

Masker alami untuk kulit wajah berminyak berikutnya adalah masker papaya. Dimana masker ini dikenal sebagai jenis masker yang cocok bagi semua jenis kulit, tapi yang paling baik adalah untuk jenis kulit berminyak. Sebab diantara manfaat masker papaya untuk wajah adalah menghilangkan minyak yang berlebih pada permukaan kulit. Pepaya memiliki kandungan enzim dengan fungsi membantu pengelupasan kulit. Bila kulit berminyak disertai bekas luka dan jerawat, masker papaya tentunya sangat baik untuk mengatasinya. Adapun cara mengaplikasikan masker papaya di wajah ini tentu bisa menghasilkan banyak khasiat, tak terkecuali menjadikan kulit lebih fresh, mengencangkan kulit, mengurangi keriput serta membuat sel-sel kulit mati pun terangkat dengan sempurna. Caranya cukup denngan menghasulkan buah papaya matang pada mangkuk, lalu mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah sampai leher.

Itulah beberapa masker alami untuk kulit wajah berminyak yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Share On