8 Masker alami untuk memutihkan kulit wajah dan cara membuatnya

Memiliki kulit wajah yang putih bersinar tentu menjadi idaman hampir semua orang terutama wanita Indonesia yang secara umum memiliki kulit sawo matang. Hal ini muncul lantaran masyarakat terlanjur menganggap jika wanita yang cantik adalah wanita yang memiliki kulit putih. Tentu anggapan ini tidak seratus persen benar, karena sejatinya cantik itu bukan terletak pada kulit wajah yang putih saja, akan tetapi kecantikan muncul dari dalam diri seorang wanita yaitu berupa akhlak atau kepribadian yang baik.
Masker alami untuk memutihkan wajah
Masker alami untuk memutihkan wajah

Selain itu, jika kita menganggap cantik itu hanya wanita yang memiliki kulit putih, maka secara tidak langsung kita akan mengatakan saudari kita yang berasal dari papua atau NTT tidak cantik dong, karena sebagain besar wanita di daerah tersebut memiliki kulit hitam. Jadi intinya jangan terlalu berpedoman cantik itu hanya milik mereka yang berkulit putih saja ya. Dan yang tidak kalah penting adalah kulit yang sejatinya kita miliki adalah pemberikan Allah SWT yang patut kita syukuri, mau diberi kulit putih atau hitam maka anda tetap bisa terlihat cantik selama bisa merawatnya dengan benar.

Kulit putih yang sedang kita bahas di sini adalah kulit bersih yang sehat dan cerah jadi bukan warna pigmennya yang putih karena warna kulit yang hitam tidak bisa berubah menjadi putih mengunakan bahan alami. Kecuali jika anda melakukan perawatan medis yang menggunakan bahan kimia atau lainnya, tentu hal ini akan memberikan efek samping yang tidak sedikit untuk kesehatan anda, bahkan menjurus pada membahayakan kesehatan.

Masker alami untuk memutihkan kulit wajah seringkali digunakan untuk mengubah kulit wajah yang hitam, kering dan kusam menjadi lebih putih merona. Siapa sih yang tidak ingin wajahnya secerah wajah para artis yang berseliweran di televisi? Tentunya semua orang baik laki-laku maupun perempuan menginginkan wajah yang demikian. Ada cukup banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan wajah dengan criteria tersebut, mulai dari cara yang berisiko sampai pada cara yang bebas efek samping sama sekali. Jika Anda ingin memiliki wajah putih merona dan bebas efek samping dari penggunaan produk kecantikan yang sarat akan bahan kimia, berikut masker alami untuk memutihkan kulit wajah yang bisa Anda kreasikan sendiri di kediaman masing-masing. Tentunya pembuatan masker ini akan menjadi momen pengisi waktu luang yang menyenangkan bagi Anda. Apa saja masker tersebut? Simak selengkapnya ya!

1. Masker alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang kontradiktif. Kenapa demikian? Karena alpukat berkhasiat mengenyangkan, kaya akan lemak namun disarankan untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti untuk mencegah kolesterol jahat. Nah, selain itu, alpukat juga banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan, lho! Salah satunya yang bisa Anda kreasikan sendiri di rumah adalah masker alpukat. Masker alpukat kaya akan lemak baik yang bisa mencerahkan wajah, membuat kulit lebih kencang dan lebih awet muda. Masker alpukat bisa dibuat dengan cara dicampurkan dengan bahan lain seperti susu dan juga madu ataupun digunakan tanpa tambahan bahan alami lain. Cara membuat masker alpukat untuk kulit wajah:

  • Ambil setengah daging buah alpukat yang telah dikupas kulitnya. Letakkan pada mangkok lalu haluskan.
  • Tambahkan satu sendok madu dan susu lalu campur hingga merata.
  • Oleskan pada wajah secara menyeluruh lalu tunggu hingga 30 menit lamanya. Bilas dengan air hangat untuk hasil yang maksimal.

2. Masker madu

Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, masker madu memang sudah tidak diragukan lagi. Madu mampu menghilangkan noda-noda pada wajah, dan menjadikan wajah lebih putih, segar alami dan fresh saat dipandang. Penggunaannyapun simple dan harganya pun terjangkau. Cara pembuatan:

  • Ambil madu secukupnya.
  • Panaskan madu tersebut untuk hasil yang maksimal
  • Gunakan saat madu sudah dingin dengan cara dioleskan pada seluruh bagian wajah.
  • Bila madu dirasa terlalu lengket bisa ditambahkan air secukupnya
  • Tunggu lebih kurang 15 hingga 30 menit lamanya. Bilas hingga bersih dengan air dingin.

3. Masker Bengkoang

Salah satu manfaat bengkoang untuk kulit wajah yang utama adalah membantu mencerahkan kulit secara alami. Bengkoang selain nikmat saat dimakan juga cukup efektif dipakai untuk perawatan wajah. Biasanya ekstrak bengkoang digunakan pada banyak produk kecantikan baik itu sabun maupun body lotion. Cara pembuatan:

  • Kupas bengkoang lalu haluskan hingga lembut. Agar proses penghalusan berjalan lebih lancar tambahkan sedikit air.
  • Ambil sarinya lalu buang ampasnya. Oleskan secara merata ke seluruh wajah lalu tunggu hingga 30 menit.
  • Bersihkan dengan air dingin dan rasakan kulit wajah akan lebih kencang dan lebih merona dalam hitungan hari.

4. Masker Mentimun

Buah mentimun adalah jenis buah yang mengandung banyak air di dalamnya. Berkhasiat untuk menurunkan hipertensi dan juga baik untuk digunakan sebagai masker kecantikan. Mentimun efektif jika dipakai untuk menghilangkan kantung hitam di area sekitar mata. Selain itu, mentimun juga ampuh mencerahkan wajah dalam hitungan hari dan mengatasi masalah kulit berminyak. Minyak pada wajah akan diminimalisir sehingga wajah akan terhindar dari efek kusam dan berjerawat. Cara pembuatan:

  • Kupas mentimun lalu potong tipis-tipis. Cuci hingga bersih lalu tempelkan pada wajah.
  • Selain itu, jadikan mentimun sebagai bahan utama masker yang selanjutnya dioleskan pada wajah. Tunggu hingga setengah jam lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Masker beras

Manfaat beras bagi kehidupan manusia cukup banyak. Tidak hanya untuk bahan makanan pokok sehari-hari ataupun bahan utama jamu, beras juga bisa digunakan untuk membuat masker pemutih wajah. Beras efektif dalam mengangkat sel kulit mati sekaligus bisa digunakan sebagai scrub yang akan membuat kulit wajah lebih putih cemerlang. Kita bisa memakai butiran beras yang telah ditumbuk ataupun air endapan beras untuk mencerahkan kulit wajah. Cara pembuatan:

Ada dua cara penggunaan beras sebagai masker pemutih wajah. Pertama adalah dengan mengambil satu genggam beras lalu merendamnya dengan air bersih selama lebih kurang 2 jam. Beras yang telah direndam tersebut selanjutnya ditumbuk hingga halus lalu digunakan sebagai masker. Kedua, jangan membuang air rendaman beras  sampai ada sisa beras yang mengendap. Endapan tersebut bisa dipakai sebagai masker alami untuk memutihkan wajah.

6. Masker kentang

Dari kelompok sayuran, kita bisa memanfaatkan kentang untuk mencerahkan wajah agar lebih putih alami dan segar merona. Nutrisi yang ada dalam kentang hampir sama dengan yang ada pada buah mentimun yaitu berkhasiat menyegarkan dan juga membuat wajah lebih putih bersih alami. Cara pembuatan:

  • Ambil 2 buah kentang lalu kupas hingga bersih. Parut lalu ambil sarinya.
  • Oleskan sari kentang tersebut pada wajah sebelum tidur.
  • Tunggu selama lebih kurang 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

7. Masker kombinasi kunyit, kayu cendana dan juga susu

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur dengan segudang khasiat kesehatan dan juga kecantikan yang dimilikinya. Kunyit efektif dalam mencerahkan dan juga membersihkan sel kulit mati, sekaligus memberi nutrisi pada wajah. Adapun fungsi dari kayu cendana adalah untuk menghilangkan sel kulit mati sekaligus memutihkan wajah. Cara pembuatan:

  • Siapkan 2 sendok makan bubuk kayu cendana dan 1 sendok makan kunyit.
  • Campur kedua bahan tersebut dengan susu murni dan aduk hingga merata dan berbentuk seperti pasta.
  • Gunakan masker tersebut dengan cara dioleskan pada permukaan wajah lalu dibiarkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih dan wajah Anda pun akan bersinar merona dalam hitungan hari.

8. Masker pisang dan madu

Buah pisang adalah buah yang menjadi favorit mayoritas penduduk Indonesia. Buah yang lezat ini kaya akan vitamin C yang akan membuat wajah tampak lebih putih alami. Tambahkan madu alami yang kaya khasiat untuk mencerahkan wajah Anda.
Cara pembuatan:

  • Siapkan buah pisang raja atau pisang jenis lain dan madu secukupnya.
  • Potong pisang menjadi beberapa bagian, letakkan ke dalam mangkuk lalu haluskan dengan menggunakan sendok hingga benar-benar halus. Kemudian tambahkan madu secukupnya dalam mangkuk tersebut.
  • Usahakan tidak ada lagi gumpalan dan adonan mirip dengan pasta.
  • Setelah itu, oleskan pasta pada wajah hingga merata.
  • Diamkan hingga lebih kurang setengah jam lalu bilas dengan air hingga bersih. Gunakan masker alami untuk memutihkan kulit wajah ini setiap hari untuk hasil yang maskimal.

Share On