8 Manfaat susu untuk wajah yang cantik alami

Manfaat susu untuk wajah yang cantik alami. Susu adalah satu minuman yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut pun sudah sangat dikenal oleh semua kalangan. Mengonsumsi susu ini bahkan sudah dibiasakan sejak kecil agar bisa merasakan manfaatnya. Susu bisa dikonsumsi oleh semua usia, hanya tergantung jenis susunya saja yang berbeda. Beberapa manfaat susu diantaranya untuk membantu pertumbuhan anak, mencegah kerusakan gigi, mencegah osteoporosis, melindungi pencernaan, dan masih banyak manfaat lainnya.
Manfaat susu untuk wajah
image by pexels.com

Susu mengandung kalsium, kalium, vitamin A,D, protein dll. Sebenarnya susu tidak hanya untuk diminum, namun manfaat lain dari susu adalah bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Manfaat inilah yang menjadikan banyak salon kecantikan yang juga memanfaatkannya dalam memberikan pelayanan kecantikan. Berbicara manfaat susu, disini akan lebih spesifik lagi mengenai manfaat susu untuk wajah.

Manfaat Masker susu untuk wajah

1. Untuk meregenerasi kulit anda

Asam laknat yang terdapat di dalam susu dapat bermanfaat atau berkhasiat untuk menghilngakan sel kulit mati serta dapat merangsang pertumbuhan sel yang baru yang dapat mengganti lapisan kulit anda yang telah rusak. Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat dapat menghalangi pembentukan sel-sel baru pada kulit anda. Sehingga kulit anda akan selalu terjaga kesegaran dan juga kehalusan yang tampak bersih di wajah anda. Di dalam susu juga terkandung Alpha Hydroxy Acid ( AHA ) yang dapat membuat sel kulit mati terangkat, ini merupakan salah satu fungsi dari AHA itu sendiri. Cara membuat masker susunya ternyata sangat mudah.


  • Pertama, siapkan susu kental manis serta kapas wajah
  • Kedua, oleskanlah susu kental manis pada wajah anda dengan rata menggunakan kapas
  • Ketiga, diamkan selam 20 menit hingga susu mengering
  • Keempat, bilaslah wajah anda dengan air hangat, dan kemudian dengan air dingin agar pori-pori dapat tertutup. Sebaiknya lakukan hal ini dalam seminggu 2-3 kali agar hasil yang di dapatkan maksimal.

2. Untuk mengobati jerawat

Ketika anda berjerawat, anda pasti akan merasa risih dengan hal tersebut, apalagi jerawat tersebut dapat membuat kita sampai meradang serta dapat menyebabkan kulit wajah menjadi merah-merah. Faktor-faktor penyebab jerawat sangat beragam, salah satunya bisa disebabkan oleh kulit wajah yang kurang bersih sehingga kotoran menyumbat di pori-pori. Ternyata susu bisa lho digunakan untuk menghilangkan jerawat tersebut. Caranya adalah :Pertama, cucilah wajah anda dengan menggunakan susu. Kedua, diamkan beberapa saat agar susu dapat meresap

3. Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak

Bagi anda yang kuilt wajah berminyak, maka berhati-hatilah karena akan membuat kulit wajah anda akan cepat terlihat kusam dibandingkan jenis kulit lainnya. Nah, jika perawatan kulit tersebut tepat, maka dipastikan kulit anda yang berminyak akan tetap terlihat awet muda dan kencang. Dengan menggunakan masker susu tersebut akan dapat membantu anda mengatasi minyak yang berlebih pada kulit wajah. Caranya pun sama seperti pembahasan yang ada di atas.

4. Untuk mengahuskan kulit wajah

Kulit yang halus merupakan impian bagi setiap orang. Agar dapat mewujudkan hal tersebut maka anda dap menggunakan masker susu. Cara menghaluskan kulit wajah dengan susu adalah :

  • Pertama, sediakan susu bubuk dua sendok makan dan garam halus satu sendok makan
  • Kedua, campurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan air
  • Ketiga, aduk rata, kemudian oleskan pada wajah anda dengan rata. Usahakan ketika anda mengoles ke wajah anda, pijatlah dengan lembut
  • Keempat, diamkan selama 30 menit
  • Kelima, cucilah wajah anda dengan menggunakan air hangat dan bersihkan lagi dengan air dingin.

5. Untuk membuat kulit wajah anda tidak kering

Susu dapat mengatasi kulit wajah anda yang kering dan juga lembab serta halus. Caranya cukup mudah. Beriktu langkah-langkahnya.

  • Pertama, anda harus menyiapkan satu sendok susu, minyak zaitun, dan yoghurt
  • Kedua, campurkan semua bahan dan kemudian aduk hingga rata seperti berbentuk pasta
  • Ketiga, oleskan ke wajah dengan merata
  • Keempat, diamkan selama 20 menit sampai masker mengering
  • Kelima, setelah 20 menit maka anda dapat membilasnya menggunakan air bersih

6. Untuk menghilangkan kulit hitam di sekitar area mata

Susu sapi dapat membantu anda mengatasi masalah warna gelap di sekitar mata anda. Caranya adalah anda tinggal membasahi kapas dengan susu cair lalu kompreskan di bagian area mata anda. Tunggu selama 30 menit dan kemudian dibersihkan.

7. Untuk melembabkan dan membersihkan kulit  wajah

Cara melembabkan kulit wajah dengan susu cukup mudah, caranya adalah campurkan dua sendok makan susu bubuk dengan sari lemon lalu ditambahkan beberapa tetes minyak almond dan aduk hingga rata. Lakukan pada wajah dan bagian leher, hindari di bagian mulut dan mata. Diamkan selam 20 menit, dan dibersihkan. Memang ketika menggunakan masker ini akan terasa sedikit perih dikarenakan terdapat sari jeruk lemon. Namun masker ini cukup efektif melembabkan kulit wajah anda.

8. Mencegah penuaan dini

Manfaat susu untuk wajah juga bisa sebagai anti aging atau dapat mengatasi penuaan. Susu tersebut bisa dikonsumsi dan bisa juga dijadikan masker atau melakukan perawatan lain dengan susu. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam susu bagus untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari mana saja. Radikal bebas itulah yang menyebabkan terjadinya keriput lebih cepat.

Cara penggunaan susu untuk wajah sebagai anti penuaan ini adalah pertama menghangatkan susu terlebih dahulu, kemudian oleskan di wajah dengan menggunakan kapas, Susu bisa dalam bentuk susu murni atau bentuk bubuk. Anda  juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya karena jeruk nipis juga baik untuk kulit. Bisa juga dicampur dengan buah lain yang bermanfaat untuk kulit. Setelah itu aplikasikan di wajah dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilas bersih. Lakukan cara ini dengan rutin.

Cara membuat masker susu

Manfaat susu untuk wajah seperti yang sudah dijelaskan tentu banyak orang yang ingin memanfaatkannya. Mungkin diantara kalian masih bingung langkahnya sekalipun beberapa sudah dijelaskan di atas. Berikut adalah cara membuat masker susu untuk referensi anda. Masker susu ini juga dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Masker susu, madu dan jeruk nipis

Masker susu jenis ini agak perih jika sudah diaplikasikan pada wajah, namun kombinasi ini bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Car membuatnya yaitu campurkan susu bubuk dengan 1 sendok madu dan tetesan jeruk nipis secukupnya. Kemudian aduk rata. Setelah jadi, aplikasikan pada wajah dan biarkan hingga 15 menit. Bersihkan dengan air dingin dan rasakan manfaatnya. Lakukan perawatan ini secukupnya saja, jangan terlalu sering.

Masker susu, madu, yoghurt dan zaitun

Jenis masker susu lainnya adalah campuran dari susu, madu, yoghurt dan minyak zaitun. Fungsi dari masker ini adalah untuk mengatasi kulit kering. Campurkan semua bahan- bahan tersebut, setelah jadi langsung aplikasikan pada wajah. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas bersih dengan air dingin.

Mungkin anda ragu dalam mencoba susu sebagai masker untuk wajah karena anda berpikir wajah anda dapat mendatangkan semut karena manisnya susu tersebut. Yang perlu diketahui adalah susu yang digunakan untuk masker wajah adalah susu murni atau susu skim bubuk yang tidak mempunyai campuran gula sehingga sangat aman untuk kulit anda. Bahkan perawatan ini terbilang sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Jadi sangat direkomendasikan untuk anda yang tetap ingin tampil cantik. Nah, itulah beberapa manfaat susu untuk wajah anda, jangan lupa ya dipraktekkan. Semoga bermanfaat.

Share On