8 Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi dan efek sampingnya

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi
image by pixabay.com

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang mudah dan praktis. Pasta gigi merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat meskipun sebenarnya pasta gigi itu sendiri tidak dirancang untuk mengobati jerawat. Perlu diketahui jika tidak semua pasta gigi itu bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, untuk itu pastikan memilih jenis pasta gigi yang baik, yang nanti akan dibahas dalam artikel ini.

Sekilas tentang jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi akibat peradangan yang umumnya terjadi pada wajah atau bagian tubuh lain seperti punggung. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat salah satu diantaranya adalah faktor ketidak seimbangan hormon. Minyak berlebih di wajah juga bisa menjadi penyebab jerawat, hal ini dikarenakan kulit wajah berminyak akan memudahkan kotoran menempel sehingga akan menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat. Penyumbatan ini pada gilirannya akan menyebabkan peradangan dan terjadilah jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi bukanlah hal yang asing bagi sebagian orang, mereka percaya bahwa pasta gigi dapat bekerja dengan baik. Dikarenakan pasta gigi memiliki kandungan seperti baking soda, alkohol, menthol, hydrogen peroxide, essensial oil, dan triclosan. Perlu diketahui adalah, gunakan pasta gigi tersebut dalam takaran yang tepat serta maksimal agar dapat bekerja secara efektif. Nah agar anda tidak salah dalam menggunakan pasta gigi untuk jerawat. Maka di bawah ini akan dipaparkan beberapa cara- caranya.

  1. Membersihkan wajah. Sebelum menggunakan pasta gigi ke bagian jerawat, maka bersihkanlah wajah anda dengan sabun pembersih wajah. Tetapi perlu diingat bahwa anda harus menghindari memakai produk yang mengandung alkohol agar dapat mengurangi iritasi pada bagian kulit yang berjerawat tersebut.
  2. Kemudian bersihkan wajah anda dengan air hangat dengan menggunakan handuk, jangan menggunakan air yang terlalu panas. Tujuan dari penggunaan air hangat ini adalah agar pori-pori yang ada di wajah tidak menjadi kaku serta wajah menjadi lebih lunak.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung bahan kimia yang berlebihan. Dianjurkan memakai pasta gigi yang organik. Pasta gigi ini mengandung menthol, baking soda, triclodan dan hidrogen peroksida dalam jumlah yang sedikit.
  4. Jangan memilih pasta gigi yang berbentuk gel karena akan membuat kulit dan jerawat menjadi kering serta kaku. Gunakanlah pasta gigi yang memang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Akan dipastikan produk ini cepat dalam penyembuhan jerawat dipermukaan wajah anda. Serta dapat mengurangi reaksi iritasi dikarenakan pemakaian pasta gigi tersebut.
  5. Selalu lakukan uji reaksi pada kulit sebelum pemakaian pasta gigi di jerawat anda. Dikarenakan pasta gigi banyak mengandung bahan- bahan kimia. Agar dapat mengetahui apakah pasta gigi yang anda gunakan tidak menyebabkan iritasi, maka sebaiknya anda melakukan pengujian terlebih dahulu. Ambillah satu tetes pasta gigi dan terapkan pada ujung pergelangan tangan. Bila sampai keesokan hari tidak ada reaksi apapun pada kulit anda, maka anda bisa mencoba pengobatan pasta gigi ini.
  6. Kemudian ambillah pasta gigi sebesar ujung jari. Lalu anda oleskan pasta gigi tersebut hanya pada bagian kulit wajah yang benar- benar berjerawat. Lakukan langkah ini di saat malam hari.
  7. Biarkan pasta gigi yang ada di wajah anda, pastikan juga alas untuk tidur benar - benar bersih dari kuman.
  8. Di pagi hari, lalu bersihkan wajah anda dengan handuk yang sudah direndam sebelumnya dengan air hangat. Tidak dianjurkan untuk anda membersihkan pasta gigi dengan tangan kering setelah bangun tidur. Ini akan menyebabkan luka pada jerawat anda.

Jangan terlalu sering untuk menyembuhkan jerawat apalagi dalam jumlah yang banyak. Maksimal pengunaannya adalah dalam seminggu hanya 2 kali saja. Kandungan Triclosan yang ada di dalam pasta gigi memang kurang cocok untuk kulit. Terlebih lagi anda yang memiliki jenis kulit yang kering. Nah itulah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi.

Efek samping pasta gigi untuk mengobati jerawat

Perlu diketahui bahwa ada beberapa orang yang memang merasakan khasiat dari pasta gigi ini untuk mengobati jerawatnya, namun ada juga orang yang mengalami masalah kulit setelah menggunakan pasta gigi tersebut. Perlu diketahui adalah Dr. Neal Schultz mencatat bahwa pada pasta gigi sendiri tidak ditemukan bahan-bahan yang bisa menyembuhkan atau mengobati jerawat. Bahkan menurut Dr. Rebbecca Baxt sendiri, ia mengatakan bahwa “ Pasta gigi justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit, membuat jerawat semakin memerah, serta dapat terjadi pengelupasan pada kulit itu sendiri. Memang sebenarnya menggunakan pasta gigi sendiri untuk mengobati jerawat lebih mudah untuk dilakukan. Kita bisa mengetahui beberapa efek samping dari penggunaan pasta gigi ini.

Dapat membuat kulit wajah anda iritasi

Menurut para ahli ketika anda menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat, ada beberapa jenis kulit yang tidak cocok dengan penggunaan pasta gigi tersebut. Maka jika anda hendak menggunakan pasta gigi ini ke bagian jerawat anda, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Dapat membuat kulit wajah anda alergi

Gejala alergi ini bisa bermacam-macam. Seperti gatal-gatal, kulit memerah, ataupun rasa perih.

Itu adalah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan pasta gigi. Nah cara yang ampuh sebenarnya dalam mengatasi jerawat adalah lebih baik menggunakan obat kulit yang memang dirancang khusus untuk mengobati jerawat. Anda dapat mencoba krim jerawat atau gel  yang memang mengandung salicylic acid 1% atau 2,5% benzoil peroksida. Obat-obatan ini juga dapat membantu anda mencegah jerawat yang timbul ke permukaan wajah anda. Itulah beberapa penjelasan mengenai Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Semoga bermanfaat.

Share On