7 Manfaat lidah buaya untuk rambut dan cara pemakaiannya

Advertisement
Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah tidak diragukan lagi. Lidah buaya adalah tanaman yang mempunyai khasiat yang luar biasa tidak hanya untuk perawatan rambut tetapi juga karena sifatnya yang mengandung khasiat menyehatkan dan menyembuhkan beberapa macam penyakit mulai dari yang ringan hingga yang kronis. Muasal lidah buaya adalah dari Afrika Utara, Jazirah Arab dan juga Madagaskar. Tanaman tersebut pada akhirnya terdistribusi dengan baik di seluruh dunia bersamaan dengan imigrant yang kembali ke negaranya masing-masing ataupun oleh para scientists yang menyengaja untuk mendistribusikan tanaman tersebut ke seluruh negara agar manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh penduduk di dunia.
Manfaat lidah buaya untuk rambut
image by pixabay.com
Riset medis membuktikan bahwa lidah buaya memiliki khasiat menyembuhkan seperti infeksi kulit, mengatasi gangguan pencernaan, mulas, nyeri, sembelit, arthritis, dan masih banyak lagi. Gel lidah buaya terbukti memberi manfaat yang luar biasa pada kulit seperti untuk menghindarkan kulit dari jerawat, ruam kulit, keriput, dan beberapa masalah kulit yang lain. Dalam kaitannya dengan rambut, manfaat lidah buaya untuk rambut telah banyak dibuktikan. Kandungan nutrisi lidah buaya seperti protein, asam amino, vitamin A, C dan juga E, serta mineral yang ada di dalamnya membuat lidah buaya efektif merawat rambut rusak, rambut kering, rambut rontok, ketombe dan penyakit rambut dan kulit kepala yang lain.

Fakta Mengenai Lidah Buaya

Di dunia ada lebih kurang 240 jenis lidah buaya yang tidak semua jenis tersebut telah diberikan nama. Beberapa diantaranya yang cukup terkenal adalah Aloe Saponaria, Curacao Aloe, Aloe Chine sis, Aloe Variegate, dan juga Aloe Barbadensis. Adapun jenis lidah buaya yang umum dipakai untuk produk-produk kecantikan adalah Aloe Barbadensis yang termasuk salah satunya adalah untuk mengatasi masalah rambut mulai dari rambut rontok, rambut kusam, rambut kering, ketombe, seborrhea dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi yang ada dalam lidah buaya yang sangat bermanfaat adalah gula, mineral, sterol, asam amino, asam salisilat, antrakuinon, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya  kandungan nutrisi yang ada dalam lidah buaya, maka manfaat lidah buaya untuk rambut akan segera bisa Anda dapatkan secara maksimal.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

1. Mencegah rambut rontok

Bagi Anda yang mengalami masalah dengan rambut rontok, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan masalah ini. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi masalah rambut rontok karena faktor apapun baik itu faktor polusi, faktor stres, faktor kesehatan dan masih banyak lagi faktor-faktor yang lain. Enzim yang ada dalam gel lidah buaya terbukti ampuh dalam merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut yang telah rontok bisa cepat digantikan dengan rambut baru yang lebih kuat dengan gel lidah buaya tersebut.

2. Sebagai kondisioner alami

Nutrisi yang buruk serta polusi yang tinggi membuat rambut rawan rontok. Kondisi ini hampir ditemui di semua kota dan menjadi masalah bagi siapa saja. Selain itu, faktor lain yang berpengaruh pada kesehatan rambut adalah penggunaan alat penata rambut berlebihan yang menyebabkan masalah serius pada rambut. Ini tidak lain karena adanya daya listrik yang digunakan yang menghasilkan efek panas pada rambut. Sifat melembabkan yang ada pada gel lidah buaya bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mengatasi rambut rontok, kering, dan juga rambut yang sukar diatur. Lidah buaya berfungsi efektif sebagai kondisioner bagi rambut kering, kusam, rontok dan masalah rambut yang lain.

3. Pengontrol ketombe yang baik 

Masalah ketombe adalah masalah yang umum terjadi pada hampir setiap orang. Jawaban atas permasalahan ini salah satunya ada pada gel lidah buaya yang efektif mencegah timbulnya ketombe pada kulit kepala. Gunakan gel atau jus lidah buaya pada kulit kepala lalu diamkan selama lebih kurang setengah jam kemudian bilas dengan air hingga bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Mengatasi Masalah Rambut Berminyak

Rambut Anda lepek dan berminyak? Atasi dengan gel lidah buaya yang kaya akan astringent alami. Zat yang terkandung dalam lidah buaya inilah yang efektif menghilangkan kelebihan minyak pada rambut. Cara penggunaannya cukup dengan teteskan beberapa tetes jus lidah buaya pada shampo saat akan menggunakannya untuk mencuci rambut. Amati hasilnya dalam beberapa kali pemakaian.

5. Mencegah Seborrhea pada Kulit Kepala 

Masalah lain yang juga ditemukan pada kulit kepala adalah Seborrhea. Gangguan penyakit ini ditandai dengan banyaknya sekresi sebum pada kulit kepala. Over sebum atau minyak berpadu dengan kotoran akan membentuk kotoran pada kulit kepala yang pada akhirnya menghasilkan kerak yang berpotensi merusak folikel rambut. Penderita Seborrhea bisa dikurangi dengan pemberian gel lidah buaya namun tetap menggunakan jasa medis.

6. Menyuburkan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang selanjutnya adalah untuk menyuburkan rambut. Caranya adalah kupas kulit lidah buaya, potong gel-nya kecil-kecil lalu blender sampai halus. Oleskan pada kulit kepala lalu diamkan salama 10 menit dan terakhir bilas dengan shampo agar bau lidah buaya yang “khas” tersebut hilang.

7. Mengatasi rambut kering

Lidah buaya juga terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa dalam mengatasi rambut kering. Biasanya kita akan mengatasi masalah rambut kering ini dengan menggunakan kondisioner berbahan kimia yang justru berbahaya bagi rambut dan kulit kepala. Tiap helai rambut yang Anda miliki akan menjadi lembab dan jauh dari kategori rambut kering jika Anda mengoleskan gel atau jus lidah buaya setiap hari sebagai treatment alami yang Anda pilih.

Cara Pemakaian Lidah Buaya untuk rambut 

Cara pemakaian lidah buaya yang tepat dalam mengatasi masalah rambut yang sedang Anda alami akan bekerja secara efektif untuk mengurangi masalah rambut tersebut, adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu atau dua batang lidah buaya tergantung dari ketebalan rambut yang kita miliki. Pastikan lidah buaya tersebut dalam kondisi segar dan ukurannya pun besar agar daging gelnya lebih banyak. 
  • Kupas kulit lidah buaya hingga bersih lalu cuci bersih gel lidah buaya tersebut. 
  • Hancurkan gel tersebut sampai berbentuk jus baik dengan cara ditumbuk hingga halus atau dengan cara diblender sesuai selera. 
  • Cuci bersih rambut dengan menggunakan shampo yang cocok dengan jenis rambut kita. Kulit rambut yang dalam keadaan bersih akan membuat kulit rambut mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam tumbuhan tersebut. 
  • Setelah keramas dengan shampo, tunggu sejenak lalu oleskan gel lidah buaya tersebut pada rambut yang masih dalam keadaan lembab. Tunggu sekitar setengah jam lalu bilas dengan memakai air dingin. Setelah itu kembali gunakan shampo untuk mencuci rambut agar bau tidak sedap yang dihasilkan oleh gel lidah buaya hilang seketika. Untuk hasil maksimal, jangan gunakan hair drier untuk mengeringkannya. 

Share On