7 Manfaat garam untuk kulit wajah yang cantik

Advertisement
Manfaat garam untuk kulit wajah anda. Tak hanya berguna sebagai penambah rasa makanan, tetapi garam juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan wajah, perawatan gigi, rambut, jerawat serta berguna bagi kesehatan tubuh. Dengan memanfaatkan garam, tentunya kita lebih hemat melakukan perawatan kecantikan. Selain itu, perawatan kecantikan menggunakan garam juga dapat dilakukan dengan mudah. Untuk itu, Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk merawat wajah dengan garam.
Manfaat garam untuk kulit wajah
image by pixabay.com

Kegunaan Garam Untuk Kecantikan Wajah

Untuk Anda yang peduli dengan kecantikan wajah, bisa memanfaatkan garam. Adapun beberapa manfaat garam untuk kulit wajah anda diantaranya :

1. Menghilangkan Bopeng Pada Wajah

Jika Anda memiliki wajah yang bopeng, kini tak perlu menghambur-hamburkan uang hanya demi melakukan operasi wajah. Sebab Anda cukup memanfaatkan garam untuk mengatasi wajah bopeng secara efektif. Garam memiliki kandungan mineral tinggi yang membuat bopeng di wajah tak terlihat sekaligus juga dapat memperbaiki jaringan pada kulit. Selain itu garam juga berguna mengencangkan kulit wajah dengan baik. Untuk mengatasi bopeng di wajah menggunakan garam, caranya yaitu dengan memanaskan air garam menggunakan panci hingga beberapa saat dan tidak sampai mendidih.

Kemudian celupkan handuk yang bersih pada larutan garam tersebut dan tutup wajah memakai handuk bersih yang telah dicelupkan ke air garam tersebut. Biarkan hingga 10-15 menit lalu bilas memakai air dingin. Selanjutnya lakukan pemijatan pada wajah menggunakan air garam yang dicampur beberapa tetes minyak zaitun dengan perlahan menggunakan gerakan yang memutar.

2. Mengontrol Minyak Berlebih Pada Wajah

Manfaat garam untuk wajah berikutnya yaitu mengontrol kelebihan minyak pada wajah dengan baik. Adapun alasannya yaitu disebabkan karena garam memiliki kandungan belerang dan potassium di dalamnya. Untuk mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah dengan memakai air garam tersebut sangat mudah, Anda dapat menguapi wajah memakai air garam di malam hari sesaat sebelum tidur secara teratur. Anda juga bisa membilas atau membersihkan wajah memakai air garam. Dengan begitu, wajah pun tampak lebih bersih dan tidak berminyak.

3. Mengatasi Jerawat

Air garam juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Seperti kita ketahui, garam adalah mineral yang begitu baik untuk membantu membunuh dan membersihkan kuman. Dengan demikian air garam sangat efektif digunakan untuk membasmi jerawat, dimana jerawat itu sendiri disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan kuman pada wajah. Cara paling mudah untuk mengatasinya yaitu dengan membersihkan wajah secara rutin memakai air garam. Jika memungkinkan bisa ditambah oleh bahan-bahan lainnya, seperti minyak zaitun, bawang putih maupun masker alami yang lainnya.

4. Mengatasi Masalah Komedo

Manfaat garam untuk wajah yang tidak kalah penting adalah kemampuannya yang dapat mengatasi komedo. Komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup pelik. Komedo sendiri berupa kumpulan kotoran pada wajah yang telah menumpuk. Untuk mengatasinya, kini Anda tak harus membeli sabun wajah berharga mahal. Cukup dengan membasuh wajah memakai air garam, dengan begitu komedo pun lebih mudah dan cepat hilang. Sebab seperti sifat alami dari air garam yakni bisa membunuh dan membersihkan kotoran, kuman maupun bakteri yang telah menempel di wajah.

5. Sebagai Detoks Wajah

Garam juga berkhasiat sebagai media untuk mendetoksifikasi wajah secara efektif. Adapun caranya sangat simple, pertama-tama siapkan 2-3 sdm garam lalu campurkan garam tadi pada air hangat hingga larut. Bilas wajah menggunakan air garam tadi dan biarkan hingga 10 menit. Maka wajah pun terasa lebih bersih dan segar, sebab racun ataupun kotoran pada wajah menghilang dengan efektif. Cara ini selain dapat mengeluarkan racun juga berguna mencegah munculnya jerawa di wajah.

6. Melembutkan kulit

Tak hanya untuk kecantikan kulit wajah, tetapi garam juga berkhasiat untuk kecantikan kulit tubuh. Air garam bisa membantu melembutkan kulit, apalagi jika digunakan dengan prosedur yang benar. Saat Anda mandi, sebaiknya bisa menambahkan garam di bak mandi, bisa juga dengan berendam di bak mandi yang berisi larutan garam tersebut. Air garam bisa membunuh kuman dan bakteri serta membersihkan semua bagian tubuh dengan efektif. Sehingga bisa membantu mendapatkan kulit yang lembut, halus dan lebih cerah dibandingkan biasanya.

7. Memberishkan gigi

Manfaat garam untuk kesehatan gigi juga bisa kita manfaatkan dengan baik. Setiap orang tentu ingin memiliki gigi yang bersih dan putih. Gigi yang bersih juga termasuk salah satu indikasi kecantikan dalam diri setiap orang. Untuk mendapatkan gigi yang bersih dan putih, Anda tak harus memakai pasta gigi berkelas atau mahal. Tetapi cukup dengan memanfaatkan air garam untuk berkumur, atau bisa juga dengan mengolah garam berbentuk pasta, selanjutnya Anda aplikasikan pada gigi. Garam memililki sifat alami membunuh kuman dan bakteri, tentunya bisa menjadikan gigi lebih bersih, putih dan sehat.

Perhatian: Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan air garam pada wajah karena pemakaian yang terlalu sering dikhawatirkan dapat berefek kurang baik untuk kesehatan kulit wajah anda. Gunakan garam untuk wajah tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Selain itu, usahakan tidak menggunakan air garam untuk wajah saat anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan untuk mencegah kulit anda lebih hitam karena paparan sinar UV. Setelah penggunaan air garam cuci wajah anda hingga bersih dengan air biasa.

Share On