7 Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Cara menghilangkan kerutan di wajah adalah salah satu cara yang paling banyak dicari oleh wanita. Kerutan sendiri adalah dampak dari penuaan dini. Sebuah kondisi dimana kulit kehilangan elastisitasnya. Hal ini sendiri didasari oleh berbagai macam faktor, seperti faktor usia, pola hidup yang tidak sehat, terlalu banyak terpapar sinar matahari, serta hal-hal lainnya.
Cara menghilangkan kerutan di wajah
image by preventionpulse.com

Hal seperti ini sebenarnya cukup wajar, namun tidak bagi sebagian wanita. Ketika keriput melanda, itu artinya bencana! Rasa percaya diri mulai berkurang, lalu mencari berbagai macam cara menghilangkan kerutan di wajah, mulai dari menggunakan aneka macam perawatan wajah untuk menghilangkan kerutan, hingga menggunakan berbagai macam bahan alami untuk menghilangkan kerutan tersebut.

Saat ini memang banyak sekali produk yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kerutan di wajah. Penggunaan produk seperti ini memang cukup praktis. Akan tetapi tidak semua orang cocok menggunakan produk seperti itu. Akan berbeda halnya jika Anda menggunakan produk dari bahan alami. Prosesnya mungkin sedikit lebih panjang ketimbang menggunakan produk yang sudah ada, namun efeknya selain membuat kulit wajah bebas kerutan, juga aman untuk digunakan. Karena tidak akan menimbulkan efek samping yang negatif. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi penuaan dini tersebut :

1. Menggunakan putih telur

Cara pertama untuk menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan menggunakan masker dari putih telur. Putih telur ini mengandung berbagai macam khasiat yang dapat menutrisi kulit, serta memberikan kolagen yang baik untuk kulit.

Cara menggunakan masker dari putih telur ini juga cukup mudah. Pertama-tama, cuci bersih wajah Anda. Keringkan menggunakan handuk bersih. Kemudian siapkan 1 butir putih telur, dan kocok hingga berbuih. Setelah muncul buih, oleskan masker tersebut ke seluruh wajah hingga merata.  Diamkan hingga masker mengering. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menambahkan susu bubuk ke dalam kocokan telur, atau juga menggunakan tisu, untuk menutupi seluruh wajah yang terkena masker putih telur. Dengan menggunakan tisu seperti ini, proses pencabutan masker akan menjadi lebih mudah.

2. Menggunakan minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk wajah anda sangat banyak sekali, salah satunya mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan di wajah. Sudah sejak lama minyak zaitun digunakan untuk dunia kecantikan, selain dapat menutrisi kulit wajah dan kulit tubuh, minyak ini juga sangat berkhasiat untuk menutrisi kulit kepala.

Adanya berbagai macam kandungan nutrisi penting dalam minyak zaitun ini yang membuat kekenyalan kulit jadi lebih terjaga, dan keriput dapat diatasi secara alami.

Cara menggunakan minyak zaitun ini cukup mudah. Cuci bersih wajah Anda, kemudian keringkan menggunakan handuk. Air untuk membilas sebaiknya menggunakan air hangat, agar pori-pori kulit sedikit terbuka. Tuangkan minyak zaitun secukupnya pada wadah, aplikasikan minyak zaitun ini pada wajah secara merata, dan berikan pijatan ringan selama kurang lebih 5 menit. Ketika menggunakan masker ini, ada baiknya dilakukan pada malam hari, dan Anda dapat membilasnya pada keesokan harinya.

3. Susu dan madu

Seperti diketahui bersama susu mempunyai berbagai macam protein, serta kandungan gizi lainnya. Sementara madu kaya akan zat yang mampu melembabkan kulit. Ketika susu dan madu dicampurkan, maka kandungan asam lakatnya mampun membersihkan berbagai macam kotoran yang menempel di wajah, serta kandungan kolagennya mampu menutrisi kulit secara maksimal.

Yang harus Anda lakukan untuk mengatasi keriput menggunakan susu dan madu ini adalah dengan  mencuci wajah hingga bersih, kemudian campurkan 1 sdm madu dengan ½ sdm susu organik (susu tawar), kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah secara merata, dan berikan pijatan ringan selama 5 menit. Diamkan hingga kering, atau sekitar 30 menit. Terakhir bilas menggunakan air hangat.

4. Bersihkan wajah menggunakan lemon dan gula

Selain menggunakan beberapa masker alami, cara menghilangkan kerutan di wajah lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kerutan adalah menggunakan sari lemon dan gula pasir. Buah lemon kaya akan kandungan asam sitratnya yang bermanfaat mengatasi sel-sel kulit yang sudah mati, sedangkan kandungan kolagen yang ada pada buah, bermanfaat memberikan nutrisi kolagen pada kulit.

Gula kaya akan kandungan glikolat yang dapat mengatasi kerusakan pada sel kulit. Kedua bahan ini akan Anda satukan untuk menciptakan sebuah scrub wajah alami. Caranya siapkan 1 sdm gula putih, dan 2 sdm air perasan jeruk lemon segar. Campur kedua bahan tersebut, dan aduk hingga rata. Aplikasikan scrub tersebut pada wajah secara merata, dan berikan pijatan ringan untuk mengangkat berbagai macam sel mati pada kulit wajah. Usahakan agar tidak terkena mata. Diamkan scrub tersebut selama 10 menit, sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih.

5. Rajin berolahraga

Mungkin banyak dari Anda yang merasa heran, apa hubungannya keriput dengan berolahraga secara rutin. Sebenanya, hubungan antara olahraga dan kerutan ini cukup erat. Dengan berolahraga, maka proses metabolisme tubuh, proses sistem kimia tubuh, dan kinerja tubuh akan berjalan dengan lebih baik. Ini yang membuat darah mudah membawa berbagai macam nutrisi ke berbagai bagian tubuh secara maksimal, terutama pada kulit wajah. Ketika wajah ternutrisi dengan baik, maka kerutan pun dapat dihindari.

6. Banyak mengkonsumsi air putih 

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah banyak mengkonsumsi air putih. Salah satu penyebab kulit mengalami kerutan adalah karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Ketika cairan di dalam tubuh berkurang, maka tubuh tidak dapat ternutrisi dan tidak dapat bekerja secara maksimal, hasilnya kulit yang paling merasakan imbasnya. Dengan mengkonsumsi air putih secara rutin, membuat tubuh terhindari dari dehidrasi, dan kesehatan kulit pun akan lebih terjaga.

7. Menggunakan masker bengkoang

Bahan lainnya yang juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi keriput adalah menggunakan bengkoang. Manfaat masker bengkoang selain dapat memutihkan kulit secara alami, juga berguna mengatasi kerutan pada wajah. Bengkoang juga kaya akan berbagai macam nutrisi untuk kulit, seperti antioksidan, kolagen, dan hal lainnya. Menggunakan masker bengkoang secara rutin juga membuat kulit lebih cantik putih berseri dan bebas kerutan.

Cara menggunakan masker bengkoang adalah dengan mengupas bengkoang secukupnya, setelah itu haluskan menggunakan parutan atau blender. Aplikasikan bengkoang yang telah dihaluskan ke seluruh wajah yang sebelumnya telah dicuci hingga merata, setelah seluruh wajah tertutup oleh masker, berikutnya berikan pijatan ringan selama  5 menit, kemudian diamkan hingga masker mengering atau kira-kira 1 jam. Lalu bilas mengguakan air bersih.

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan menggunakan salah satu masker yang telah disebutkan di atas tentunya tidak terlalu sulit.  Penggunaan masker-masker seperti ini sebaiknya Anda lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu, atau minimal 1 kali dalam seminggu. Penggunaan secara rutin akan membuat kerutan di wajah berkurang dan penuaan dini dapat diatasi secara alami.

Share On