7 Cara membersihkan wajah yang baik dan benar

Cara membersihkan wajah yang baik dan benar merupakan hal yang penting untuk diketahui. Sebab, bagaimanapun membersihkan wajah merupakan aktivitas yang sangat penting bagi Anda yang ingin mendapatkan wajah yang bersih dan cantik. Saat membersihkan wajah, tentu Anda tidak hanya asal membasuhnya saja, tetapi juga ada beberapa teknik yang perlu dilakukan saat membersihkan wajah dengan baik agar semua kotoran yang menempel pada wajah pun bisa terangkat secara maksimal.
Cara membersihkan wajah
image by pexels.com
Pentingnya Membersihkan Wajah Dengan Benar

Menumpuknya pekerjaan di kantor yang sangat melelahkan ketika kita sampai di rumah, tak jarang menjadikan tempat tidur terlihat lebih menarik daripada hanya sekedar mencuci wajah terlebih dulu. Perlu Anda tahu bahwa mengabaikan aktivitas membersihkan wajah dalam sehari saja bisa mengakibatkan pori-pori wajah tersumbat, memicu timbulnya jerawat hingga mengakibatkan penuaan dini. Selain itu, menyepelekan tata cara membersihkan wajah yang baik dan benar pun dapat berpengaruh terhadap kondisi kulit muka Anda. Maka dari itu, sangat penting bagi para wanita agar lebih memahami bagaimana cara membersihkan wajah dengan baik. Dengan begitu, kulit wajah yang bersih, cantik dan cerah pun dapat tercapai.

Kenali Tipe Kulit Wajah Anda

Sebelum Anda mengetahui bagaimana membersihkan wajah dengan baik dan benar. Terlebih dulu, Anda harus mengenali tipe kulit dari wajah Anda. Dimana hal tersebut penting supaya jenis pencuci wajah yang digunakan pun lebih tepat dan sesuai berdasarkan jenis kulit dari wajah Anda. Untuk seseorang yang memiliki kulit wajah yang berminyak biasanya mempunyai pori-pori kulit berukuran besar,  tampak mengkilap dan berminyak. Tipe kulit wajah ini dianjurkan menggunakan sabun pencuci wajah dengan formula oil free atau bebas minyak serta toner yang berfungsi menghilangkan minyak yang berlebihan pada kulit.

Masih pemilik kulit wajah berminyak, dimana Anda juga dapat memakai sabun pencuci wajah berbahan gel sebab bisa membersihkan minyak berlebih dengan efektif. Sementara bagi pemilik kulit wajah yang kering, biasanya cenderung bersisik dan kasar. Untuk tipe kulit wajah yang satu ini, dianjurkan menghindari jenis pembersih wajah yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Sebaiknya aplikasikan pembersih wajah dengan formula yang lembut supaya tidak memperparah keadaan kulit kering Anda.

Cara Membersihkan Wajah Dengan Baik dan Benar

Aktivitas mencuci wajah bisa dikatakan sebagai rutinitas harian demi menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Membersihkan wajah sendiri berbeda dengan mencuci bagian tubuh lainnya, sebab kulit wajah sendiri lebih sensitive daripada kulit di area tubuh lainnya. Tak sedikit orang menyepelekan bagaimana cara membersihkan wajah yang baik dan benar, terlebih lagi untuk Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, tentunya memerlukan penanganan yang sangat khusus saat membersihkan wajah. Adapun beberapa cara membersihkan wajah yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

1. Memilih Cleanser Yang Tepat

Seperti sudah dijelaskan di atas, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Sebelum Anda mengaplikasikan sebuah produk pembersih wajah ada baiknya untuk mengenai tipe kulit wajah terlebih dulu. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah yang berjerawat umumnya termasuk kulit berminyak. Jika Anda sudah mengetahui tipe kulit wajah Anda dengan benar, selanjutnya aplikasikan pembersih wajah berdasarkan jenis kulit Anda. Di pasaran sendiri sudah banyak berbagai macam pembersih wajah diantaranya untuk kulit berminyak, kulit kering dan kulit normal.

2. Hindari Memakai Sabun Mandi Sebagai Pembersih Wajah

Kulit wajah memiliki tekstur lebih lembut bahkan sensitive dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya. Untuk itu, Anda jangan menyamakan pemakaian sabun mandi untuk badan yang juga digunakan sebagai pembersih wajah Anda. Sabun mandi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi dibandingkan sabun khusus untuk wajah. Pemakaian sabun mandi di kulit wajah dengan jangka waktu lama bisa membuat kulit wajah lebih cepat kering.

3. Membersihkan Tangan Lebih Dulu

Cara mencuci wajah yang baik dan benar berikutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan tangan terlebih dulu. Jadi sebelum Anda mencuci wajah, ada baiknya untuk membersihkan tangan terlebih dulu. Bila tidak, kotoran yang ada di tangan justru akan menempel di kulit muka serta menjadikan kotoran pada wajah pun semakin menumpuk. Di samping itu, saat tangan Anda yang masih belum bersih dituangkan sabun pembersih wajah, dengan begitu kotoran tersebut bercampur dengan pembersih wajah. Untuk itu, saat Anda mengoleskan pembersih wajah tersebut,  kotoran di tangan pun turut menempel ke bagian wajah.

4. Memakai Air Hangat Saat Mencuci Wajah

Saat Anda mencuci wajah, ada baiknya untuk memakai air yang tak terlalu panas ataupun tak terlalu dingin. Jika Anda menggunakan air panas, bisa membuat kulit cepat kering. Sementara air yang sangat dingin bisa merusak bagian pembuluh darah di wajah. Untuk itu, aplikasikan air yang bersuhu normal atau disesuaikan dengan suhu tubuh Anda saat membersihkan wajah.

5. Membersihkan Wajah Selama 5-10 Menit

Membersihkan wajah selama 5-10 menit untuk beberapa orang bisa jadi cukup lama. Adapun tujuan membersihkan wajah dengan waktu cukup lama yaitu supaya kandungan zat pada pembersih wajah bisa meresap lebih dulu ke dalam kulit wajah serta mampu membunuh kuman di bagian kulit wajah Anda secara merata.

6. Bersihkan Bagian Wajah Berjerawat Lebih Dulu

Di bagian wajah berjerawat, sebaiknya pijat menggunakna busa dengan waktu lebih lama supaya kuman yang ada di area jerawat tersebut mati dan jerawat yang telah matang bisa lebih cepat kering. Namun jangan sampai bagian jerawat tersebut pecah, sebab bisa menyebabkan iritasi. Pastikan agar jerawat pecah sendirinya.

7. Bersihkan wajah anda pagi dan malam hari

Selain harus teratur membersihkan wajah juga ada waktu yang baik yaitu saat sebelum beraktivitas atau pagi hari dan sebelum tidur. Saat pagi hari atau setelah bangun tidur biasanya kulit wajah kita kotor terkena sel-sel kulit mati yang menempel pada bantal. Sedangkan membersihkan wajah sebelum tidur bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit wajah setelah beraktivitas seharian.

Dengan menggunakan cara membersihkan wajah yang baik dan benar seperti di atas, tentu wajah Anda pun lebih bersih dengan maksimal!

Share On