6 Manfaat mengagumkan coklat untuk wajah

Advertisement
Manfaat coklat untuk wajah
image by pixabay.com
Bukan rahasia lagi bahwa coklat merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam industri kecantikan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Produk kecantikan yang berbahan coklat tidak sulit ditemukan. Banyak produk kecantikan yang memiliki bahan coklat di didalamnya seperti krim wajah, masker wajah dan sabun. Coklat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan adalah coklat hitam yang memiliki persentase kakao lebih tinggi. Coklat hitam akan memberikan banyak manfaat jika mengandung setidaknya  65 sampai 70% kakao.

1. Mengandung tinggi antioksidan

Coklat hitam berasal dari biji kakao yang diekstrak sehinggga mengandung tiggi flavonoid yang merupakan antioksidan penting. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi coklat hitam memiliki tekstur kulit lebih halus. Selain itu coklat juga dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari langsung.

2. Menutrisi kulit wajah

Saat diterapkan di wajah atau dikonsumsi secara langsung coklat akan memberikan banyak manfaat untuk kulit anda. Coklat mengandung tinggi vitamin dan mineral yang mampu menutrisi kulit dari dalam atau dari luar saat digunakan sebagai masker wajah.

3. Mencerahkan kulit wajah anda

Memiliki kulit cerah alami tentu menjadi idaman semua wanita, khususnya bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Dari pada harus mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya anda bisa memanfaatkan coklat sebagai masker alami wajah. Caranya: Ambil coklat bubuk kemudian tambahkan susu murni. Aduk hingga menjadi pasta kental lalu terapkan ke kulit wajah. Diamkans selama 10 menit kemudian anda bisa membilasnya dengan air.

4. Melembabkan kulit wajah secara alami

Coklat ternyata bisa juga digunakan sebagai pelembab alami kulit yang aman. Kulit lembab alami sangat diperlukan untuk menjaga elastisitasnya tetap terjaga. Untuk mendapatkannya anda tidak perlu repot-repot membeli produk pelembab yang mahal karena anda bisa memanfaatkan coklat. Cara melembabkan kulit wajah dengan coklat: Campurkan coklat bubuk dengan madu murni, tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta kental. Balurkan ke kulit wajah anda hingga merata. Dan tunggu kira-kira 15 menit, kemudian bilas dengan air.

5. Mengurangi jerawat di wajah

Jerawat terjadi karena kelebihan minyak di wajah yang membuat kotoran menempel sehingga menyebabkan bakteri menumpuk. Menggunakan masker alami berbahan coklat dapat membunuh bakteri di wajah sehingga menguangi kemungkinan munculnya jerawat di wajah. Pastikan anda memilih coklat hitam yang memiliki kandungan kakao tinggi agar manfaatnya lebih terasa.

6. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini sering menjadi ancaman bagi wanita, dimana mereka sering melakukan perawatan wajah untuk menunda proses penuaan ini. Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa cokelat mengandung tinggi antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas merupakan faktor utama penyebab penuaan dini seperti munculnya kerutan dan garis halus di bawah mata.

Share On