6 Manfaat masker kefir untuk wajah dan cara membuatnya

Advertisement
Kefir adalah minuman fermentasi yang didapat dari biji kefir yang dimasukkan ke dalam susu. Kefir memiliki banyak manfaat untuk kesehatan utamanya karena mengandung tinggi probiotik alami. Selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata kefir memiliki manfaat lain terutama untuk kecantikan kulit wajah. Apa saja manfaat masker kefir untuk kulit wajah? Mari simak ulasannya berikut ini:
Mafaat masker kefir untuk wajah
image by flickr.com
Manfaat masker kefir untuk kulit wajah

1. Menjaga keseimbangan asam pada kulit wajah

Kefir mengandung bakteri baik yang bukan hanya baik untuk kesehatan pencernaan tapi juga kulit anda. Salah satu bakteri baik yang dikandung dalam kefir adalah Lactobacilli, dimana bakteri tersebut mampu menyeimbangkan asam pada kulit.

2. Mencerahkan kulit secara alami

Diantara manfaat masker kefir untuk kulit wajah yang patut anda coba adalah kemampuannya dalam mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan penggunaan kefir sebagai masker dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menutupi kecerahan wajah anda dan membuat kulit nampak kusam.

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Penuaan adalah proses alami yang tidak bisa anda hindari, tetapi anda bisa memperlambat prosesnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Tanda-tanda penuaan muncul lantaran pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, dan kurang makan buah dan sayur. Selain faktor tersebut radikal bebas juga bisa mempercepat penuaan dari yang seharusnya. Untungnya kefir memiliki tinggi antioksidan penting berupa asam amino yang bermanfaat mengurangi efek buruk radikal bebas. Menerapkan masker kefir ke kulit wajah secara teratur akan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah.

4. Mengatasi kulit berminyak

Kefir adalah salah satu masker alami untuk kulit berminyak yang bisa anda gunakan. Wajah berminyak selain dapat membuat wajah anda menjadi kusam juga meningkatkan resiko munculnya jerawat di wajah. Untuk itu, anda perlu menggunakan masker kefir untuk mengurangi kelebihan minyak di kulit wajah

5. Mengurangi dan Mencegah jerawat

Jika anda sedang membutuhkan obat jerawat alami, anda bisa menggunakan masker kefir. Selain murah masker kefir lebih alami jadi anda tidak perlu khawatir soal efek samping yang ditimbulkannya.

6. Membantu mengatasi kulit kering

Kulit kering akan membuat wajah tampak tidak sehat, dan pastinya sangat mengganggu penampilan. Ada solusi praktis yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu memanfaatkan kefir. Untuk membuat masker ini anda membutuhkan bahan lain seperti minyak zaitun.

Cara membuat masker kefir untuk wajah

Kefir dan putih telur: Ambil dua sendok makan kefir organik kemudian campurkan dengan putih telur. Aduk kedua bahan tadi hingga merata setelah itu gunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 15 menit sampai makser mengering.  Masker kefir dan putih telur ini bisa membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan juga mengurang jerawat di wajah

Kefir dan madu: Masukkan 2 sendok makan kefir ke dalam mangkuk kecil, tambahkan madu sekitar 1 sendok makan. Aduk kedua bahan tadi hingga benar-benar menyatu. Cuci wajah anda sampai bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Saat wajah setengah kering aplikasikan masker kefir dan madu tadi ke wajah hingga merata. Tunggu sekitar 20 menit setelah itu bilas seperti biasa

Kefir dan minyak zaitun: Pastinya anda sudah tidak asing kan mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah? Selain berguna mencegah jerawat minyak zaitun juga bisa membantu mengatasi kulit kering, apalagi saat dikombinasikan dengan kefir, maka manfaatnya tentu jauh lebih banyak. Cara membuatnya cukup mudah karena anda hanya perlu mencampur sekitar 2 sdm kefir dan 2 sdm minyak zaitun extra virgin. Aduk hingga merata kemudian gunakan sebagai masker wajah, tunggu sekitar 20 menit sambil bersantai dan bilas dengan air hingga bersih.

Selain mencampurkan dengan ketiga bahan tadi anda juga bisa menggunakan kefir langsung ke kulit wajah anda. Tetapi untuk mendapatkan hail maksimal anda perlu menambahkan ketiga bahan tadi.

Share On