5 Masker alami untuk mengatasi kulit wajah kering

Advertisement
Permasalahan kulit wajah menjadi hal penting bagi setiap orang. Sebab wajah merupakan penampilan paling pertama yang ternilai oleh setiap pasang mata. Berbagai permasalahan dari berbagai aspek pada kulit wajah akhirnya akan sangat mengganggu semua aktivitas yang dilakukan. Dimulai dari kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit kusam, kulit kering, dan kulit sensitif.


Penyebab Kulit Kering


Salah satu permasalahan kulit wajah yang tergolong mendasar adalah permasalahan keringnya kulit wajah. Penyebab kulit kering ini bisa beragam, seperti:

Gesekan pada kulit wajah: Menggosok kulit merupakan satu dari sekian penyebab kulit menjadi kering. Hal ini disebabkan oleh rentannya kulit yang digosok atau diniatkan untuk dibersihkan menggunakan spon. Gesekan antara spon dan kulit akan berpotensi pada terjadinya kekeringan pada kulit wajah.

Langsung menggunakan handuk selepas mandi: Fungsi dari mandi adalah untuk melembapkan kulit. Namun, jika seseorang langsung mengenakan handuk sesaat selepas mandi, tanpa memberikan jeda waktu air teresap oleh kulit, kulit akan mengalami kekeringan dan hilangnya kelembaban.

Mandi uap atau air hangat terlalu sering: Mandi uap juga menjadi satu dari berbagai penyebab terjadinya kekeringan pada kulit. Mandi uap ini memang menjadi relaksasi yang sangat baik untuk tubuh, namun, mandi uap dengan frekuensi yang tidak sesuai justru akan menyebabkan berkurangnya minyak alami di dalam tubuh sehingga menjadikan kulit kering.

Perubahan cuaca: Kalau yang satu ini merupakan faktor yang berasal dari alam. Cuaca yang kerap kali tidak menentu menjadi penyebab terjadinya kekeringan pada kulit. Biasanya tingkat kelembaban udara menjadi berkurang pada daerah yang suhunya rendah. DI daerah dingin seperti pegunungan, misalnya. Kulit yang kering berpotensi lebih besar karena udara dingin akan menyebabkan kulit menjadi kering.

Pemakaian sabun yang tidak sesuai: Sabun atau facial foam yang digunakan untuk wajah juga sangat rentan menjadi penyebab terjadinya kekeringan pada kulit. Memilih sabun wajah yang cocok dengan kulit merupakan hal penting karena akan berdampak pada kelembaban yang sempurna atau pada kekeringan yang membuat kondisi kulit wajah menjadi tidak nyaman.

Masekr alami untuk kulit wajah kering

Itulah lima penyebab terjadinya kulit wajah yang mengering. Ditengarai oleh berbagai faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi kering, di bawah ini terdapat beberapa masker alami yang bisa dimanfaatkan untuk jenis kulit kering, seperti:

1. Masker lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk wajah sudah tidak diragukan lagi, selain membantu melembabkan kulit wajah lidah buaya juga berguna mengurangi flek hitam dan juga jerawat. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan sebagai masker alami untuk mengatasi kulit kering. Terapkan secara rutin setidaknya dua hari sekali, dan kulit anda akan lebih lembab alami

2. Masker biji-bijian

Cobalah untuk menggunakan masker yang terbuat dari biji-bijian, seperti flax seeds.  Di samping kandungan asam lemak omeganya yang dapat berdampak baik bagi kesehatan, flax seeds juga bermanfaat untuk menjadi masker wajah yang kering. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh flax seeds dengan air secukupnya. Biarkan kedua campuran itu hingga memiliki tekstur yang mengental. Selanjutnya aplikasikan ke wajah sampai dengan merata, diamkan hingga mengering, bersihkan, sambil sedikit menepuk-nepuk area wajah yang terkena masker.

3. Masker pisang

Pisang, selain buah yang bisa menjadi alternativ menu sarapan saat diet, juga berperan penting dalam mengatasi kulit yang kering. Pisang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat berperan aktif dalam melembapkan dan menyehatkan kulit wajah. Adapun untuk cara penggunaan masker pisang ini ialah dengan lumatkan pisang susu yang matang dengan mencampurkan minyak zaitun ke dalamnya. Setelah bahan tersebut tercampur secara merata, aplikasikan kepada wajah, diamkan sekitar 20 menit hingga terasa sedikit mengering, selanjutnya bilas menggunakan air bersih.

4. Masker labu

Labu, jenis sayuran yang satu ini juga bisa menjadi masker alami untuk kulit wajah yang kering. Kandungan senyawa zinc di dalam daging labu bisa menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah, sehat, dan tentu lembap. Cara mengolah labu menjadi masker wajah ialah dengan terlebih dahulu memarut labu, lalu campurkan dua bahan pelengkap lainnya, yaitu putih telur ayam kampung dan satu sendok teh madu murni. Setelah semua bahan dicampurkan secara merata, barulah aplikasikan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, selanjutnya bilas menggunakan air hangat.

5. Masker mentega

Mentega, di samping bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap untuk membuat kue atau juga sebagai pengganti minyak untuk memasak, mentega ternyata juga bisa digunakan sebagai masker untuk kulit kering. Kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kering pada mentega akan berfungsi dengan sangat baik jika memilih mentega yang sama sekali tidak mengandung garam. Adapun untuk cara pengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan mentega dengan kuning telur untuk selanjutnya diratakan pada wajah. Sama seperti masker alami lainnya, diamkan masker mentega selama beberapa menit hingga terasa mengering dan selanjutnya bilas menggunakan air bersih.

Itulah lima masker dari bahan alami yang bisa dimanfaatkan guna mengatasi kulit wajah yang kering. Berbagai faktor memang bisa menjadi sebab terjadinya kulit wajah yang mongering. Akan tetapi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena empat bahan alami di atas bisa dimanfaatkan sebagai masker alami.

Share On