5 Cara merawat kulit wajah agar terlihat awet muda

Advertisement
Wajah yang awet muda tentu menjadi impian setiap wanita. Serupa hantu yang mengintai ketika wanita ditanya usia, hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi jika wajah terlihat lebih muda dari usia sebenarnya. Untuk mendapatkan kesan awet muda pada wajah ini, terdapat beberapa cara atau perawatan yang bisa dilakukan, yaitu:

Cara merawat kulit wajah agar terlihat awet muda
image from quora.com
Lima Langkah Sederhana Meremajakan Kulit


1. Cukupi kebutuhan air putih

Banyak mengonsumsi air putih merupakan langkah sederhana yang teramat penting untuk menjaga kulit wajah tetap terlihat awet muda. Wanita dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 6 sampai 8 gelas per harinya. Sementara untuk pria, jumlah air putih yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah 8 sampai 12 gelas dalam satu hari. Mengonsumsi air putih akan sangat berperan penting untuk kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi tampak segar serta sehat.

2. Cukupi kebutuhan olahraga

Berolahraga juga merupakan langkah penting lainnya agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Menghindarkan kulit wajah dari kekeringan dengan berolahraga merupakan hal penting karena dengan berolahraga sirkulasi darah dan suplai oksigen serta nutrisi di dalam tubuh menjadi terjaga kelancarannya.

3. Dapatkan istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup. Konsumsi air putih, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Ketiganya mungkin terdengar klasik. Namun, tetap saja bukan berarti karena klasik lantas bisa diabaikan begitu saja. Sebaliknya, karena bersifat klasik, itu artinya tiga hal itu memang sudah dipercayai sebagai bahan untuk membuat kulit awet muda sedari lama. Lama waktu tidur yang cukup merupakan kebutuhan bagi kulit wajah untuk beregenerasi.

4. Puasa dengan teratur

Puasa. Menjalankan satu hari penuh tanpa makan dan minum merupakan kewajiban bagi umat Muslim saat Ramadan. Akan tetapi, ternyata di samping menjadi nilai ibadah, puasa juga bisa dimanfaatkan sebagai peremajaan terhadap kulit wajah. Pasalnya berpuasa ternyata mampu mengurangi jumlah kalori dalam tubuh dan memperlambat penuaan kulit wajah.

5. Bersihkan wajah dengan benar

Setelah seharian beraktivitas, wajah membutuhkan perawatan agar terlepas dari berbagai kotoran yang menempel. Tata cara membersihkan wajah dengan benar juga berdampak besar bagi tingkat keremajaan kulit wajah. Berikut ini beberapa cara membersihkan wajah yang baik dan benar:

Terlebih dahulu untuk membasuh wajah menggunakan air hangat.

Gunakan sabun pembersih yang cocok dengan jenis kulit wajah Anda. Memilih sabun wajah sama dengan memilih pakaian untuk dikenakan. Akan menjadi sangat bagus ketika memang cocok dan sebaliknya akan berdampak tidak bagus ketika tidak cocok.

Bersihkan riasan pada wajah menggunakan sikat wajah. ini berfungsi sebagai pembersih total pada bulu-bulu halus di wajah. Sehingga debu dan kotoran yang menempel dapat terangkat dengan sempurna.

Lakukan pijatan lembut pada seluruh bagian wajah sehingga wajah bisa teremaja melalui aliran darah yang lancar.

setelah semua proses membersihkan wajah di atas dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah mengeringkan wajah dengan handuk yang bertekstur halus. Terakhir, aplikasikan penyegar pada wajah agar wajah terasa segar dan tetap teremaja secara alami.

Itulah beberapa poin penting yang bisa Anda aplikasikan di rumah jika ingin mendapatkan kulit wajah yang mengesankan awet muda. Baik bagi wanita maupun pria, menjaga kebersihan dan kesehatan wajah merupakan hal yang teramat penting. Sebab kebersihan adalah cerminan dari perangai seseorang.

Penyebab Kulit Wajah Tampak Lebih Tua

Untuk itu, di samping mengaplikasikan berbagai perawatan wajah agar tampak awet muda seperti di atas, penting pula bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab kulit wajah tampak lebih tua dari semestinya, seperti:

Alkohol merupakan penyebab teratas kulit wajah menjadi terlihat lebih tua dari semestinya. Pasalnya alkohol ini menyebabkan terganggunya kadar garam di dalam tubuh sehingga berdampak pada dehidrasi dan mengganggu regenerasi sel-sel tubuh sehingga kulit akan terlihat lebih tua.

Rokok. Benda yang satu ini memang sudah diperingatkan banyak sekali ketidak bermanfaatannya. Salah satunya adalah dampak kurang baik bagi kulit wajah. Kandungan nikotin pada rokok akan memiliki dampak timbulnya keriput lebih cepat pada kulit wajah. Dampak buruk lainnya adalah asap rokok yang dihembuskan akan membuat kulit menjadi kering.

Televisi atau komputer, juga merupakan salah satu penyebab kulit menjadi kering. Terutama bagi para pekerja kantor, yang selama 8 jam nonstop di depan layar komputer, ditambah lagi dengan paparan ac terhadap wajah, tingkat kekeringan pada wajah akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk merawat kulit wajah agar tetap lembap.

Ekspresi wajah. Ini juga ternyata bisa menjadi penyebab kulit terlihat lebih tua. Kerutan-kerutan yang disebabkan oleh tawa, terkejut, atau apa pun yang melibatkan kulit wajah untuk bergerak-gerak, ternyata berdampak pada tingkat penuaan kulit. Namun, solusinya Anda bisa melakukan totok wajah atau masker.

Nah, setelah mengetahui perawatan wajah agar tetap awet muda di atas, selanjutnya selamat mencoba!

Share On