15 Cara menghaluskan kulit wajah secara alami dan cepat

Advertisement
Semua orang ingin memiliki kulit bersinar halus dan cantik alami, tetapi untuk mendapatkannya tentu anda harus sedikit berjuang. Ada banyak masalah yang menjadi tantangan bagi anda untuk mendapatkan kulit idaman anda tersebut seperti kulit kusam, kasar, jerawat, minyak berlebih dan kulit kering. Dalam rangka untuk mendapatkan kulit halus tersebut banyak wanita mencari produk perawatan kulit yang baik dan tentunya dengan harga yang tidak murah.
Cara menghaluskan kulit wajah dengan bahan alami
bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah

Namun, mengetahui bagaimana memilih produk perawatan wajah yang baik tidak lah mudah. Hal ini membutuhkan pengetahuan yang cukup tentang produk perawatan kulit dan bahan-bahan yang digunakan, jadi anda harus jeli dalam memilih. Kalaupun ada produk yang bagus dan cocok untuk kulit anda tetapi kadang terkendala oleh harga yang mahal. Selain itu, beberapa jenis produk perawatan kulit berbahan kimia juga harus anda waspadai karena selain dapat merusak kecantikan kulit wajah anda produk semacam itu juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Nah,,jika anda tertarik utntuk menghaluskan kulit wajah dan membuatnya cantik alami ada beberapa tips yang murah tetapi mungkin membutuhkan sedikit ketlatenan, apa saja tips tersebut mari simak ulasannya di bawah ini:

1. Melakukan perawatan kulit 

Cara menghaluskan kulit yang utama adalah dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Merawat kulit bisa dilakukan dengan membersihkan sisa makeup, memakai toner, dan pelembab. Mencuci wajah secara teratur juga berperan penting untuk menghaluskan kulit dengan membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Usahakan Anda mencuci wajah di pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur.

Sangat penting memilih pembersih kulit wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda dan atau menggunakan bahan-bahan alami. Jika Anda ingin menghaluskan kulit wajah dengan mengurangi sel-sel kulit mati anda bisa memilih bahan alami yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati tanpa harus membuat kulit anda iritasi. Jika Anda memakai make-up pada siang hari pastikan untuk membersihkannya sebelum tidur pada malam hari. Meskipun tampaknya cukup sulit untuk melakukannya ketika Anda lelah, tetapi ini sangat penting untuk mencegah sisa make up menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga menimbulkan jerawat

2. Hilangkan jerawat anda

Tidak mungkin bagi anda mendapatkan wajah halus jika masih dipenuhi dengan jerawat. Namun, jika Anda masih memiliki masalah dengan jerawat beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda menguranginya. Diketahui bahwa asam salisilat dapat membantu mengurangi jerawat dengan cara mengelupaskan lapisan luar kulit wajah. Dengan demikian maka regenerasi kulit akan berjalan dengan cepat. Oleh karena itu, Anda bisa memilih gel atau toner yang memiliki kandungan asam salisilat di dalamnya. Selain asam salisilat, benzoil peroksida juga efektif dalam mengobati jerawat sedang ataupun berat. Menggunakan lotion yang berbahan benzoil peroksida dapat menjadi pilihan yang praktis untuk mengatasi masalah jerawat. Namun, penggunaan bahan tadi harus dilakukan di bawah pengawas dari dokter kulit yang berpengalaman.

3. Cukupi kebutuhan air putih

Mencukupi kebutuhan air putih menjadi langkah utama untuk mendapatkan kulit sehat dan halus. Banyak mengkonsumsi air putih akan membuat kulit wajah tampak berisi dan elastis karena terjaga kelembabannya. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan mengurangi kemungkinan munculnya keriput, kulit kering dan tanda-tanda penuaan lainnya. Selain itu, mencukupi kebutuhan air juga membantu Anda mengeluarkan racun, radikal bebas, dan kotoran di kulit anda. Oleh karena itu, cara menghaluskan kulit wajah yang tidak boleh anda abaikan adalah mengkonsumsi setidaknya 6 atau 8 gelas air per hari.

4. Penuhi kebutuhan istirahat

Jika Anda ingin mencari cara menghaluskan kulit wajah secara alami maka anda tidak boleh mengabaikan waktu tidur di malam hari. Waktu tidur yang cukup selain baik untuk kesehatan tubuh juga dianggap sebagai rahasia anti-penuaan. Kurang tidur akan membuat kulit wajah terlihat kusam dan mata terlihat bengkak. Sehingga kurang tidur dalam jangka waktu lama akan menyebabkan munculnya keriput lebih cepat dari seharusnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Skin Study Centre at University Hospital telah menguji sekitar 60 wanita di usia 30 dan 49. Mereka menemukan bahwa perempuan yang mencukupi kebutuhan tidur akan memiliki tanda-tanda penuaan lebih sedikit dan memiliki kemampuan lebih untuk melawan stres.

5. Mengkonsumsi makanan sehat

Kita semua tahu bahwa mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur dan biji-bijian sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Sehingga, pola makan yang sehat seharusnya menjadi satu teknik yang efektif menghaluskan kulit. Menurut sebuah studi ilmiah bahwa banyak mengkonsumsi makanan seperti sayuran, dan biji-bijian dapat mengurangi munculnya jerawat di wajah. Dalam penelitian tersebut juga mengungkap jika diet kaya akan karbohidrat sederhana seperti gula akan membuat kulit lebih rentan berjerawat. Mungkin alasannya adalah banyak mengkonsumsi sayuran, buah, dan biji-bijian akan memberikan nutrisi yang cukup pada tubuh dan kulit sehingga beberapa organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.

6. Olahraga yang cukup

Mungkin olahraga tidak terkait langsung dengan cara menghaluskan kulit wajah, tetapi anda tidak boleh meremehkannya. Olahraga adalah salah satu cara terbaik mengurangi stres atau depresi, sehingga akan memastikan aliran darah berjalan dengan normal di bawah keseimbangannya. Selain itu, olahraga juga berguna mengurangi racun di dalam tubuh.

7. Menggunakan masker tomat

Manfaat tomat untuk wajah sangat banyak sekali termasuk mencegah penuaan dini dan menghaluskan kulit secara alami. Saat diterapkan secara langsung ke kulit wajah tomat dapat membantu mengatasi jerawat, mengurangi ruam, mengobati sengatan matahari jahat sampai mencerahkan kulit secara alami. Tomat tidak hanya rasa lezat tetapi juga menjaga kulit kita sehat dan bercahaya. Tomat mengandung tinggi antioksidan yang disebut likopen, dimana antioksidan ini bekerja sebagai tabir surya alami. Antioksidan memainkan peran penting dalam mengurangi kerusakan sel akibat efek buruk radikal bebas.

8. Menggunakan jus lemon

Jus lemon dipercaya cukup efektif dalam membersihkan kulit wajah, mengatasi kulit kering menghilangkan flek hitam di wajah, dan membuat kulit terlihat halus dan lembut. Lemon adalah buah yang mengandung tinggi vitamin C dimana vitamin jenis ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit termasuk membantu memproduksi kolagen. Selain bermanfaat menghaluskan kulit secara alami jus lemon sangat bagus digunakan bagi mereka yang memiliki masalah kulit berminyak.

9. Masker madu murni 

Kalau berbicara mengenai manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah tampaknya tidak akan ada habisnya. Madu mengandung nutrisiyang lengkap berupa vitamin dan mineral yang sangat penting untuk regenerasi kulit. Madu juga merupakan pelembab kulit alami yang akan membuat kulit wajah anda tampak sehat dan kenyal secara alami. Penerapan madu sendiri juga sangat mudah karena anda hanya cukup menerapkan madu ke kulit wajah anda sebagai masker. Tunggu setidaknya 30 menit setelah itu bilas dengan air. Ini merupakan cara menghaluskan kulit wajah secara alami dan pastinya murah.

10. Menggunakan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah sangat banyak sekali mulai dari mengurangi jerawat, menghilangkan flek hitam, menghaluskan kulit wajah sampai mengatasi kulit kering. Karena manfaatnya ini pulalah yang membuat orang Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian. Banyak orang memanfaatkan lidah buaya untuk mengatsi ruam pada kulit akibat sengatan sinar matahari. Bukan hanya itu lidah buaya juga dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan dan menjaganya tampak terlihat awet muda dengan mengurangi kerutan dan garis halus di wajah.

11. Menggunakan masker pepaya

Jika anda sedang mencari masker alami untuk menghaluskan kulit wajah mungkin anda bisa mencoba pepaya. Pepaya tinggi nutrisi dan harganya tidak terlalu mahal jadi anda bisa memanfaatkannya. Cara menghaluskan kulit wajah dengan pepaya: Potong buah pepaya menjadi bagian yang besar kemudian haluskan dengan blender. Jika sudah lembut terapkan ke kulit wajah anda hingga merata termasuk leher. Diamkan sekurangnya 15 menit setelah itu bersihkan wajah anda. Menggunakan buah pepaya ke kulit wajah secara rutin bukan hanya dapat menghaluskan kulit wajah tetapi juga membuatnya bersih alami.

12. Menggunakan masker kunyit

Kunyit adalah rempah yang dapat membantu mengobati banyak masalah kulit seperti pigmentasi kulit. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meringankan kemerahan yang disebabkan oleh rosacea. Sifat antibakteri yang dimiliki kunyit juga berperan penting dalam mencegah infeksi dan jerawat. Selain itu, kunyit juga dianggap sebagai antioksidan penting yang bermanfaat untuk mengurangi kerutan dan garis haus di wajah sehingga membuat kulit nampak lebih halus alami.

13. Masker mentimun

Mentimun memiliki PH yang sama seperti kulit Anda, sehingga dapat membantu mengembalikan keasaman alami kulit Anda. Selain itu, menggunakan mentimun sebagai masker wajah juga dapat membantu melawan bakteri  di kulit wajah yang menjadi penyebab jerawat. Mentimun akan membantu menghaluskan dan mengurangi minyak berlebihan di kulit wajah.

14. Memanfaatkan Minyak pohon teh

Minyak pohon teh sering dianggap sebagai ramuan alami yang efektif menghaluskan kulit wajah. Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan masalah jerawat. Hal ini tidak mengherankan ketika minyak pohon teh sering digunakan sebagai bahan di banyak produk perawatan kulit mulai dari sampo dan deodoran.

15. Gunakan sabun khusus untuk wajah

Cara menghaluskan kulit wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk wajah. Ingat ya, jangan gunakan sabun tangan atau sabun mandi anda untuk membersihkan wajah. Kulit wajah berbeda dengan kulit tubuh anda yang lain, dimana kulit wajah lebih sensitif dan tipis. Perhatikan juga kebanyakan dari sabun mengandung alkohol yang bertujuan untuk membunuh bakteri dan mengurangi minyak berlebih, tetapi akan membuat kulit anda menjadi semakin kering.

Share On