10 Manfaat masker kentang untuk wajah dan cara membuatnya

Advertisement
Manfaat masker kentang untuk wajah dan informasi mengenai cara membuat masker kentang untuk kecantikan kulit anda. Kentang yang merupakan jenis makanan umbi ternyata tidak hanya mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi bagi aktivitas manusia tapi juga bisa memberikan manfaat untuk kecantikan kulit wajah.
Manfaat masker kentang untuk wajah
image by publicdomainpictures.net

Ternyata, kentang kaya juga akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh kulit agar tetap cerah, kenyal, dan mulus. Vitamin C yang dibutuhkan oleh kulit harus didapatkan dari makanan karena tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin C dengan sendirinya. Jadi, semakin banyak sumber vitamin C yang Anda miliki maka makin banyak kulit Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Kentang bisa dimanfaatkan dalam banyak cara untuk menjaga dan merawat kecantikan pada kulit Anda. Apa saja manfaat masker kentang untuk kulit wajah? Ini dia ulasan selengkapnya.

1. Untuk kulit yang bersih dan cerah

Manfaat masker kentang untuk wajah yang pertama adalah mencerahkan dan membersihkan kulit. Kandungan dalam kentang yang bisa sangat bermanfaat untuk wajah Anda adalah zat anti bakterianya. Wajah yang bersih dari bakteri akan sangat membantu Anda dalam mencegah berbagai masalah kulit misalnya jerawat, iritasi pada kulit, dan munculnya komedo. Untuk mendapatkan kulit yang bersih menggunakan kentang, parut kentang mentah kemudian tempelkan pada wajah Anda sebagai masker selama 15-20 menit. Bilas dengan menggunakan air yang dicampur dengan cuka. Bisa juga mencampur kentang plus kulitnya bersama dengan putih telur dan timun, kemudian jadikan sebagai masker.

2. Untuk kulit berjerawat

Anda yang punya masalah dengan jerawat pasti gemas dan ingin segera buru-buru menyingkirkannya. Selain mengandung anti bakteri yang menyebabkan jerawat, kentang juga mengandung sulfur yang merupakan musuh dari jerawat. Caranya adalah dengan memotong kentang tipis-tipis kemudian letakkan pada area wajah yang berjerawat. Jus alami yang ada pada kentang akan membantu menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat dan membantu mengempeskannya tanpa harus dipecah. Bisa dilakukan selama 15 sampai 20 menit, bisa juga ditinggal semalaman.

3. Untuk warna kulit yang lebih rata

Jika Anda perhatikan kulit wajah Anda, mungkin ada bagian-bagian yang warna kulitnya tidak sama dengan bagian kulit yang lain. Bagian kulit yang lebih gelap warnanya biasanya ada pada dahi, dagu, bagian ujung bibir, sekitar mata, dan pada bagian rahang. Kentang bisa membantu Anda untuk meratakan warna kulit sehingga terlihat lebih sehat dan lebih cerah. Cara membuat masker kentang untuk meratakan warna kulit adalah dengan mencampur garam laut dengan air perasan jeruk lemon dan jus kentang (diparut kemudian diperas airnya). Kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas.

4. Untuk mengencangkan kulit wajah

Semakin bertambahnya usia, kulit akan semakin mengendur karena kadar kolagen yang makin turun. Anda bisa membantu tubuh Anda untuk mempertahankan kekencangan kulit dengan menggunakan kentang. Cara membuat masker kentang adalah dengan mencampur jus kentang atau parutan kentang dengan madu yang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengencangkan kulit dan membantu mengecilkan pori-pori. Gunakan sebagai masker kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Untuk mencegah penuaan dini

Anda yang sudah masuk ke usia 20an akhir harap berhati-hati, karena proses penuaan akan terjadi lebih cepat jika wajah tidak dirawat mulai dari sekarang dan menyebabkan Anda terlihat tua dari usia sebenarnya. Kentang sebagai agen antioksidan yang kaya akan Vitamin C bisa membantu kulit untuk bertahan dari serangan penuaan dini. Anda bisa menggunakan resep masker kentang di atas untuk mendapatkan efek kulit yang lebih lembut, lebih cerah, dan ternutrisi dengan baik sehingga penuaan dini bisa dihindari dan Anda bisa terlihat awet muda meski usia akan selalu terus bertambah.

6. Sebagai scrub wajah

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menghilangkan cahaya di kulit anda sehingga anda perlu untuk menghilangkannya. Kentang bisa anda gunakan untuk scrub yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati dengan mudah. Cara mengangkat sel kulit mati dengan kentang tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menggunakan masker dari kentang yang sudah dihaluskan selama sekitar 10 menit setiap hari. Pemakaian masker ini secara teratur dapat membantu menghilangkan sel kulit mati sekaligus membuatnya tampak sehat secara alami.

7. Memutihkan kulit secara alami

Jika anda sedang mencari masker alami untuk memutihkan wajah, cobalah gunakan masker kentang. Selain aman kentang juga murah dan pastinya tidak kalah efektif dibandingkan bahan kimia yang memiliki banyak efek samping. Caranya: Haluskan kentang dengan memarut atau menggunakan blender sampai benar-benar halus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga bisa menambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis. Terapkan ke wajah anda hingga merata dan tunggu kira-kira 20-30 menit. Jika sudahs elesai bilas wajah anda sampai bersih.

8. Membantu mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak tentunya sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan anda. Karena minyak berlebih dapat menarik kotoran sehingga akan menyumbat pori-pori kulit, ini akan membuat bakteri mudah menumpuk dan akhirnya menjadi jerawat. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi pada kulit wajah anda, sebaiknya gunakan masker kentang secara rutin. Untuk cara pemakainnya cukup mudah anda bisa menerapkan seperti langkah di atas.

9. Mengatasi mata lelah

Mata lelah akan membuat anda nampak tidak bersemangat. Tapi tenang anda bisa menggunakan manfaat masker kentang untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk melakukannya anda membutuhka bahan tambahan yaitu mentimun. Caranya: Parut kentang dan mentimun kemudian aduk hingga kedua baha tadi bercampur rata. Jika sudah selesai tempelkan ke sekitar mata anda. Seperti biasa diamkan beberapa saat setelah itu anda bisa membilasnya.

10. Membantu mengatasi kulit terbakar

Beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama dapat membuat kulit terbakar oleh sinar matahari. Kulit terbakar ditandai dengan rasa perih dan hitam pada permukaan kulit. Anda bisa mengurangi efek terbakar ini dengan memanfaatkan masker kentang. Anda bisa mengulangi langkah di atas untuk mengatasi kulit tebakar ini.

Demikian tadi informasi yang bisa saya bagi mengenai manfaat masker kentang untuk kulit wajah anda, semoga bisa bermanfaat.

Share On