10 Manfaat masker beras untuk wajah dan cara membuatnya

Advertisement
Beras selain dimanfaatkan oleh Masyarakat Indonesia sebagai makanan pokok ternyata juga menyimpan manfaat yang tidak sedikit untuk kecantikan kulit wajah anda. Manfaat beras bisa didapat saat digunakan sebagai masker wajah.
Manfaat masker beras untuk wajah
image by pixabay.com
Menggunakan masker beras untuk perawatn kulit wajah selain murah juga aman karena tidak memiliki efek samping. Ini harus benar-benar dipertimbangkan oleh wanita yang ingin mendapatkan kulit sehat alami. Pasalnya penggunaan bahan kimia untuk wajah selain dapat merusak kulit juga akan menimbulkan masalah kesehatan. Jadi mulai dari sekarang beralihlah ke bahan alami seperti beras. Nah,,jika anda masih belum tahu mengenai manfaat masker beras untuk kulit wajah anda, mari simak ulasannya berikut ini:

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Beras mengandung nutrisi penting yang bersifat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari seperti ferulic acid dan allantoin, kedua nutrisi tersebut berperan sebagai tabir surya alami. Cara membuat masker beras untuk melindungi kulit dari sinar UV:

Campur beberapa tepung beras dengan susu murni untuk dibuat menjadi pasta. Oleskan ke kulit wajah anda, dan hindari bagian dekat mata. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara konsisten setidaknya sekali dalam seminggu.

2. Mengurangi mata panda

Tepung beras merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi mata panda atau lingkar hitam pada daerah sekitar mata. Mata panda akan membuat anda tampak lelah dan kurang bersemangat sehinga anda harus mengatasinya. Cara membuatnya:

Buat pasta kental dengan bahan pisang, minyak jarak dan tepung beras. Aduk campuran ketiga bahan tadi hingga menyatu. Gunakan sebagai masker wajah terutama area bawah mata. Biarkan sampai mengering dan cuci wajah anda seperti biasa

3. Mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah menjadi tampak kusam dan kehilangan cahaya alami. Untungnya anda bisa memanfaatkan tepung beras untuk menghilangkan sel kulit mati tersebut. Tekstur tepung beras sedikit kasar sehingga cukup efektif digunakan sebagai scrub wajah. Partikel kecil pada tepung beras membantu sel-sel kulit mati terkelupas membuat kulit anda tampak lebih cerah alami. Cara mengangkat sel kulit mati dengan beras:

Masukkan tepung beras, coklat bubuk, gula dan madu dalam mangkuk. Campurkan semua bahan tadi dan aduk hingga merata. Gosokkan campuran tadi ke kulit wajah dengan halus sambil sedikit sedikit memijatnya. Setelah selesai bersihkan wajah anda.

4. Memutihkan kulit secara alami

Beras mengandung tinggi nutrisi penting termasuk mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit anda. Amino acid dan vitamin yang dikandung dalam beras berperan penting untuk mengontrol kecerahan kulit. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dari beras:

Campur tepung beras dengan madu dan tambahkan sedikit air. Terapkan ramuan ini ke seluruh area wajah dan leher kemudian diamkan hingga kering. Bilas wajah anda jika sudah selesai.

5. Mengatasi kulit berminyak

Tepung beras bisa menjadi masker alami untuk menggantikan produk kecantikan yang mahal. Partikel dalam beras memiliki sifat menyerap minyak, sehingga sangat baik digunakan pada kulit wajah anda. Masker dari beras ini bisa dengan mudah menyatu dengan lapisan kulit dan menutupi pori-pori yang
Cara membuatnya:

Ambil tepung beras dan bubuk pati jagung dengan perbandingan 2: 1. Campur kedua bahan tadi kemudian tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta. Gunakan masker ini setidaknya dua kali seminggu untuk membantu anda mendapatkan kulit sehat dan terbebas dari minyak berlebih.

6. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Pemakaian tepung beras sebagai masker wajah bisa membantu anda menyingkirkan garis-garis halus dan jerawat yang menjadi penyebab penuaan. Masker alami dari beras ini juga membantu mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit untuk membuat Anda terlihat segar dan lebih muda. Cara membuat masker beras untuk mengurangi tanda-tanda penuaan:

Campurkan satu sendok teh tepung beras dengan beberapa jus mentimun dan jus lemon untuk membentuk pasta. Terapkan pasta yang anda buat tadi pada wajah dan cuci setelah kering.

7. Mencegah munculnya jerawat di wajah

Siapa yang tidak kesal dengan hadirnya jerawat di wajah. Belum lagi setelah menghilang jerawat juga meninggalkan noda hitam yang cukup mengganggu. Cukup sulit memang untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini, akan tetapi anda bisa melakukan langkah pencegahan dengan membersihkan wajah secara teratur. Masker beras selain dapat mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab utama jerawat juga membantu membersihkan kulit secara alami sehingga bakteri tidak mudah menempel di kulit.

8. Mengencangkan kulit secara alami

Kulit yang kencang akan tampak terlihat muda dan sehat, sebaliknya kulit kendur dan kering akan terlihat kurang sehat. Untuk mendapatkannya anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dengan membeli produk kecantikan yang mahal karena anda bisa memanfaatkan beras. Gunakan beras sebagai masker wajah secara rutin dua kali seminggu maka Insyaa Allah anda akan mendapatkan kulit kencang secara alami. Tambahkan madu untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Membantu menghilangkan komedo di wajah

Tomat dan beras diketahui dapat membantu menyingkirkan komedo hitam dan putih di hidung dan wajah anda.  Buat pasta dari beras dengan merendam beras selama setengah jam kemudian haluskan bersama tomat. Gosokkan ke kulit wajah dengan lembut untuk menghilangkan komedo.

10. Menghalsukan kulit wajah secara alami

Kulit putih nan halus tampaknya menjadi idaman semua orang utamnya para wanita, dimana kaum hawa sangat mengedepankan penampilan. Anda bisa mendapatkan keduanya hanya dengan masker sederhana yang anda buat sendiri di rumah. Caranya: haluskan tepung beras yang sudah direndam bersama sedikit susu, dan cuka sari apel. Gosokkan pasta tadi pada wajah dan biarkan hingga kering. Kemudian mencucinya dengan air.

Dimana, setelah membaca manfaat masker beras untuk wajah, apakah anda tertarik untuk menggunakan beras sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan anda?

Share On