10 Cara merawat wajah berminyak secara alami

Cara merawat wajah berminyak secara alami tanpa menggunakan perawatan kecantikan yang mahal dan memiliki efek samping. Terdapat 5 jenis kulit wajah pada manusia yaitu jenis kulit normal, berminyak, kombinasi, kering, dan sensitif. Setiap orang tentu memiliki jenis kulit yang berbeda- beda. Banyak orang yang menginginkan kulit wajah normal agar tidak mengalami masalah kulit, namun hal ini tentu tidak bisa terjadi secara instan. Setiap jenis kulit tentu memerlukan perawatan yang berbeda.
Cara merawat wajah berminyak
image from tiptoplifestyle.com

Salah satu jenis kulit yang biasanya mengalami masalah dan dikeluhkan adalah jenis kulit berminyak. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab kulit menjadi berminyak? salah satunya yaitu karena kelenjar sebaceous memproduksi minyak berlebihan dan juga ada faktor pendukung lainnya. Kulit berminyak biasanya lebih mudah bermasalah, salah satunya yaitu mudah timbulnya jerawat. Lalu, bagaimana cara merawat wajah berminyak secara alami? mengapa harus alami? karena dengan perawatan alami tentu lebih aman terhindar dari produk kimiawi, hemat serta terpercaya.

Teratur Membersihkan Wajah berminyak

Cara merawat wajah berminyak secara alami bisa dilakukan dengan membersihkan wajah secara teratur. Hal ini adalah rutinitas penting yang tidak perlu ditinggalkan. Pasalnya setiap hari anda melakukan aktifitas, terlebih jika aktifitasnya di luar ruangan. Anda tentu harus teratur membersihkan wajah. Sebenarnya yang harus dibersihkan tidak hanya wajah, namun juga seluruh badan. Khusus untuk wajah anda tidak boleh melewatkannya begitu saja. Membersihkan wajah dapat mengangkat kotoran, polusi dan segala macamnya setelah anda beraktifitas sehingga wajah menjadi lebih fresh. Minimal bersihkan wajah 3 kali sehari. Sesekali boleh dimanjakan dengan menggunakan air hangat saat membersihkannya untuk melancarkan sirkulasi darah di area wajah.

Menggunakan Masker Alami untuk Wajah berminyak

Selain membersihkan wajah dengan teratur, cara merawat wajah berminyak secara alami bisa dilakukan dengan mengaplikasikan masker alami. Cara ini adalah dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar. Bahan alami tersebut bisa berupa buah, sayuran,bahkan bahan dapur juga bisa dijadikan bahan perawatan alami. Berikut adalah bahan- bahan alami tersebut.

1. Mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan dasar makeup. Timun sifatnya sebagai pendingin, sehingga penggunaan timun secara alami bisa dijadikan sebagai penyegar alami atau astrigen. Timun ini kaya akan mineral serta vitamin dan bisa mengontrol minyak berlebih di wajah. Cara mengaplikasikannya pada wajah yaitu dengan memotong menjadi 2 atau beberapa bagian, kemudian gosok- gosokan ke wajah. Cara lainnya ada juga yang diblend, kemudian oleskan pada wajah, bisa juga dengan ditambahkan tetes madu. Setelah dirasa kering yaitu kira- kira 20 menit, bilas wajah dengan bersih. Tidak hanya sebagai penyegar kulit wajah, timun juga bisa diletakkan di bagian mata saat anda menggunakan masker. Hal ini akan menambah segar mata dan lebih relax.

2. Tomat

Bahan alami lainnya yang bisa dijadikan cara merawat wajah berminyak secara alami yaitu tomat. Tomat juga berfungsi untuk menyegarkan, mengontrol minyak berlebih di wajah, menghilangkan flek hitam serta menghaluskan wajah. Cara mengaplikasikannnya juga sama seperti menggunakan mentimun, yaitu dengan menggosok- gosokan atau dengan diblend terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan bersih.

3. Pisang

Selain dua bahan alami yang sudah disebutkan di atas, bahan alami lainnya yaitu pisang. jadi anda bisa memanfaatkan pisang tidak hanya untuk dimakan, namun bisa juga dijadikan masker alami. Caranya yaitu dengan menghaluskan pisang terlebih dahulu, kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan bersih. Penggunaan masker pisang ini berguna untuk menghaluskan kulit serta mengontrol minyak.

4. Jeruk Nipis

Buah masam yang satu ini atau jeruk nipis juga sangat berperan terhadap kulit jika dimanfaatkan dengan baik. Dengan menggunakan jeruk nipis, wajah tidak hanya terkonrol minyaknya namun juga bisa menjadi lebih cerah. Pada penggunaan jeruk nipis ini, anda harus lebih berhati- hati jika ada bagian kulit wajah yang terluka karena bisa menyebabkan perih. Aplikasikan di wajah dengan menggosok- gosokkan, diamkan hingga kering, laluu basuh wajah dengan bersih.

5. Seledri

Daun seledri yang biasanya dicampur pada makanan ini ternya juga berfungsi untuk kecantikan. Cara mengaplikasikan seledri pada wajah yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu. Setelah dirasa cukup, airnya yang masih hangat- hangat kuku bisa digosok- gosokkan pada wajah dengan menggunakan kapas. Selain cara ini, cara lainnya yaitu dengan diblender terlebih dahulu, kemudian langsung dijadikan masker wajah. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih. Dengan menggunakan masker seledri ini, kulit wajah yang berminyak secara perlahan bisa terkontrol dengan baik.

6. Putih telur

Cara merawat wajah berminyak secara alami juga bisa dengan menggunakan putih telur. Anda bisa mencampurkannya dengan madu atau jeruk nipis. Aplikasikan pada wajah secara merata, diamkan dan tunggu beberapa menit. Setelah kering bilas wajah hingga bersih. Anda dapat melakukan cara ini 2 minggu sekali.

7. Yoghurt

Ini adalah manfaat yoghurt untuk wajah yang utama, dimana fermentasi susu ini bisa membantu anda mengatasi masalah kelebihan minyak di kulit wajah. Yoghurt selain aman digunakan untuk kulit wajah berminyak juga cukup efektif. Kandungan asam laktat dalam yoghurt membantu menyerap kelebihan minyak dari kulit wajah. Cara merawat wajah berminyak dengan yoghurt: Pertama, ambil satu sendok makan yoghurt organik tanpa pemanis. Oleskan secara merata ke kulit wajah anda. Kemudian diamkan sekitar 15 menit. Terakhir bersihkan wajah anda dengan air dingin.

8. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah sudah tidak diragukan lagi. Selain berguna melembabkan dan mengurangi jerawat di wajah, lidah buaya juga cukup ampuh mengurangi minyak berlebih. Cara menggunakannya: Pertama potong lidah buaya dan ambil gelnya. Lembutkan gel tersebut selanjutnya oleskan pada kulit wajah secara merata, biarkan selama 20 menit setelah itu bilas dengan air.

9. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat madu untuk kecantikan wajah? Madu sudah lama digunakan oleh beberapa masyarakat kuno sebagai bahan perawatan kecantikan mereka. Madu bermanfaat meremajakan kulit, membantu mengatasi jerawat, melembabkan kulit secara alami, dan mengurangi minyak di wajah. Cara melakukan perawatan untuk kulit berminyak dengan madu: Anda bisa menerapkan madu langsung ke kulit wajah secara merata, tunggu setidaknya 20 sampai 30 menit. Baru bersihkan wajah anda dengan air.

10. Garam

Manfaat garam untuk wajah mungkin tidak terlalu dikenal oleh masyarakat karena umumnya garam digunakan sebagai bumbu dapur.  Tetapi meskipun demikian ternyata garam cukup ampuh digunakan sebagai bahan alami untuk merawat wajah berminyak. Cara merawat wajah berminyak dengan garam: Ambil botol semprot yang sudah dibersihkan kemudian isikan dengan air hangat. Masukkan 1 sdt garam dan aduk hingga merata. Tutup mata Anda dan semprotkan cairan ke kulit wajah. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk membantu mengatasi wajah berminyak.

Itulah beberapa masker alami untuk wajah berminyak. Selain dengan menggunakan bahan- abahan alami di atas, anda juga harus menjaga pola hidup baik, seperti hindari stres, istirahat cukup dan mengurangi makanan yang berlemak. Mengonsumsi makanan berlemak dapat merangsang produksi minyak, akibatnya kulit wajah akan semakin berminyak. Sebagai gantinya, anda bisa dengan mengonsumsi buah- buahan dan sayuran.

Share On