10 Cara merawat wajah berjerawat secara alami dan mudah

Advertisement
Cara merawat wajah berjerawat secara alami dan mudah yang bisa anda terapkan di rumah. Kulit berjerawat adalah salah satu hal yang bisa membuat tidak percaya diri, terlebih jika jerawat tersebut  banyak. Jerawat adalah benjolan atau peradangan yang timbul di kulit karena penyumbatan pori yang diakibatkan oleh apapun.

Cara merawat wajah berjerawat
imgae from doctorkasem.com

Banyak hal atau faktor yang menjadi sebab jerawat ini muncul diantaranya adalah kulit berminyak, hormon yang tidak seimbang, pola makan, kurang menjaga kebersihan kulit, dll. Untuk menghilangkan jerawat di wajah, banyak orang yang melakukan berbagai macam perawatan yang mana hal itu tidak sedikit biayanya. Padahal cara merawat wajah berjerawat tidak harus mahal, yang penting anda bisa telaten dan rutin dalam merawatnya.

Bahan Alami Untuk Merawat Wajah Berjerawat

Ada banyak bahan- bahan alami yang bisa dijadikan perawatan wajah. Bahan- bahan tersebut juga mudah didapatkan di sekitar. Untuk membuatnya pun tidak sulit. Yang sulit adalah bagaimana anda tetap sabar dalam merawatnya. Jika perawatan dilakukan dengan sabar dan rutin, maka perubahan akan nampak pada wajah anda. Berikut adalah bahan- bahan alami yang bermanfaat untuk wajah berjerawat.

1. Masker Madu dan Alpukat

Cara merawat wajah berjerawat yang pertama yaitu dengan menggunakan masker alpukat dan madu. Keduanya merupakan kombinasi yang pas untuk diaplikasikan pada wajah berjerawat. Keduanya juga sudah dikenal sejak dulu, bahkan sudah banyak dijadikan bahan dasar kosmetik. Madu sifatnya sebagai antibakteri karena di dalamnya mengandung hidrogen peroksida, sementara alpukat dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Alpukat kaya akan vitamin E yang baik untuk kulit. Cara membuat masker alpukat adalah sebagai berikut:


  • Ambil daging buah alpukat dan letakkan di wadah.
  • Haluskan daging buah alpukat yang sudah ada di wadah tersebut.
  • Menambahkan 1 sendok madu, haluskan lagi hingga rata dengan daging buah alpukat.
  • Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk lemon. Untuk bagian ini sifatnya optional, jadi boleh saja tidak digunakan.
  • Aplikasikan masker yang sudah dibuat pada wajah
  • Setelah diaplikasikan pada wajah, diamkan kira- kira 20 menit. Jika sudah dirasa cukup, maka bilas dengan air bersih. Dalam membilasnya, anda bisa menggunakan air hangat.

2. Lemon

Selain dapat dijadikan minuman, lemon juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya yaitu untuk merawat kulit wajah berjerawat. Lemon mengandung asam askorbat L yang dapat membantu mengatasi peradangan. Dengan mengaplikasikan lemon ini pada wajah, maka pori- pori yang tersumbat dapat dibersihkan sehingga jerawat tidak akan muncul lagi. Tidak hanya itu, lemon juga sangat baik untuk menghilangkan noda atau flek hitam di wajah.

Siapkan 1 buah lemon, kemudian potonglah menjadi dua bagian agar anda bisa dengan mudah memerasnya. Kemudian, perasan lemon tersbut dapat langsung diaplikasikan pada wajah. Karena lemon sifatnya asam, maka jika ada luka di wajah tentu akan sedikit perih. Jika sudah diaplikasikan, diamkan sekita 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Semakin rutin anda melakukan perawatan ini, maka semakin cepat pula wajah bersih dari jerawat.

3. Apel

Selain dua hal yang sudah disebutkan di atas, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan sebagai cara merawat wajah berjerawat adalah buah apel. Di dalam buah apel terkandung zat anti lemak. Fungsinya adalah untuk mengangkat kotoran yang ada pada kulit wajah. Haluskan buah apel dengan diblender, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan beberapa saat kurang lebih 20 menit. Setelah itu, anda dapat membersihkan dengan air hangat. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, masker apel adalah jenis perawatan yang pas.

4. Baking Soda

Baking soda juga termasuk salah satu yang dapat dijadikan bahan perawatan untuk kulit berjerawat. Dengan menggunakan baking soda, bakteri yang biasanya menjadi penyebab wajah berjerawat tidak mampu hidup lama. Lebih dari itu, baking soda juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, memberishkan pori- pori dan mengatur minyak berlebih. Cara mendapatkan manfaat baking soda untuk wajah adalah dengan mengaplikasikan baking soda yaitu dengan membuatnya pasta. Caranya dengan mencampur 2 sendok baking soda dengan 1 sendok makan air. Aduklah sehingga membentuk pasta, kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan hingga beberapa menit dan bilas wajah dengan bersih.

5. Memilih Kosmetik Yang Tepat Dan Sesuai

Selain memanfaatkan bahan-bahan alami di atas, anda juga harus pandai memilih kosmetik yang sesuai untuk jenis kulit anda. Walau bagaimanapun, kosmteik tetap dibutuhkan. Banyak orang yang salah dalam memilih kosmetik yang mengakibatkan kulit berjerawat. Bagi anda yang kulitnya berjerawat, jangan memakai kosmetik yang mengandung scrub atau yang mencerahkan. Butiran scrub yang kasar bisa membuat kulit wajah terluka dan semakin buruk. Untuk itu, sebelum memilih kosmetik, kenali dulu jenis kosmetiknya. Selain memilih kosmetik yang tepat, anda juga harus rajin membersihkan wajah, terlebih setelah seharian beraktifitas. Dengan rutin membersihkan wajah, maka kulit wajah akan semakin bersih dari kotoran sehingga terhindar dari jerawat.

Tips untuk merawat wajah berjerawat

Selain menggunakan bahan alami sebagai perawatan wajah berjerawat anda juga harus tahu bagaimana memperlakukan wajah yang berjerawat karena tentunya itu tidak mudah juga. Jadi logikanya jika merawat wajah normal saja sulit apa lagi merawat wajah yang sudah terlanjur jerawatan. Tapi tenang untuk melakukannya ada beberapa tips yang bisa anda terapkan, contohnya seperti di bawah ini:

6. Bersihkan wajah dengan teratur

Salah satu cara merawat wajah berjerawat yang murah dan praktis adalah dengan menjaga kebersihannya. Membersihkan wajah secara teratur selain dapat mencegah jerawat juga bisa mengurangi jerawat di wajah. Pastikan anda memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu waktu terbaik untuk membersihkan wajah adalah di pagi sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur.

7. Hindari penggunaan sabun mandi untuk wajah

Karena karakteristik kulit wajah berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya maka anda juga harus memilih sabun yang berbeda pula. Sabun mandi umumnya tidak cocok digunakan untuk membersihkan wajah karena memiliki bahan yang tidak selembut sabun khusus wajah. Jadi memakai sabun mandi untuk dipakai di wajah mungkin akan membuat jerawat menjadi lebih parah atau proses penyembuhannya menjadi lama.

8. Gunakan pelembab

Menggunakan pelembab sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit wajah terutama bagi anda yang memiliki jerawat. Memilih pelembab itu juga tidak boleh sembarangan karena jika salah justru akan membuat jerawat semakin banyak. Piihlah jenis pelmembab yang memiliki label non-comedogenic, pelembab jenis ini dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori kulit wajah. Selain itu pilih juga pelembab yang oil free atau bisa mengurangi minyak berlebih. Jika anda memiliki wajah berminyak baca tips berikut ini cara merawat wajah berminyak secara alami

Menghindari makanan penyebab jerawat

Tentu hal yang tidak boleh anda abaikan adalah merawat wajah berjerawat dari dalam yaitu dengan memilih makanan sehat dan pastinya tidak memperburuk jerawat anda.

9. Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak selain tidak baik untuk kesehatan ternyata juga dapat menyebabkan jerawat, meskipun tidak secara langsung makanan berlemak akan membuat kulit menjadi lebih berminyak yang akhirnya akan menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Makanan seperti gorengan, bersantan mungkin harus anda kurangi agar tidak membuat jerawat di wajah anda semakin banyak.

10. Kurangi makanan manis dan bergula

Memang sih anda tidak perlu menghindari seratus persen makanan semacam ini karena tentunya cukup sulit, tetapi anda harus menguranginya karena makanan manis ternyata dapat meningkatkan risiko jerawatan. Tentunya bukan menjadi faktor utama akan tetapi bisa mendukung datangnya jerawat di wajah. Selain itu banyak mengkonsumsi buah dan sayur juga sangat penting untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Nah,,demikian tadi rangkaian cara merawat wajah berjerawat secara alami yang bisa anda terapkan di rumah. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Share On