Manfaat masker kunyit untuk kecantikan kulit wajah

Kunyit secara umum dikenal sebagai rempah-rempah yang banyak digunakan di India dan Cina. Meskipun penggunaan kunyit masih tetap sebagai bahan utama dalam tradisi kuliner di India, akan tetapi penggunaan kunyit untuk masker wajah sudah mulai dikenal karena bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Kunyit telah diketahui mengandung tinggi antioksidan penting serta memiliki sifat antibakteri yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.
Manfaat masker kunyit
image by pixabay.com
1. Perbaikan kulit dan pencegahan penuaan dini

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit wajah. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung tinggi antioksidan yang berguna mengurangi efek buruk radikal bebas. Kunyit juga melindungi kulit anda dari paparan sinar UV, polusi, dan bahan kimia berbahaya yang berpotensi merusak kulit anda.
Selain itu kunyit juga bermanfaat mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar dua enzim inflamasi yang disebut COX-2 dan LOX dalam tubuh. Anda bisa menambahkan kunyit dengan lidah buaya dan madu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Antiseptik alami untuk kulit anda

Kunyit merupakan antiseptik alami yang sangat baik untuk digunakan sebagai masker wajah anda. Kunyit akan membantu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Masker kunyit sangat cocok digunakan untuk mengatasi luka ringan pada kulit seperti gigitan serangga atau memar.

3. Mengatasi masalah pigmentasi yang tidak merata pada kulit

Bagi Anda yang memiliki masalah pada pigmentasi dan perubahan warna pada kulit bisa menggunakan masker dari kunyit untuk mengatasinya. Kunyit telah dilaporkan mampu meringankan masalah pigmentasi dan ketidak merataan warna kulit. Ini menjadi alasan utama mengapa banyak produk kecantikan wajah yang menggunakan kunyit sebagai bahan alaminya.

4. Membantu penyembuhan jerawat

Salah satu manfaat masker kunyit yang utama adalah membantu menghilangkan jerawat di wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit: Buat pasta menggunakan campuran bubuk cendana dan kunyit. Masukkan beberapa tetes air mawar kemudian terapkan ke kulit wajah anda. Lakukan secara rutin agar jerawat di wajah anda segera hilang.

5. Mengatasi kulit berminyak

Bagi anda yang memiliki kulit berihyak maka akan benar-benar menyukai manfaat kunyit untuk kulit wajah yang satu ini. Kunyit diketahui dapat mengontrol minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab umum jerawat. Buat pasat dengan mencampurkan antara bubuk cendana, kunyit dan sedikit jus jeruk. Gunakan sebagai masker wajah dan biarkan selama 10 menit. Tunggu hingga mengering setelah itu bilas dengan air.

6. Menyamarkan stretch mark

Siapa sangka jika bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki manfaat untuk menyamarkan stretch mark membantu meringankan stretch mark. Stretch mark sering menjadi masalah bagi wanita sehingga membuat mereka kurang percaya diri. memang sih tempat munculnya stretch mark adalah area tertutup akan tetapi ini akan mengurangi penampilan anda terutama di hadapan suami. Campuran kunyit, susu, air mawar dan yoghurt akan membantu meringankan stretch mark di kulit anda. Ramuan tadi harus diterapkan setiap hari dan terus sampai kering sepenuhnya. Baca juga manfaat yoghurt untuk wajah

7. Menghilangkan pecah-pecah pada tumit

Selain membantu menyamarkan stretch mark kunyit ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi pecah-pecah pada kaki. Caranya cukup mudah anda hanya perlu membuat pasta dari kunyit kemudian mengoleskannya ke tumit. Hal ini tidak hanya menyembuhkan tumit pecah-pecah lebih cepat, tetapi juga membantu membuat tumit lebih lembut.

Share On