Sunday, March 12, 2017

12 Manfaat lemon untuk wajah dan kecantikan kulit

Advertisement
Ada banyak manfaat lemon untuk kulit wajah yang dapat Anda rasakan untuk menunjang penampilan. Buah berwarna kuning cerah ini memang sudah lama digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan, mulai dari pembersih wajah hingga masker. Aromanya yang menyegarkan pun dimanfaatkan produsen parfum dari berbagai negara. Meski rasanya asam, lemon kaya akan kandungan asam sitrat, karbohidrat, serat, fosfor, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, hingga kalsium yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan Anda.
Manfaat lemon untuk wajah
image by pixabay.com

Bagi sebagian besar orang terutama wanita wajah merupakan salah satu fitur andalan tubuh yang harus dijaga baik-baik. Tanpa perawatan dan pemilihan produk kecantikan yang saksama, Anda akan mendapatkan gangguan seperti jerawat, flek hitam, hingga keriput. Anda pastinya tidak mau tiba-tiba terlihat tua gara-gara masalah wajah, kan? Nah, dalam hal ini, lemon dapat membantu Anda mengingat ada banyak manfaat yang dapat buah ini berikan, meliputi:

1. Obat untuk Mengusir Jerawat

Seperti yang sudah disebutkan, lemon sangat ampuh digunakan untuk membasmi jerawat membandel. Hal ini dikarenakan lemon mempunyai zat-zat yang bersifat anti-bakteri dan anti-peradangan yang dapat meredakan inflamasi akibat munculnya jerawat yang baru muncul. Setelah kempis, jerawat tadi lantas akan dikeringkan oleh zat-zat tadi, sehingga isinya lebih mudah dikeluarkan.

2. Mengatasi Kulit yang Berminyak

Manfaat lemon untuk kulit wajah berikutnya adalah mengurangi kadar minyak berlebih baik pada wanita maupun pria. Kandungan minyak yang terlalu tinggi akan membuat kulit wajah Anda terlalu mengkilap dan tak jarang melunturkan riasan wajah. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan air lemon setelah beraktivitas seharian di dalam maupun luar ruangan.

3. Mampu Mengangkat Komedo

Komedo merupakan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Jika dibiarkan terlalu lama, maka komedo tadi akan memicu masalah wajah lain, yakni jerawat. Maka, sebelum terjadi, sebaiknya Anda segera oleskan perasan lemon pada bagian wajah yang ditinggali komedo. Gunakan tangan atau alat yang sudah dibersihkan supaya keadaannya tidak semakin parah.

4. Mengecilkan Ukuran Pori-pori

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pori-pori besar adalah salah satu biang dari masalah wajah seperti komedo dan jerawat. Anda harus segera mengecilkannya, karena pori-pori besar bisa jadi sarang bakteri yang kemudian mengalami penguraian pembusukan yang memicu jerawat batu hingga bernanah. Maka, untuk menanganinya, digunakana lemon supaya ukuran pori-pori mengecil.

5. Membuat Wajah Lebih Cerah

Seperti halnya jeruk nipis, kandungan vitamin C membawa manfaat lemon untuk kulit wajah, terutama bagi Anda yang menginginkan wajah kembali terlihat cerah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah kuning ini mampu menangkal radikal bebas yang biasanya menurunkan kualitas kesehatan tubuh. Gunakan air perasan lemon sebagai masker untuk mengembalikan sinar pada wajah Anda.

6. Memudarkan Bekas Jerawat

Anda mungkin pernah memencet atau menggaruk jerawat sampai pecah karena sebal melihatnya. Akan tetapi, tindakan tadi malah akan menyebabkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan dan membuat kulit wajah semakin kusam. Untuk menyamarkan atau menghilangkannya, Anda bisa memanfaatkan air dari perasan lemon. Selain jerawat, flek dan noda hitam pun mampu dientaskan.

7. Menghaluskan Kulit Wajah

Bekerja atau beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan pelindung akan membuat kulit lebih cepat kusam dan gelap. Paparan langsung dari sinar matahari, polusi, hingga radikal bebas pun akan semakin membahayakan kesehatan kulit. Nah, supaya keadannya tidak bertambah buruk, aplikasikan perasan air lemon secara rutin supaya kulit Anda terasa halus kembali.

8. Mengembalikan Kelembapan

Apakah kulit wajah Anda termasuk yang mudah kering? Kulit juga bisa mengalami dehidrasi dan salah satu ciri yang dapat Anda rasakan adalah tekstur yang semakin kering. Bahkan bukan tidak mungkin Anda akan menemukan kerutan halus di sekitar wajah hingga iritasi. Dalam hal ini, manfaat lemon untuk wajah dapat Anda rasakan sebagai pelembap alami yang bisa digunakan sebelum tidur.

9. Mengencangkan Kulit Wajah

Selain lembap, kulit kencang menjadi idaman kaum Hawa, karena dapat membuat mereka terlihat lebih muda. Ada banyak produk pengencang kulit yang sebenarnya bisa Anda pakai, tapi kalau tidak mau kena efek samping, sebaiknya Anda gunakan air lemon saja. Selain mengencangkan kulit, lemon juga mampu melancarkan peredaran darah sehingga membuat Anda tampak lebih segar.

10. Menjaga Kualitas Kolagen

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang paling dibutuhkan oleh kulit. Untuk menjaga kualitasnya agar tetap bagus, Anda dapat memanfaatkan lemon sebagai masker alami. Selain mempertahankan mutu kolagen, perasan air lemon juga dapat menjaga keseimbangan pH kulit wajah Anda. Pemakaian rutin tentunya akan membawa hasil yang lebih maksimal.

11. Mencegah Penyakit Kulit

Penyakit kulit baik yang ringan maupun berat pasti akan mengganggu aktivitas Anda. Sebut saja dari gatal-gatal, iritasi, peradangan, hingga yang kronis seperti kanker kulit. Namun, jangan cemas, karena manfaat lemon untuk wajah tidak hanya berlaku untuk kecantikan, tetapi juga kesehatan Anda. Anda bisa mengonsumsinya sebagai minuman atau mengolahnya menjadi kosmetik alami seperti masker.

12. Memperlambat proses Penuaan Dini

Sebagian besar wanita sangat menghindari proses penuaan dini, apalagi kalau usia mereka masih 20-40 tahun. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunkan lemon yang kaya akan kandungan nutrisi dan zat-zat penuaan dini untuk melindungi kulit wajah. Kandungan yang bekerja sebagai anti-aging ialah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, hingga vitamin C yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

Meski alami dan minim akan efek samping, Anda tidak akan memperoleh hasil instan tanpa pemakaian secara teratur. Jika Anda hanya melakukannya sesekali, maka manfaat lemon untuk wajah pun mustahil untuk diperoleh. Selain itu, perawatan perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat dan asupan makan yang seimbang.

Cara Membuat Masker dengan Lemon:

Lemon dapat diolah menjadi berbagai jenis kosmetik dan salah satunya adalah masker. Bahkan Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan tambahan bahan-bahan alami lainnya untuk membantu menyehatkan serta mempercantik kulit. Berikut ini ada cara membuat masker dengan lemon dan bahan tambahan lainnya.

  • Lemon, susu, dan tomat. Campurkan perasan air lemon dengan susu dan tomat yang sudah dihaluskan. Setelah membentuk pasta, Anda dapat mengaplikasikannya sebagai masker alami;
  • Lemon, minyak almond, dan madu. Campurkan perasan air lemon dengan madu dan minyak almond. Masker ini paling cocok digunakan untuk menghilangkan kerutan pada wajah;
  • Lemon, almond, susu, dan telur. Campuran bahan-bahan ini akan menciptakan masker yang membuar kulit wajah Anda bebas dari gangguan seperti flek hitam dan kerutan;
  • Lemon, kol rebus/kukus, dan madu. Ramuan herbal ini akan membawa banyak manfaat lemon untuk wajah secara maksimal, mulai dari kulit lembap, halus, bersinar, kenyal, hingga terlihat lebih muda berkat sifat anti-aging-nya.