Wednesday, March 15, 2017

8 Manfaat masker bengkoang untuk kulit wajah

Advertisement
Manfaat masker bengkoang untuk kulit wajah sudah menjadi rahasia umum. Terbukti dari sekian banyak produk kecantikan yang sudah menggunakan bengkoang sebagai bahan dasarnya. Manfaat bengkoang memang nyata adanya. Buah dengan daging tebal warna putih susu ini kaya kandungan vitamin B1, vitamin C, serat, dan mineral berkhasiat lainnya. Kadar air dalam bengkoang pun cukup tinggi yakni berkisar antara 86-90%, sehingga memberi manfaat penyegar bagi tubuh dan kulit.
Manfaat masker bengkoang untuk kulit wajah
image by pixabay.com

Dengan kandungan nutrisi yang terbilang lengkap, buah bengkoang tidak hanya baik dikonsumsi rutin. Terutama berkat kandungan vitamin C yang begitu tinggi. Kandungan vitamin C dalam bengkoang akan menjamin kulit lebih cantik dan sehat. Tentu bila dimanfaatkan secara benar. Buah bengkoang dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah secara alami. Sehingga tidak perlu tergantung dengan produk kecantikan terlebih yang memiliki komposisi bahan kimia berbahaya. Adapun berikut ini segudang manfaat buah bengkoang untuk rahasia kulit wajah yang cantik dan sehat:

1. Bengkoang Untuk Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus atau keriput adalah musuh utama bagi kulit awet muda. Dimana penuaan dini menyebabkan seseorang terlihat lebih tua daripada umur sebenarnya. Tentu Anda tidak mengharapkan hal ini terjadi bukan?

Penuaan dini sendiri disebabkan karena serangan radikal bebas. Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya kandungan vitamin C dalam bengkoang ampuh memerangi serangan radikal bebas. Sehingga akan mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa membuat masker bengkoang dan mengaplikasikannya setiap malam. Perawatan teratur dengan masker bengkoang akan menjaga kulit Anda tetap sehat bebas penuaan dini.

2. Bengkoang Untuk Menyegarkan Kulit

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, kandungan air dalam bengkoang sangat tinggi. Mengonsumsi bengkoang akan memberi efek penyegaran pada tubuh dan juga kulit.
Khusus untuk menyegarkan kulit wajah, Anda bisa membuat masker bengkoang. Pilih buah bengkoang yang masih segar dan berdaging. Parut bengkoang lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Biarkan sari bengkoang sampai mengendap karena endapan warna putih itulah yang bisa digunakan sebagai masker. Aplikasikan masker secara merata pada wajah lalu diamkan sampai kering. Bilas sampai bersih sesudahnya.

3. Bengkoang Untuk Mencerahkan Kulit

Vitamin C diyakini mampu membuat kulit wajah lebih cerah bercahaya. Bukan hanya itu. Vitamin C juga akan memastikan wajah tetap sehat dan terhindar dari noda kusam. Warna kulit wajah yang tidak merata, gelap, kusam, dan memiliki noda-noda gelap bisa tersamarkan dengan manfaat sari pati bengkoang.

Sari pati bengkoang dapat diperoleh dengan mengupas buah bengkoang lalu mencucinya sampai bersih. Parut bengkoang tersebut kemudian peras untuk mendapatkan sari alaminya. Tunggu beberapa waktu sampai didapati endapan pada bagian dasar. Endapan itulah sari pati bengkoang yang bisa diaplikasikan sebagai masker alami. Agar masker bisa digunakan di lain waktu, Anda bisa menjemur endapan sampai kering. Setelah malam oleskan masker pada kulit wajah lalu biarkan semalaman seperlu mendapat hasil optimal.

4. Bengkoang Untuk Mendinginkan Kulit

Sering beraktivitas di luar ruangan memaksa Anda harus terpapar sinar matahari terus-menerus. Akibatnya kulit wajah akan terasa panas, kering, dan lebih parah terbakar. Seperti yang diketahui kandungan air dalam bengkoang ampuh mendinginkan kulit sekaligus mengatasi gejala kulit terbakar karena paparan sinar matahari langsung.

Aplikasikan masker bengkoang pada kulit wajah yang terkena paparan sinar matahari. Agar mendapat efek pendinginan lebih lebih baik membuat masker dari potongan-potongan bengkoang yang sebelumnya disimpan di kulkas. Unsur anti inflamasi dalam sari bengkoang akan mendinginkan kulit wajah. Sehingga kulit selalu lembab, segar alami, dan sehat.

5. Bengkoang Untuk Melembabkan Kulit Wajah

Kulit kering dan kusam membuat penampilan kurang prima. Kulit kering yang tidak segera diatasi pun bisa memicu masalah lain pada kulit wajah. Kondisi lebih arah kulit kering akan menyebabkan kulit bersisik yang jauh dari kata kulit segar. Beruntungnya buah bengkoang bermanfaat melembabkan kulit wajah.

Bengkoang kaya air yang segar dan manis rasanya. Kandungan air tersebut mempunyai unsur kandungan anti inflamasi yang berkhasiat melembabkan kulit kering. Hasilnya kulit akan lebih lembab dan segar. Agar wajah semakin segar Anda bisa membuat buah bengkoang menjadi bedak dingin. Caranya tambahnya tepung beras basah dan air jeruk nipis pada sari pati bengkoang. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Bila ingin sensasi wangi Anda bisa menambahkan air mawar atau air daun pandan secukupnya. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil lalu keringkan secara alami dengan cara menjemurnya. Bedak dingin tersebut bisa Anda gunakan sewaktu-waktu dengan menambahkan air dingin.

5. Bengkoang Untuk Mengunci Kelembaban Alami Kulit

Tak hanya ampuh melembabkan kulit, kandungan buah bengkoang juga akan membantu mengunci kelembaban alami kulit. Sehingga Anda tidak harus lagi bermasalah dengan kulit kering.

Kadar air tinggi dalam bengkoang akan membantu menjaga kelembaban alami kulit. Sehingga kulit akan terlihat segar. Manfaat bengkoang untuk kulit wajah ini bisa Anda dapat dengan mengonsumsi bengkoang secara rutin ataupun menggunakannya sebagai masker.

6. Bengkoang Untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat di wajah hanya akan membuat Anda minder dan tidak percaya diri. Bukan hanya itu. Jerawat yang meradang terasa cukup menyakitkan, sehingga mengganggu aktivitas harian.

Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami adalah menggunakan masker bengkoang. Dengan sejumlah nutrisi di dalamnya, bengkoang membantu menyegarkan kulit dan meminimalisir peradangan jerawat. Caranya dengan mengoleskan masker bengkoang secara rutin paling tidak 2-3 kali seminggu. Masker bengkoang akan mengusir jerawat dan bekas jerawat. Agar manfaatnya terasa maksimal pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dulu menggunakan pembersih yang cocok agar tidak ada noda atau kotoran menempel.

7. Bengkoang Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Bintik-bintik hitam atau flek hitam pada wajah muncul lantaran kebersihan wajah yang tidak terjaga. Kondisi ini bisa lebih buruk bila Anda biasa memoles make up dan jarang membersihkannya. Alhasil kotoran dan sisa make up menempel pada wajah, tertimbun, dan pada akhirnya menimbulkan flek hitam.

Keberadaan flek hitam pada wajah akan mengurangi pesona kecantikan kulit. Atasi dengan perawatan masker bengkoang yang mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Perawatan rutin 3-4 kali seminggu akan memberi hasil nyata bila diimbangi dengan kebiasaan sehat menjaga kebersihan kulit wajah.

8. Bengkoang Untuk Menjaga Kulit Sehat

Kulit wajah tidak cukup cantik namun juga harus sehat. Dengan kulit yang sehat pastinya Anda akan terlihat fresh. Bengkoang memiliki kandungan vitamin B1 dan C yang akan membantu kulit Anda menjadi lebih sehat.

Agar kulit cantik dan sehat disarankan mengonsumsi bengkoang segar secara rutin. Anda bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus bengkoang yang ditambahkan sedikit madu. Selain itu, bisa pula mencoba perawatan dengan mengoleskan masker bengkoang di malam hari untuk mendapatkan manfaat bengkoang untuk kulit wajah cantik dan sehat.