Friday, March 10, 2017

8 Manfaat mentimun untuk kulit wajah dan kecantikan lainnya

Advertisement
Manfaat mentimun untuk kulit wajah ternyata tidak banyak diketahui oleh orang. Padahal mentimun merupakan sayuran yang memiliki berbagai kandungan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan. Sayur mentimun memiliki kandungan vitamin A, vitamin K, vitamin C, asam folat, asam pantotenat, magnesium, fosfor, karbohidrat, dan seng. Sayuran ini juga dikenal sebagai sayuran yang rendah lemak jenuh, sodium, dan kolesterol.
Manfaat mentimun untuk wajah
image by pixabay.com

Bagi kecantikan, mentimun banyak dimanfaatkan sebagai masker wajah. Banyak orang mempercayai bahwa mentimun yang digunakan sebagai masker mampu menyuplai kelembaban pada kulit wajah. Namun, ternyata banyak sekali manfaat mentimun lain bagi kulit wajah selain sekadar melembabkan. Apa saja menfaat-manfaat mengejutkan tersebut? Simak selengkapnya!

1. Mentimun untuk Menangkal dan Membersihkan Radikal Bebas

Anda tentu tahu bahaya radikal bebas. Radikal bebas akan membuat kulit menjadi terkontaminasi dengan kotoran dan zat-zat yang membahayakan bagi kesehatan kulit Anda, termasuk wajah. Siapa sangka bukan, mentimun ternyata memiliki kekuatan super untuk menangkal radikal bebas dan membersihkannya.

Kandungan betakaroten dalam sayur mentimun dapat digunakan sebagai penyuplai antioksidan pada kulit wajah. Cara memanfaatkan mentimun untuk menangkal dan membersihkan radikal bebas yaitu dengan mengonsumsi jus mentimun. Dalam membuat jus mentimun ini akan lebih  baik bila tanpa menambahkan gula. Anda boleh menyertakan buah atau sayuran lain kesukaan Anda seperti wortel, tomat, semangka, lemon, atau lainnya. Bila Anda menginginkan rasa yang lebih manis, menambahkan madu alami menjadi pilihan yang tepat.

2. Mentimun untuk Menghilangkan Bintik-bintik Hitam

Bintik-bintik hitam adalah musuh bagi para wanita. Bintik-bintik hitam dianggap merusak estetika kulit wajah dan mengganggu penampilan. Wajar saja, banyak wanita yang gemar melakukan perawatan mahal demi menghilangkan si bandel yang satu ini.

Bintik hitam terbentuk karena bekas jerawat, bekas gigitan serangga, dan hiperpigmentasi atau biasa disebut dengan flek. Banyak wanita yang tergiur dengan perawatan serbapraktis, namun sayangnya biaya perawatan yang dikeluarkan juga sangat mahal. Mentimun dapat Anda coba sebagai perawatan alami yang ramah bagi kantong Anda. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan mentimun yaitu dengan memakainya sebagai masker wajah. Anda dapat menempelkan potongan mentimun secara langsung pada wajah. Cara lain yaitu dengan menghaluskan mentimun dengan blender kemudian mengoleskan ke seluruh wajah Anda secara merata.

3. Mentimun untuk Merevitalisasi Kulit Wajah

Mentimun banyak diketahui untuk melembabkan kulit wajah. Wajah yang terasa lembab berarti wajah yang terevitalisasi. Kandungan air dalam mentimun dapat terserap oleh kulit wajah, sehingga kebutuhan air pada kulit wajah dapat terpenuhi. Senyampang memberikan kelembaban, kandungan air dalam mentimun juga mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Sel-sel kulit mati juga dapat terangkat bila Anda menambahkan pijatan-pijatan lembut pada kulit wajah Anda. Masker mentimun untuk merevitalisasi kulit wajah yaitu menggunakan mentimun yang telah dihaluskan.

4. Mentimun untuk Menekan Kemungkinan Kanker

Pernahkah Anda mengetahui kanker pada kulit? Bagaimana jadinya bila kanker kulit hidup pada wajah? Mengerikan bukan? Bahagianya saat ini Anda tidak perlu repot-repot mencari pengobatan yang mahal untuk menghindari penyakit kanker kulit. Anda dapat mencoba cara sederhana yaitu dengan menggunakan mentimun.

Mentimun memiliki kandungan lariciresinol, secoisolariciresinol, dan pinoresinol yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker, termasuk kanker kulit. Cara memanfaatkan mentimun untuk menekan kemungkinan kanker kulit yaitu dengan mengonsumsi jus mentimun secara teratur. Kabar gembiranya lagi, mentimun tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai penekan risiko kanker kulit, namun juga dapat digunakan untuk menekan risiko kanker lainnya. Seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, dan kanker ovarium.

5. Mentimun untuk Memudarkan Lingkar Hitam pada Mata

Mentimun dapat memudarkan bintik-bintik hitam akibat flek atau bekas jerawat. Mentimun juga ampuh memudarkan tanda hitam yang lain seperti lingkar hitam pada mata. Bagi Anda yang memiliki kelopak mata atau bawah mata yang gelap, mentimun dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara memanfaatkan mentimun untuk memudarkan lingkar hitam pada mata yaitu dengan menggunakan sebagai masker pada mata. Sebelum tidur, bersihkan muka Anda. Tempelkan potongan mentimun yang telah disimpan dalam freezer sebelumnya. Biarkan potongan mentimun tersebut menghidrasi kulit area mata Anda sambil beristirahat.

6. Mentimun untuk Mengecilkan Kantung Mata

Wanita-wanita di Korea saat ini sedang gandrung mengoperasi bawah mata mereka untuk dibuat kantung mata. Wanita Korea memang terkenal memiliki mata yang kecil atau sipit serta tidak memiliki kantung mata. Alhasil trend ini sedang banyak diikuti oleh wanita Korea. Bagi mereka, memiliki mata yang memiliki kantung mata akan terlihat kiyomi atau imut.

Di Indonesia, justru banyak wanita yang memiliki kantung mata. Kantung mata yang terlalu menonjol dan berwarna tidak cerah dianggap menggangu penampilan. Jangan khawatir, Anda tidak perlu melakukan bedah medis operasi plastik untuk mendapatkan penampilan impian Anda tersebut. Dengan hanya bermodal sayur mentimun, Anda dapat mengubah penampilan Anda semakin sempurna.

Ada dapat memanfaatkan mentimun untuk mengecilkan dan mencerahkan kantung mata Anda. Kantung mata yang terlalu besar dan menonjol akan memberikan kesan lelah pada mata Anda. Akibatnya, pancaran wajah Anda kurang terlihat berseri-seri. Gunakan potongan mentimun untuk menghidrasi mata Anda. Potongan mentimun yang telah ditaruh ke dalam freezer dapat mengecilkan kantung mata Anda yang bengkak karena menangis maupun faktor genetik.

7. Mentimun untuk Mencegah Kerutan pada Kulit Wajah

Bagi wanita berusia 30 tahun ke atas, perawatan antiaging atau antitua banyak diminati. Alhasil klinik-klinik kecantikan penuh sesak oleh customer wanita yang berusia 30 tahun ke atas. Pada usia ini, mereka telah menyadari bahwa kulit wajah sudah tidak lagi elastis dan mulai muncul kerutan pada area sudut mata, sudut bibir, dan dahi.

Sebagian kecil wanita yang brusia 30 tahun ke atas tidak perlu khawatir dengan keadaan ini. Kebiasaan merawat kulit wajah sudah lama ditelateni karena menyadari bahwa kulit wajah adalah sebuah aset yang perlu dirawat dengan baik. Perawatan secara alami akan membawa dampak yang positif bagi ke depannya. Salah satunya dengan memanfaatkan mentimun.

Mentimun memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat dengan baik memberikan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan cairan yang cukup, kulit wajah akan terasa lembab dan kenyal. Wajah yang telah mencukupi kebutuhan air ini akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan di wajah. Cara memanfaatkan mentimun untuk mencegah kerutan pada kulit wajah yaitu dengan memakainya sebagai masker wajah.

8. Mentimun untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Salah satu tipe kulit wajah orang Indonesia adalah tipe berminyak. Pada orang yang memiliki kulit wajah cenderung berminyak, umumnya memiliki pori-pori wajah yang besar. Pori-pori yang besar inilah menjadi penyebab kulit memproduksi lebih banyak minyak. Untuk itu, upaya untuk menekan produksi minyak pada wajah yaitu dengan mengecilkan pori-pori.

Cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan kulit wajah yaitu dengan menggunakan masker mentimun. Masker mentimun akan menyerap kandungan minyak berlebih pada wajah. Dengan begitu, wajah Anda tidak lagi terlihat berminyak. Mengejutkan bukan berbagai manfaat mentimun untuk kulit wajah?