8 Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah

Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah menjadi informasi dasar yang wajib Anda tahu. Selama ini mungkin Anda mengenal jeruk nipis sebatas bumbu dapur saja. Jeruk nipis memang sering digunakan untuk menyegarkan makanan dan menghilangkan sensasi amis daging. Namun ternyata buah berukuran kecil ini memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kecantikan.
Manfaat jeruk nipis untuk kulit
image by pixabay.com

Jeruk nipis diketahui memiliki kandungan vitamin C dan anti aging. Karena itulah jeruk nipis sangat direkomendasikan dalam perawatan kecantikan alami. Memiliki wajah cantik adalah idaman setiap wanita. Demi tampil cantik tidak sedikit kaum hawa rela merogoh budget besar untuk mendapat hasil seperti yang diharapkan. Untuk bisa tampil cantik sebenarnya ada bahan alami yang lebih hemat dengan khasiat luar biasa. Mungkin Anda masih ragu. Oleh sebab itu, berikut diberikan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah alami yang perlu Anda tahu:

1. Jeruk Nipis Untuk Mencerahkan Kulit

Sering terpapar polusi udara dan debu jalanan akan membuat kulit Anda terlihat kusam. Jangan terburu-buru menggunakan produk kecantikan yang belum jelas kandungannya. Apalagi menggunakan produk berbahan kimia yang berisiko pada efek samping.
Ambil jeruk nipis lalu belah menjadi 2 bagian. Peras untuk mendapatkan airnya. Oleskan air jeruk nipis tersebut pada wajah secara merata guna meluruhkan semua kotoran, bakteri, ataupun minyak yang bertumpuk di wajah. Anda bisa menambahkan madu dalam perasan air untuk mendapat hasil lebih optimal. Perawatan ini baik dilakukan 2 kali seminggu. Ingat untuk membersihkan wajah terlebih dulu supaya sari jeruk nipis bekerja optimal.

2. Jeruk Nipis Untuk Mengurangi Jerawat

Adanya jerawat di wajah menyebabkan penampilan Anda tidak optimal. Kondisi bisa jadi lebih parah bila jerawat tersebut meradang. Dimana Anda akan merasakan sakit luar biasa dan bila tidak diatasi secara tepat jerawat akan meninggalkan bekas membandel.
Jerawat muncul karena kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Adapun dengan jeruk nipis Anda bisa mengurangi jerawat di wajah. Zat alami dalam jeruk nipis yakni vitamin C dan flavonoid (antioksidan kuat) akan mengobati jerawat sampai tuntas. Demikian pula dengan kandungan mineral dan disinfektan tinggi yang akan menyehatkan kulit. Tidak perlu takut sakit karena apa yang Anda rasakan hanya sedikit perih.

Iris jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu peras agar sarinya keluar. Tampung sari jeruk nipis tersebut dalam wadah lalu siapkan kapas. Celupkan kapas ke dalam sari jeruk nipis lalu tempelkan kapas pada area kulit yang berjerawat. Diamkan sampai kering kurang lebih 15-20 menit. Lanjutkan dengan bilas air dingin lalu keringkan.

3. Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat pada kulit wajah bisa jadi meninggalkan bekas luka. Keberadaan bekas jerawat tidak kalah mengganggu dibanding jerawat itu sendiri. Dengan cara kerja yang sama dengan mencerahkan kulit wajah, jeruk nipis akan menghilangkan bekas jerawat membandel.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis akan membuat kulit terlihat lebih putih. Hebatnya jeruk nipis bekerja secara alami. Dimana Anda hanya perlu mengiris buah jeruk nipis segar. Tempelkan pada area bekas jerawat bersarang. Lakukan perawatan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu agar bekas jerawat hilang lebih cepat. Bila ternyata masih ada jerawat meradang dan cukup parah dianjurkan perawatan tidak dilanjutkan lantaran bisa berakibat pada rasa perih luar biasa.

4. Jeruk Nipis Untuk Mengontrol Minyak Wajah

Secara alami kulit wajah memproduksi sebum atau minyak wajah. Sebum memiliki fungsi tersendiri. Hanya saja bila jumlahnya berlebihan menyebabkan kulit berminyak dan alhasil mengundang jerawat.

Asam dalam jeruk nipis ampuh meluruhkan minyak berlebih pada wajah. Lebih dari itu, sifat asam tersebut juga akan membuat produksi kelenjar minyak lebih pasif. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah ini Anda perlu menyiapkan beberapa buah jeruk nipis. Iris-iris berbentuk lingkaran lalu tempel pada wajah berminyak secara merata. Terutama area T yang meliputi kening dan hidung. Diamkan sampai terasa kering lalu bilas bersih dengan air. Perawatan rutin 2 kali seminggu dapat mengurangi minyak berlebih, sehingga wajah Anda tidak akan terlihat mengkilap lagi.

5. Jeruk Nipis Mengusir Kulit Kusam

Kulit wajah yang kusam akan membuat Anda terlihat tidak segar. Tidak perlu diambil pusing karena asam dalam buah jeruk nipis ampuh mengusir kulit kusam. Hal ini dikarenakan jeruk nipis dengan kandungannya mampu menyapu kotoran wajah dan produksi minyak berlebih.
Untuk mendapatkan manfaat ini Anda hanya perlu memeras sari jeruk nipis. Oleskan sari alaminya ke kulit wajah Anda secara merata. Diamkan lalu usap kembali dengan kapas seperti halnya menggunakan produk pembersih.

6. Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Keriput

Keriput jelas bukan hal yang diharapkan muncul pada wajah cantik Anda. Terlebih bagi Anda yang merasa masih berusia muda. Keriput atau kerutan di bawah mata dapat mengurangi performa diri.

Tidak perlu khawatir. Karena jeruk nipis mempunyai sifat penyembuhan saat dikombinasikan dengan bahan alami lain. Anda bisa mencampur 3-4 tetes jeruk nipis dengan 1 sdm susu untuk menghilangkan keriput pada kulit wajah. Oleskan larutan alami tersebut di area kerutan sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas di esok harinya. Saat bilas gunakan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih. Lanjutkan dengan menggunakan krim pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda ke arah berlawanan dengan keriput. Biarkan kurang lebih 30 menit lalu bilas kembali dengan air dan sebaiknya hindari penggunaan sabun.

7. Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Noda Hitam

Noda hitam atau flek hitam muncul karena sengatan sinar matahari atau bekas jerawat. Bila dibiarkan begitu saja, tentu akan membuat anda kurang nyaman dan pastinya juga akan mengganggu penampilan.

Adapun kandungan asam sitrat jeruk nipis ampuh mengusir sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah Anda. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa mengiris buah jeruk menjadi dua bagian. Gosokkan permukaan buah yang berair secara perlahan pad area wajah dengan noda hitam. Biarkan sampai kering agar nutrisi jeruk nipis bekerja sempurna. Setelah kering bilas dengan air hangat lalu bilas lagi menggunakan air dingin. Bila terdapat luka serius pada wajah hindari perawatan ini karena bisa menimbulkan rasa perih dan iritasi.

8. Jeruk Nipis Untuk Relaksasi Kulit

Relaksasi pada kulit itu penting artinya. Dengan melakukan relaksasi, maka ketegangan otot - otot kulit akan berkurang. Memang benar sekarang ini banyak salon kecantikan atau spa yang menyediakan layanan perawatan relaksasi. Namun sebenarnya relaksasi kulit bisa Anda lakukan sendiri tentunya denga biaya yang murah.

Anda membutuhkan buah jeruk nipis segar untuk melakukannya. Iris lalu peras untuk mendapatkan sari alaminya. Campurkan sari jeruk nipis dengan air secukupnya. Lalu gosokkan pada bagian kulit wajah yang terasa pegal. Diamkan agar kandungan nutrisinya terserap sempurna. Bila sudah, bersihkan dengan cara membilas menggunakan air bersih. Perawatan mudah untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kecantikan yang luar biasa.

Share On