Monday, March 13, 2017

7 Manfaat jagung untuk kecantikan kulit wajah anda

Advertisement
Jagung adalah makanan yang kaya akan nutrisi peting untuk tubuh manusia. Hal ini membuat sebagian masyarakat kita menggunakannya sebagai makanan pokok seperti orang Madura misalnya. Jagung diketahui berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko dan saat ini dibudidayakan secara luas di Negara kita.
Manfaat jagung untuk kecantikan
image by wikimedia.org

Kebanyakan orang menganggap jagung adalah sayuran meskipun kenyataannya jagung masuk dalam kelompok biji-bijian. Selain bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya ternyata jagung juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah, mau tahu apa saja manfaat jagung tersebut, mari simak ulasannya berikut ini:

1. Menjaga kesehatan kulit

Siapa sangka jika makanan yang menjadi salah satu sumber karbohidrat ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Jagung yang memiliki warna kuning ini mengandung tinggi serat dan juga aneka vitamin penting untuk kulit anda. Kandungan beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit anda. Vitamin A ini sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas. Bukan hanya itu, mengkonsumsi makanan tinggi beta-karoten seperti halnya jagung dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu menjaga kulit anda tampak cerah bersinar. Penerapan jagung secara langsung ke kulit wajah mungkin masih jarang dilakukan tetapi mengkonsumsinya secara langsung benar-benar memberikan manfaat nyata untuk kulit anda.

2. Mengurangi ruam dan iritasi pada kulit 

Pati jagung sering ditambahkan dalam banyak bahan kosmetik yang dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit sepeti iritasi dan ruam. Anda bisa memanfaatkan minyak jagung ke kulit wajah anda atau bagian kulit lainnya yang terdapat iritasi. Setelah itu biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air sampai bersih.

3. Memperlambat proses penuaan 

Jangan anda kira saat mengkonsumsi jagung anda hanya akan mendapat manfaat dari serat yang dikandungnya, akan tetapi lebih dari itu jagung memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah anda. Sepeti yang sudah kita ketahui di atas jika jagung mengandung tinggi beta-karoten yang berguna menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi penyebab utama penuaan. Banyak orang yang telah menambahkan jagung dalam menu sehat harian mereka dan mengalami perubahan yang luar biasa dimana mereka memiliki kerutan, garis-garis halus serta tanda-tanda penuaan lebih sedikit. Selain itu, minyak jagung juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam banyak produk kosmetik dan perawatan kulit untuk mengurangi keriput dan garis-garis halus di wajah.

4. Meningkatkan tekstur kulit

Seperti halnya manfaat minyak zaitu untuk wajah, jagung saat diterapkan pada kulit juga akan membantu tekstur kulit wajah menjadi lebih kenyal dan terlihat sehat. Penggunaan minyak jagung dapat membantu menyehatkan kulit sekaligus membuatnya terlihat halus dan cerah. Untuk mendapatkan manfaat jagung untuk wajah ini anda bisa memijatkan minyak jagung secara perlahan ke kulit wajah anda.

5. Membantu menghilangkan jerawat

Jika anda memiliki jerawat yang tidak kunjung bisa anda hilangkan dengan obat jerawat dari bahan kimia, mungkin anda bisa memanfaatkan jagung. Untuk mengurangi jerawat di wajah, Anda harus menerapkan pola diet yang seimbang dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar. Jagung sangat baik karena merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung tinggi nutrisi seperti vitamin A dan E. Oleh karena itu, orang sering menggabungkan jagung dengan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat pasta yang efektif untuk mengobati dan mengurangi jerawat di wajah.

6. Meratakan warna kulit

Warna kulit yang tidak merata entah itu dari flek hitam ataupun bekas jerawat sedikit banyak akan mengganggu penampila anda. Menggunakan jagung sebagai masker wajah dengan membuatnya menjadi pasta secara perlahan akan membantu meringankan bekas jerawat, warna tidak merata, dan bintik-bintik hitam di wajah. Penggunaan teratur masker jagung untuk wajah ini dapat membuat kulit wajah bersinar dan berseri-seri.

7. Melawan efek buruk dari sinar UV 

Efek buruk yang dihasilkan oleh sinar matahari sangat beragam mulai yang teringan seperti flek hitam sampai yang teberat yaitu kanker kulit. Untungnya salah satu manfaat utama masker jagung untuk wajah adalah membantu anda melawan efek buruk tersebut. Jika dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lain seperti madu dan susu, jagung akan lebih efektif dalam melembutkan dan mencerahkan kulit kembali setelah kusam terkena paparan sinar matahari.