7 Manfaat cuka sari apel untuk kulit wajah dan rambut

Cuka sari apel atau juga dikenal dengan Apple Cider Vinegar (ACV) merupakan satu dari sekian banyak bahan alami yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan kulit wajah anda.


Meskipun penggunaan cuka apel itu sendiri masih tergolong baru pada zaman moderen ini akan tetapi jejak penggunannya dapat ditelusuri sejak 400 SM. Dipercaya, Hippocrates yang merupakan bapak kedokteran, menggunakan cuka sari apel untuk mengobati banyak pasiennya. Berikut selengkapnya mengenai manfaat cuka sari apel untuk kulit wajah anda:

1. Membantu mencegah dan menghilangkan jerawat

Jika anda sedang mengalami jerawatan dan sedang mencari obat jerawat alami maka anda bisa memanfaatkan cuka sari apel. Cuka sari apel dapat membantu anda mencegah sekaligus menghilangkan jerawat karena memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang akan mencegah munculnya jerawat di wajah. Bakteri biasanya bersarang di pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh kotoran sehingga akan menyebabkan peradangan. Selain membunuh bakteri, cuka sari apel juga membantu menyeimbangkan pH kulit Anda, dimana hal ini sangat penting untuk mencegah jerawat di kulit wajah.

2. Menenangkan kulit pasca tersengat sinar matahari

Berlama-lama di terik matahari dapat membuat kulit anda tidak sehat, biasanya sengatan matahari berlebih akan membuat kulit menjadi memerah. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Cuka sari apel adalah obat rumah yang aman sekaligus ramah. Menerapkan cuka sari apel ke kulit anda akan membantu menenangkan rasa sakit akibat sengatan sinar matahari serta mengurangi iritasi pada kulit

3. Sebagai toner kulit

Cuka sari apel sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Cuka sari apel kaya akan asam alpha hydroxy yang berguna meningkatkan aliran darah ke kulit dan memperkecil pori-pori kulit wajah. Cara menggunakan cuka apel untuk toner wajah: Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan setengah air. Terapkan ke kulit wajah anda dengan bola kapas. Biarkan seperti itu sekitar 15 menit, setelah itu bersihkan wajah anda.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Tanda-tanda penuaan berupa kerutan dan garis-garis halus akan muncul seiring bertambahnya usia, hal ini adalah hal yang wajar dan anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi bagaimana jika tanda-tanda penuaan tersebut muncul lebih cepat? Hal ini bisa anda cegah menggunakan manfaat cuka apel untuk wajah. Caranya: Campur setengah sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air perasan lemon. Terapkan ke kulit wajah anda hingga merata, kemudian bilas setelah 20 menit.

5. Untuk detoksifikasi kulit

Detoksifikasi kulit sangat penting sekali untuk mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya terkait racun. Cara detoksifikasi kulit menggunakan cuka sari apel: Siapkan satu bak mandi air hangat dan tambahkan secangkir cuka sari apel dan secangkir garam Epsom. Tambahkan minyak esensial seperti lavender untuk memberikan aroma menyegarkan. Selain membantu mengeluarkan racun di kulit anda cara ini juga dapat membantu meredakan nyeri sendi, eksim, dan jerawat.

6. Melembutkan rambut anda

Selain baik untuk kesehatan kulit wajah cuka sari apel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut anda. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan cuka sari apel yang membantu anda memiliki rambut lembut dan mengkilap alami. Cuka sari apel berguna menghilangkan penumpukan sisa shampo dan bahan styling rambut lainnya. Bukan hanya itu, cuka sari apel juga berguna mengembalikan tingkat pH alami kulit kepala. Cara menggunakan cuka apel untuk rambut: Campur ¼ Cangkir cuka sari apel dengan dua gelas air. Bilaskan ke rambut anda setelah keramas sambil sedikit memijat selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah selesai bilas kembali rambut anda dengan air bersih.

7. Membantu menghilangkan ketombe

Ketombe biasanya akan semakin parah saat musim dingin dimana masalah kulit kepala ini cukup mengganggu terutama saat kita memakai pakaian hitam. Ketombe menyebabkan kulit kepala menjadi lebih berminyak, serta meninggalkan serpihan kulit mati pada kulit kepala dan rambut anda. Hal ini tentunya dapat menyebabkan gatal di kulit kepala. Cuka sari apel memiliki sifat antijamur alami yang berguna mengurangi ketombe. Selain itu, cuka apel juga membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Share On