6 Manfaat masker baking soda untuk kulit wajah

Advertisement
Manfaat masker baking soda untuk kulit wajah memang sangat banyak, selain digunakan untuk bahan pembuat kue. Dulu baking soda hanya digunakan untuk pengembang kue saja, namun sekarang manfaat baking soda sangat banyak. Selain untuk pengembang kue, baking soda juga bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga, kesehatan, dan juga kecantikan. Manfaat baking soda untuk wajah sudah banyak dibuktikan oleh orang-orang yang telah menggunakannya. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai manfaat masker baking soda untuk kulit wajah:
Manfaat masker baking soda untuk kulit wajah
image by pixabay.com

1. Manfaat Baking Soda Untuk Wajah Berjerawat

Jerawat memang menjadi masalah kulit wajah yang sangat umum dialami oleh setiap orang, baik itu pria maupun wanita. Jerawat sendiri merupakan musuh bagi setip orang, terutama bagi para remaja. Hal ini disebabkan jerawat dapat menyebabkan rusaknya penampilan dan juga membuat seseorang tidak percaya diri. Oleh sebab itu jerawat sangat mengganggu penampilan seseorang. Banyak obat jerawat yang berbahan dasar kimia dijual di pasaran, namun dengan menggunakan bahan kimia justru malah menyebabkan efek samping dan bahkan bisa membahayakan kesehatan. Sekarang anda sudah tidak perlu khawatir lagi sebab banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, salah satunya yakni dengan menggunakan baking soda. Dengan memanfaatkan baking soda bahkan anda dapat menghilangkan jerawat dalam waktu satu malam saja. Caranya cukup mudah yakni dengan mencampur baking soda dengan air hangat sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan ke seluruh wajah anda yang berjerawat, biarkan semalaman, setelah itu bersihkan wajah anda pada pagi harinya.

2. Manfaat Baking Soda Untuk Mengurangi Minyak Pada Wajah

Mempunyai kulit kusam, kering, dan juga berminyak memang sangat mengganggu penampilan. Bukan hanya membuat anda merasa tidak nyaman, namun dengan hadirnya ketiga masalah kulit wajah tersebut juga dapat membuat wajah menjadi tidak enak dilihat. Selain itu dengan adanya masalah-masalah kulit kusam, kering, dan berminyak justru malah menambah masalah-masalah kulit yang lainnya dan juga malah mengganggu penampilan. Seperti hanya masalah kulit berjerawat, penuaan dini, kerutan-kerutan halus, komedo, dan yang lainnya. Oleh sebab itu masalah kulit kusam, kering, dan berminyak memang harus sesegera mungkin diatasi dan mencari solusi yang tepat. Bukan hanya menggunakan obat berbahan kimia yang dapat membahayakan tubuh saja, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Banyak bahan-bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit tersebut, salah satunya adalah baking soda. Caranya cukup mudah, anda bisa mencampurkan baking soda dengan air dan juga gandum. Setelah itu, terapkan ke kulit wajah anda hingga leher dengan rata. Diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

3. Manfaat Baking Soda Untuk Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah salah satunya adalah bekas jerawat. Bekas jerawat pada wajah ini juga tidak akan mudah hilang dengan begitu saja apabila dibiarkan dan tidak diatasi. Sehingga diperlukan perawatan yang sesuai untuk bisa menghilangkan bekas jerawat tersebut. Dengan menggunakan baking soda akan membuat kulit bersih dan dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya cukup mudah anda bisa menggunakan satu sendok makan baking soda kemudian campurkan menggunakan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan ke seluruh wajah kecuali bagian mata dan bibir. Diamkan hingga kering kurang lebih selama 25 menit. Setelah itu cuci hingga bersih menggunakan air hangat.

4. Manfaat Baking Soda Untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati ialah lapisan dari kulit yang menghitam dan mengelupas. Sel kulit mati ini dapat mengganggu penampilan dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman. Sel kulit mati ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kasar dan juga terlihat lebih gelap. Oleh sebab itu masalah sel kulit mati ini harus segera diatasi agar kulit menjadi cerah dan sehat kembali. Munculnya sel kulit mati ini dikarenakan regenerasi pada kulit, hal ini cukup wajar terjadi pada setiap orang. Akan tetapi proses regenerasi kulit akan lama terjadi seperti pada bekas jerawat, bekas luka bakar, bekas luka goresan, dan lainnya. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan bahan alami yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Salah satu bahan tersebut ialah baking soda. Caranya cukup mudah, anda bisa mencampur baking soda dengan air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan ke area wajah anda tunggu hingga beberapa menit, setelah itu bilas seperti biasa.

5. Manfaat Baking Soda Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Ada berbagai macam solusi yang dapat anda lakukan untuk memutihkan kulit wajah. Salah satunya ialah dengan menggunakan baking soda. Hal ini disebabkan baking soda sendiri dapat mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan flek hitam pada wajah, dan juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kusam yang dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi gelap. Baking soda juga akrab disebut sebagai asam bikarbonat alami yang cukup efektif untuk merawat kulit dan juga memutihkan wajah. Cara yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan campuran baking soda dengan air sabun kemudian dioleskan pada kulit wajah dan juga leher secara merata sambil dipijat pelan. Kemudian diamkan beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

6. Manfaat Baking Soda Untuk Pembersih Kulit Wajah

Membersihkan wajah memang salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Namun sekarang ini pembersih wajah sebagian besar juga mengandung bahan-bahan kimia yang justru bisa membahayakan kesehatan kulit anda. Akan tetapi sekarang ini juga banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk pembersih kulit. Bahan-bahan alami untuk pembersih kulit wajah itu juga bisa anda jumpai di dapur anda dan juga sering anda gunakan. Dengan sifat dari baking soda yang dapat mengangkat sel kulit mati juga bisa digunakan untuk memutihkan kulit wajah dan juga membersihkan wajah. Caranya cukup mudah yakni dengan mencampurkan baking soda dengan air dan gunakan untuk mencuci wajah dan mengusap halus ke permukaan wajah anda.

Perlu diingat: Baking soda merupakan salah satu bahan yang cukup keras sehingga mungkin tidak cocok untuk semua jenis kulit. Maka dari itu, sebaiknya lakukan tes patch terlebih dahulu dengan mengoleskan pasta baking soda ke bagian punggung tangan anda. Biarkan sekitar 30 menit, jika tidak ada reaksi maka anda bisa menggunakannya untuk wajah, itupun tidak boleh terlalu sering. Jika anda masih ragu mengenai penggunaan baking soda, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu

Demikian sedikit informasi mengenai manfaat masker baking soda untuk wajah. Semoga bisa membantu.

Share On