4 Manfaat minyak biji rami untuk kecantikan kulit wajah

Advertisement
Biji rami adalah satu dari sekian banyak bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan anda. Hal ini dikarenakan biji rami mengandung tinggi mineral, vitamin penting, dan senyawa yang memiliki kemampuan penyembuhan. Tanaman ini memiliki biji coklat yang sering digunakan untuk menyembuhkan peradangan pada kulit serta masalah sembelit. Secara alami biji rami juga mengandung asam lemak esensial yang cukup efektif dalam mencegah penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Untuk mengetahui lebih banyak seputar manfaat biji rami untuk kecantikan kulit wajah, mari simak ulasan berikut:
Manfaat minyak biji rami
Gambar: minyak biji rami

1. Menghilangkan jerawa di wajah

Jerawat dapat menyerang siapa saja tidak peduli pria maupun wanita. Bagi kebanyakan orang, masalah jerawa benar-benar menjadi mimpi buruk. Meskipun menurut American Osteopathic College of Dermatology kaum remaja merupakan kelompok yang paling rentan mengalami jerawatan seiring perubahan hormon pada tubuh mereka. Banyak dari pada penderita jerawat mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkannya dengan menggunakan obat topikal maupun obat dalam. Sayangnya, sebagian besar cara yang mereka lakukan tidak cukup efektif dalam mengurangi jerawat.

Selain itu, beberapa jenis obat jerawat justru menyebabkan masalah kulit tersendiri seperti alergi, iritasi dan kemerahan pada kulit wajah, tentu hal ini sangat tidak anda inginkan bukan?  Melihat kondisi tersebut sudah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat di wajah. Banyak makanan termasuk biji rami yang dipercaya cukup ampuh dalam mengobati masalah jerawat. Namun, sebelum Anda melakukannya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menanyakan padanya tentang dosis biji rami yang tepat.

Pertanyaannya mengapa biji rami sangat baik untuk mengatasi jerawat? Jerawat merupakan kondisi dimana kulit mengalami peradangan. Sedangkan kandungan Apha-linolenic acid yang ditemukan dalam biji rami diketahui cukup efektif dalam mengobati peradangan yang menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk jerawat, penyakit jantung, radang usus dan kondisi kulit lainnya. Orang Amerika yang menjalankan diet sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya omega 6 seperti biji rami memiliki kemungkinan lebih sedikit mengalami peradangan dalam tubuh mereka.

2. Mengatasi kulit kering

Selain menghilangkan jerawat,  manfaat lain dari biji rami adalah membantu mengatasi masalah kulit kering. Minyak dari biji rami dapat membantu melembabkan kulit secara alami untuk membuatnya tampak cerah bersinar. Biji rami secara alami mengandung tinggi asam lemak omega 3 dan memiliki sifat anti-inflamasi. Omega 3 bukan hanya berguna dalam mengurangi kolesterol jahat tetapi juga mampu meningkatkan hidrasi pada kulit anda.
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan manfaat biji rami ini. Yang pertama adalah menerapkan biji rami langsung ke kulit. Caranya pijat kulit anda dengan lembut menggunakan minyak biji rami, diamkan sesaat kemudian bersihkan wajah anda dengan air.

Kedua, Anda dapat mengkonsumsinya dengan menambahkan satu sendok makan minyak biji rami ke dalam menu sarapan harian anda. Mengkonsumsi minyak biji rami secara teratur akan membantu meningkatkan kesehatan kulit anda.

3. Mengurangi kerutan di wajah

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya jika minyak dari biji rami efektif dalam mengatsi kulit kering. Hal ini memungkinkan juga jika minyak biji rami dapat mengurangi kerutan di wajah. Kita semua tahu bahwa kulit kering akan meningkatkan risiko munculnya keriput dan gairis-garis halus di wajah. Tapi pertanyaannya apakah minyak biji rami dapat membantu mencegah dan mengurangi keriput di wajah? Ternyata ada banyak studi terbaru yang telah menunjukkan bukti-bukti dimana minyak biji rami diketahui cukup efektif sebagai bahan alami untuk mengatasi keriput.

Asam lemak dan protein yang ditemukan dalam minyak biji rami sangat baik dalam mencegah dan mengurangi munculnya keriput. Saat diterapkan pada kulit, minyak biji rami akan membantu mempercepat penyembuhan sel yang rusak. Hasilnya, menggunakan minyak biji rami ke kulit dapat membuat kulit menjadi lebih elastis.

4. Mengobati sengatan sinar matahari

Cuaca terik seperti saat ini dapat berakibat kurang  baik untuk kesehatan kulit anda, apalagi bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Tapi untungnya, ada banyak bahan alami yang dapat melindungi kulit anda dari sengatan sinar matahari tersebut. Salah satu bahan tersebut adalah minyak biji rami. Minyak biji rami merupakan alternatif pengganti lotion dan krim tabir surya yang biasanya mengandung bahan kimia berbahaya.

Minyak biji rami memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan. Dimana keduanya sangat membantu dalam meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Caranya cukup menerapkan minyak biji rami ke bagian kulit yang terbiasa terkena sinar matahari. Asam lemak esensial dalam minyak biji rami dapat melembabkan dan menenangkan area kulit yang tersengat sinar matahari.

Share On