Monday, March 13, 2017

10 Manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kecantikan kulit

Advertisement
Selain digunakan untuk memasak, ada manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kecantikan kulit yang ternyata tak kalah banyaknya. Keberadaan minyak kelapa kini mungkin sudah tergeser produk lain yang lebih praktis dan terjangkau. Meski demikian, masih ada segelintir orang yang tetap memakai jenis minyak ini, karena bukan cuma membuat makanan mereka lebih lezat, tetapi juga bisa digunakan untuk hal-hal lain selain bidang kuliner.
manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit wajah
image by wikimedia.org
Beberapa penelitian telah berhasil mengungkap manfaat tak terduga dari minyak kelapa. Sebuah riset telah membuktikan bahwa asupan minyak kelapa mampu meningkatkan resistensi tubuh terhadap bakteri dan virus penyebab penyakit. Jenis minyak ini bahkan mampu memberi pengaruh pada hormon positif terhadap tiroid hingga mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi minyak kelapa juga akan membantu metabolisme tubuh agar kembali lancar.

Selain itu, minyak kelapa bisa membantu kaum wanita untuk mempercantik penampilan mereka dengan mengolahnya menjadi:

1. Masker Rambut

Rambut adalah mahkota wanita dan manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kecantikan juga berlaku untuk rambut Anda. Cara memakainya pun sangat mudah, yakni dengan memanaskan minyak kelapa menggunakan air hangat dan oleskan setelah Anda keramas. Diamkan selama kurang lebih lima menit sebelum dibilas. Niscaya, rambut Anda akan lembut dan mengembang.

2. Losion Alami

Kehabisan losion pelembap kulit? Jangan cemas selama Anda mempunyai minyak kelapa di rumah. Pasalnya, tekstur minyak kelapa mampu memancarkan warna dari kulit sekaligus melembapkannya kembali. Anda cukup mengoleskannya ke kulit dengan tambahan bunga lavendel atau daun mint, lalu pijat secara perlahan agar khasiatnya meresap sempurna.

3. Pelembap Bibir

Selain kulit, bibir juga harus Anda jaga kelembapannya. Kurangnya air dan perlindungan yang kurang maksimal kerap membuat bibir menjadi pecah-pecah dan terluka. Kalau sudah begini, Anda mungkin akan kesulitan untuk memakai lipstik. Nah, supaya bibir lembap kembali, Anda dapat manfaatkan minyak kelapa. Oleskan minyak pada bibir secukupnya dan tunggu sampai tak terasa kering lagi.

4. Pelembut Kutikula

Kutikula kuku adalah salah satu bagian jemari yang mungkin jarang diperhatikan. Padahal, manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kecantikan pun bisa Anda aplikasikan ke bagian ini lho. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak kelapa ke seluruh kuku dan tunggu sampai benar-benar meresap. Jika dilakukan secara rutin, kuku Anda akan terlihat lebih kuat dan bersinar.

5. Krim Alami

Pernahkah Anda menyentuh kulit di bagian bawah mata? Terasa tipis dan halus sekali, bukan? Nah, hal ini yang membuat bagian tersebut terkena garis halus, bengkak, hingga bintik hitam kalau tak Anda urus dengan baik. Untuk mengembalikannya supaya lembut dan kencang, oleskan saja minyak kelapa, lantas Anda pijat kulit di bawah mata secara perlahan.

6. Pencerah Rambut

Sebagian besar orang yang mempunyai rambut ikal agak kesulitan untuk merawat rambut mereka. Anda salah satu diantaranya? Kalau Anda tidak menemukan produk yang tepat, Anda bisa memakai minyak kelapa untuk membuat rambut ikal Anda semakin cantik dan bercahaya. Caranya, baluri sela-sela jari dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada rambut yang telah dikeriting atau digulung secara merata.

7. Pengilau Kulit

Kulit yang bersinar baru akan terlihat kalau Anda menjaga kelembapannya dengan baik. Hal ini yang akan Anda dapatkan pula dari manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit wajah. Seperti cara-cara sebelumnya, Anda hanya tinggal mengoleskan minyak ke permukaan kulit. Untuk memberi kilauan nyata pada kulit, oleskan minyak ke bagian dahi, dagu, dan tulang pipi Anda.

8. Pembersih Rias Wajah

Make up atau riasan wajah harus dibersihkan secara maksimal supaya wajah tetap sehat dan terhindar dari masalah seperti penyubatan pori-pori. Seperti halnya manfaat minyak zaitun untuk wajah minyak kelapa dinilai juga mampu membersihkan riasan wajah secara maksimal serta tidak menimbulkan efek samping. Anda bisa menggunakannya dengan mengusapkan minyak perlahan-lahan pada kulit wajah, tekan-tekan, lalu bilas dengan handuk yang sudah dicelupkan pada air hangat.

9. Lulur atau Scrub

Ternyata, Anda bisa membuat lulur atau scrub alami dengan memanfaatkan minyak kelapa. Caranya, campurkan gula atau pasir pantai (pastikan bersih) dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan pada permukaan kulit Anda sambil sesekali digosok untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan tumpukan daki. Jangan gosok terlalu keras karena  nanti Anda malah terkena iritasi.

10. Krim Cukur Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit wajah yang terakhir adalah digunakan sebagai krim cukur rambut. Untuk membuatnya, Anda bisa menghangatkan segelas minyak kelapa dalam air panas, setelah itu oleskan pada rambut-rambut tipis yang hendak Anda cukur. Tekstur dari krim minyak kelapa yang kental akan melindungi kulit Anda dari lecet maupun luka, sehingga proses cukur pun tidak menyakitkan.

Bukan cuma untuk kecantikan wajah dan kulit, minyak kelapa juga dapat menunjang kesehatan Anda agar tidak mudah sakit. Berikut ini ada beberapa manfaat minyak kelapa supaya Anda tetap sehat.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak orang menganggap kalau minyak tidak menyehatkan untuk jantung, termasuk minyak kelapa. Padahal, minyak kelapa justru dapat menjadi proteksi bagi jantung Anda. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam larut dengan persentase mencapai 50%. Dengan kadar sebesar itu, jantung Anda akan terhindar dari gangguan seperti kolesterol jahat yang tinggi hingga hipertensi (tekanan darah tinggi). Lalu, ada lemak jenuh yang dapat Anda temukan pula pada minyak sayur. Dengan konsumsi yang benar dan takaran yang sesuai, minyak kelapa dapat menjaga kantung dari ateroskelerosis.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selanjutnya, selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, Anda akan memperoleh manfaat lain seperti daya tahan tubuh yang stabil. Mengapa bisa demikian? Sebab, minyak kelapa mengandung lipid anti-mikroba, asam laurat, asam kaprat, serta asam kaprilat yang bersifar anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur. Tubuh manusia mampu mengubah asam laurat jadi monilaurin. Beberapa peneltian pun telah menyatakan bahwa zat tersebut sanggup mengusir bakteri serta virus yang menyebabkan penyakit seperti influenza, herpes, hingga HIV. Ternyata, meski terbilang murah meriah, minyak kelapa punya khasiat mumpuni untuk kesehatan kita, ya.

  • Dapat Mengobati Luka Bakar

Terkena minyak panas atau knalpot yang masih menyala pasti akan menimbulkan rasa sakit disertai luka dengan penyembuhan yang relatif lama. Bukan hanya itu, luka bakar yang parah sulit hilang dan akan terus ada pada bagian tubuh tersebut. Untuk menanganinya, Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Pemakaian minyak kelapa sebagai obat luka bakar pun tidak akan merusak estetika dari kulit Anda. Supaya hasilnya maksimal, Anda jangan campurkan minyak kelapa dengan air atau bahan lainnya. Sebab, tindakan tersebut malah mengurangi khasiat dari minyak sebagai obat.

Demikian informasi seputar manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kecantikan. Semoga bermanfaat bagi Anda!